16+ Bahaya Begadang yang Harus Kamu Hindari

Bahaya Begadang – Di post ini saya akan membahas bahaya begadang, kenapa orang memilih untuk begadang, dan solusinya untuk kamu yang ingin mengurangi begadang. Selamat membaca!

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinyaa” lirik dari raja dangdut roma irama. Dari lirik tersebut pun kita tahu bahwa kalau tidak ada sesuatu yang sangat genting, tidak usahlah kita begadang.

Kalau dari sisi yang begadang, hal itu merupakan hal nikmat karena mungkin kita bisa bebas ketika malam hari nan sunyi, atau karena kita membenarkan diri kita bahwa jam produktif kita itu ketika begadang.

Saya dulu juga sering begadang, pasti kamu juga pernah atau bahkan sering begadang juga. Tapi kebanyakan dari kita mungkin begadang karena sesuatu yang tidak penting. Misal, kalau anak muda jaman sekarang begadang biasanya untuk push rank game android dan sebagainya.

Ternyata dibalik kenikmatan itu semua, banyak yang tidak tahu atau menyepelekan bahaya begadang. Kebanyakan dari mereka sebenarnya tahu bahwa begadang itu tidak baik tapi tidak tahu bagaimana detailnya.

Di post ini saya akan membahas dari mulai, kenapa sih orang-orang begadang? Lalu dilanjut, apa sih bahaya begadang? Kemudian ditutup dengan tips singkat untuk mengurangi kebiasaan begadang.

Kenapa orang begadang?

kenapa orang begadang
pexels.com

Banyak alasan yang membuat orang harus begadang atau bisa dibilang juga sengaja untuk begadang. Berikut alasan-alasan orang untuk begadang :

Ada Kerjaan atau Tugas

Wajar kalau kerjaan atau tugas kamu membuat kamu begadang dengan catatan kerjaan atau tugas tersebut datang dengan tiba-tiba dan deadlinenya cepat. Misal, ketika kamu lagi tidur, tiba-tiba ditelpon boss untuk mengerjakan sesuatu yang penting untuk perusahaan atau yang biasa kita kenal lembur karena ada sesuatu projek besar.

Tapi beda lagi ketika kamu harus begadang akibat kamu menunda-nunda untuk mengerjakan kerjaan atau tugas kamu. Sehingga itu semua menumpuk, bahkan deadline nya esok harinya. Itu berarti kamu yang kurang dalam manajemen waktu kamu. Tapi kalau tidak sering tidak apa-apa, lebih baik begadang untuk menyelesaikannya daripada tidak selesai.

Belajar Sistem Kebut Semalam (SKS)

Istilah ini sangat populer dianak-anak sekolah dari SMP sampai SMA. Ya, belajar dengan sistem kebut semalam. Mereka ini biasanya belajar hanya ketika esoknya ada ujian/ulangan. Tapi biasanya ada juga yang niatnya mau sks, tapi malah ketiduran karena bosen melihat buku.

Main Game

Wah kalau ini salah satu alasan paling populer untuk semua kalangan. Dengan semakinnya terkenal game-game android yang berbasis online, menjadikan banyak orang memainkannya sampai begadang, sampai lupa waktu, sampai lupa makan.

Game moba atau game survival atau game mmorpg sekarang sedang banyak diminati orang banyak. Apalagi ketika di game tersebut ada mode ranked, mereka kan berlomba-lomba untuk meraih rank tertinggi dan mengorbankan banyak waktu, termasuk waktu istirahat.

Galau

Nah kalau ini biasanya orang yang baru putus, yang susah move on, yang lagi ada masalah sama seseorang yang mereka anggap spesialnya. Ketika kita galau, kita akan banyak pikiran yang membuat kita makin tidak bisa tidur. Buat kamu yang susah move on, saya sudah menulis artikel cara move on yang baik seperti apa.

Nongkrong

Biasanya ini laki-laki yang sering banget nongkrong bareng teman-temannya. Bercanda ria, ngobrol, ngopi sampai larut malam bahkan sampai pagi datang lagi. Kadang ada juga orang yang sebenarnya tidak ingin nongkrong, tapi tidak enak dengan teman-temannya, sehingga dia harus ikut begadang juga.

Nonton Film

Dari senin sampai jumat lelah beraktfitas, banyak orang yang membuat waktu weekend mereka untuk ajang balas dendam. Begadang nonton film atau video, menyelesaikan tv series yang biasanya ke pause akibat kerjaan. Malam sabtu dan malam minggu menjadi favorit mereka untuk begadang, karena besoknya mereka bisa tidur pagi-pagi.

Banyak Pikiran

Banyak pikiran ini bisa positif bisa negatif. Bisa saja ada seseorang tetap terbangun dan tidak tidur sampai pagi karena pikiran mereka sedang dipenuhi dengan ide-ide yang harus dia langsung pikiran untuk mengeksekusinya. Biasanya kalau kita sudah memiliki tujuan yang jelas, kita bisa lupa akan ngantuk dan ingin segera direalisasikan.

Tapi ada juga yang tidak bisa tidur akibat pikran negatif, misal seperti galau diatas. Atau mereka punya banyak masalah entah itu dikeluarganya, atau di kantornya, atau di sekolah/kampusnya. Masalah-masalah tersebut terus menerus mereka pikirkan hingga mereka tidak bisa tidur.

Hati pun jadi tidak tenang dan gelisah. Cara menenangkan hati bisa kamu lihat diartikel saya sebelumnya.

Bahaya Begadang

bahaya begadang
unsplash.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa begadang membawa berbagai keburukan, baik itu untuk kesehatan tubuh sampai kejernihan pikiran. Berikut bahaya dari begadang :

1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Jelas, ketika kamu sering begadang, daya tahan tubuh kamu menurun. Kamu jadi mudah terserang penyakit-penyakit. Kamu mudah kena flu, batuk-pilek dan sebagainya.

2. Susah Konsentrasi dan Ganggu Pikiran

Susah konsentrasi akan kamu rasakan ketika esok pagi setelah begadangnya di kantor atau di kampus kamu. Kamu susah untuk menyerap pelajaran dari dosen atau menyelesaikan tugas-tugas dari bos.

3. Menjadi Pelupa

Secara tidak langsung kamu pasti akan mudah lupa, bahkan kamu sendiri lupa bahwa kamu melupakan sesuatu. Misal ketika kamu sudah pegang handuk ingin mandi, eh kamu lupa handuknya taruh mana lalu kamu malah makan padahal tadi kamu ingin mandi.

4. Terlihat Lebih Tua

Ketika kamu sering begadang, kamu akan terlihat lebih tua. Kerutan-kerutan diwajah akan muncul lebih banyak karena kamu kurang istirahat.

5. Ada Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kalau istilah kerennya itu mata panda. Tentu kamu, terutama cewe-cewe, tidak mau ada mata panda. Biasanya kalau cewe-cewe ditutupi dengan make up. Kalau kamu begadang juga muka kamu bisa pucat, pasti nanti ada aja deh temen kamu yang nanya, kenapa kok kamu pucat. Ya karena begadang.

6. Pola Makan Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur dikarenakan biasanya ketika kamu sehabis begadang, kamu akan tidur pada pagi harinya dan tentu kamu akan melewatkan sarapan kamu. Bangun-bangun siang langsung makan siang, dan terus menerus seperti itu tiap hari. Padahal sarapan itu sangat penting bagi tubuh kamu untuk menopang energi untuk menjalani aktifitas hari itu.

7. Mudah Mengantuk

Esok harinya kamu akan mudah mengantuk, kamu tidak fresh menjalani aktifitas sehari-hari. Biasanya orang kantoran atau anak kuliahan yang malamnya nonton Liga Champion yang adanya di hari biasa. Ketika sampai kantor atau kampus, pasti mereka akan mudah mengantuk dan tidak fokus menjalani harinya.

8. Gelisah

Salah satu bahaya begadang yang membuat kamu susah tidur ketika banyak pikiran, ya karena kamu mudah gelisah. Apalagi buat kamu yang baru putus cinta, susah mov eon, atau kamu berpikir yang tidak-tidak tentang orang yang kamu sayang. Kamu pasti gelisah dan kamu malah begadang tentu semakin gelisah.

Atau kamu yang belum kunjung mendapatkan jodoh, menjadikan kamu gelisah. Mungkin juga kamu kurang berdoa sehingga jodoh belum datang juga.

Itulah 8 bahaya begadang, dan dibawah ini 9 lagi bahaya begadang :

  1. Resiko Stroke
  2. Risiko Penyakit Jantung, Penyakit Jantung, Hipertensi
  3. Meningkatkan Penyakit Kanker
  4. Hormon Seks Menurun
  5. Risiko Diabetes, Diabetes
  6. Stress Menjalin Hubungan
  7. Bobot Tubuh Bertambah, Obesitas
  8. Stress dan depresi
  9. Mudah Marah

Tips Sederhana Untuk Mengurangi Begadang

tips begadang
pixabay.com

Saya akan share sedikit tips untuk kamu yang ingin mengurangi kebiasaan begadang :

Tidur Lebih Cepat

Cobalah untuk tidur maksimal jam 11, jika tidak ada urusan yang terlalu penting. Kamu bisa bangun lebih fresh dan lebih siap melakukan aktifitas.

Jauhkan Barang Elektronik

Batasi penggunaan hape ketika malam hari, kalau perlu matikan. Semakin kamu main hape, scroll di sosial media, buka youtube, dan lain-lain, maka semakin kamu lama untuk tidur. Lama-lama tidak terasa sudah jam 3 pagi.

Olahraga

Dengan olahraga, terutama di sore hari. Akan membantu kamu untuk tidur lebih cepat, kamu tidur lebih nyenyak. Otomatis pola hidup sehat kamu bergerak sendiri. Kamu jadi fresh bangun pagi, tidur nyenyak, esok paginya kamu bisa sarapan, dan seterusnya.

Perbanyak Minum

Konsumsi Buah-Buahan

Kurangi Fastfood dan Makanan Berminyak

Yuk Sayangi Tubuhmu

boneka lucu
pexels.com

Maka dari itu, yuk kita kurangi begadang. Dulu saya pun sering begadang, namun ketika tahu bahaya begadang, saya langsung mencoba untuk menguranginya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa dapat membantu kamu untuk hidup lebih sehat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.