Bisnis Game Online

Saya akan menceritakan pengalaman saya yang mungkin hanya sedikit orang yang mengalaminya. Salah satu pengalaman hidup yang harus saya terima dan saya mendapat banyak pelajaran dari sini. Saya menulis kisah bisnis game online karena sekedar ingin berbagi dan menunjukan ke pembaca bahwa ada loh dunia yang seperti ini. Selamat membaca!

Contents

Awal Cuma Ingin Untuk Kesenangan

main hp
learningworksforkids.com

Waktu itu setelah saya berhenti kuliah, saya memutuskan untuk mencari pelarian dari segala masalah yang sedang saya hadapi. Saya memutuskan untuk bermain game online di hape. Pada awalnya saya mencari-cari game apa yang sekiranya bisa menghibur saya.

ragnarok
mmohuts.com

Pilihan saya jatuh ke Ragnarok Valkyrie Mobile. Game itu bergenre MMORPG. Kita semua bisa memilih menjadi job yang kita inginkan, bisa menjadi kngiht, assassin, mage ataupun priest. Game tersebut adalah game yang tidak bisa kita mainkan sebentar, karena kita harus memperkuat karakter kita dengan menaikan levelnya dan mencari equip-equip untuk dipakai.

Saya pernah main game ini sekitar tahun 2013, namun hanya sebentar dan diawal 2016 saya bermain lagi. Tujuan awal saya bermain hanya untuk mencari kesengangan di dunia maya. Seperti kebanyakan game pada umumnya, game ini termasuk game yang membuat candu bagi pemainnya. Seru karena banyak petualangan didalamnya dan secara tidak sadar kita bermain game ini sampai berjam-jam tiap hari.

Tidak jarang juga saya begadang demi memperkuat karakter saya atau sekedar untuk mengobrol di game.

Bertemu Berbagai Macam Orang

punya banyak teman
www.pexels.com

Saya bertemu banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia, ada yang dari medan-makassar. Bahkan tidak sedikit teman saya dari luar negeri, kebanyakan mereka berasal dari negara-negara tetangga seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Singapore dan ada beberapa dari Jepang.

Kalau teman-teman saya dari Indonesia kebanyakan mereka pekerja yang biasanya untuk mengisi waktu luang dengan bermain game ini. Ada juga ibu-ibu yang sudah mempunyai anak, bapak-bapak yang sudah punya anak, bahkan ada suami-istri yang bermain game ini.

Bisa dibilang kalau game MMORPG biasanya orang yang bermain merupakan orang-orang 20+. Jarang saya temui anak kecil atau 20 kebawah yang bermain MMORPG seperti game ini. Banyak juga orang yang tidak tahu fakta ini, karena kebanyakan orang mengira yang bermain game hanyalah anak-anak kecil sampai remaja.

speak english
elsaspeak.net

Akibat positif dari game ini pun saya melatih bahasa inggris saya karena ketika berkomunikasi dengan orang luar kita menggunakan bahasa tersebut. Saya juga belajar sifat-sifat orang luar negeri di game seperti apa, bahasa mereka, bagaimana berteman dengan mereka dan lain-lain.

Saya bergabung ke perkumpulan orang Indonesia di game tersebut. Setiap minggu kami melakukan war melawan perkumpulan-perkumpulan lain. Tidak sedikit yang cekcok disini, istilahnya its not just a game, its about pride. Jadi biasanya kami sering cekcok dengan orang-orang filipina hahaha. Sesekali perkumpulan kami mengadakan meet up di dunia nyata.

Biasanya orang yang curang di game tersebut adalah orang dari Filipina. Namun seperti di Indonesia atau dimanapun, ada aja orang yang tidak baik dan ada juga orang yang baik yang asik diajak berteman, ngobrol, bercanda dan lain-lain.

Kenapa Bisa Jualan

real money trading
Real Money Trading

Sampai pada suatu titik saya menemukan sesuatu bernama RMT (Real Money Trading) di game online. RMT ini merupakan hal biasa di dunia game online, yang memungkinkan antar pemain bisa bertransaksi menggunakan uang asli. Sebenarnya ini hal illegal dari pihak developer game, namun para pemain kreatif dan bisa mengakali agar bisa tetap melakukan RMT.

Niat saya yang awalnya hanya untuk bersenang-senang jadi berubah menjadi untuk menghasilkan uang. Saya melihat berbagai celah yang bisa saya garap untuk mendapatkan sesuatu yang bisa dijual dengan uang asli.

orang kaya
Orang Banyak Duit

Ada 2 tipe pemain di suatu game online, tipe pertama adalah sultan. Biasanya mereka-mereka ini adalah orang-orang yang terlalu banyak duit dan bingung mau diapakan. Jadi mereka sangat royal untuk mengeluarkan banyak uang agar karakter mereka bisa menjadi kuat.

begadang main game
Begadang Main Game

Tipe kedua adalah tipe pemain yang farming. Pemain kerjaannya mencari uang dari segala sisi yang ada di game. Dari jual jasa memperkuat senjata, jual equip-equip, sampai jual mata uang di game tersebut. Biasanya pemain seperti ini online hampir 24 jam sehari untuk farming guna menyiapkan bahan supaya bisa dijual lewat uang nyata.

Saya tidak sengaja masuk ke tipe kedua karena melihat prospek yang menjanjikan. Pada awalnya saya sangat berjuang untuk farming 24 jam. Sampai berjalan beberapa minggu saya bisa membeli hape 2 biji yang second, satu harganya 250ribu yang satu lagi 400ribu. Total ada 4 hape saya on 24 jam untuk farming.

Apa yang Dijual

ragnarok
Equip RO Valkyrie

Ada banyak hal yang bisa dijual di game ini, dijual ke dalam rupiah ya maksudnya. Kalo saya pribadi pernah menjual mata uang di game tersebut, equip-equip di game tersebut, sampai jasa memperkuat senjata.

Ternyata ada banyak orang yang royal untuk mengeluarkan uang demi kuatnya karakter mereka. Saya akan sebutkan sebagian apa yang saya jual, berapa harganya, dan jual ke siapa.

Saya jual mata uang di game tersebut, namanya zeny, 1 Billion zeny seharga 40ribu rupiah. Saya pernah jual ke orang Indonesia, 40 Billion zeny jadi saya dapat sekitar 1.4juta sudah termasuk diskon.

Saya juga pernah jual equip-equip berupa helm, tongkat, mantel, armor dan sebagainya dengan harga yang berbeda-beda. Dari 100ribu-1juta rupiah. Pelanggan dari berbagai negara, tidak cuma dari Indonesia, namun juga dari Malaysia dan Filipina.

Di dalam berbisnis game online, reputasi pun harus dipertanyakan jika seseorang menjual barang. Untungnya saya walau di dunia game selalu menjunjung tinggi kejujuran, otomatis saya terkenal di server asia dengan penjual yang kredibel.

Jual ke Orang Luar Negeri

jual barang online
www.pixabay.com

Mungkin dari sekian banyak pelanggan saya, saya akan menceritakan transaksi dengan orang luar negeri saja. Dari bisnis ini saya mengetahui kebiasaan atau sifat pemain dari masing-masing negara.

Kalau dari Filipina, biasanya mereka menjual barang dengan harga murah dan biasanya saya membeli ke mereka untuk menjual lagi ke orang lain. Bisa ke orang Indonesia atau Malaysia.

Kalau dari Malaysia, biasanya mereka tidak tahu harga dan mereka biasanya royal. Saya menjual beberapa barang dengan harga 600ribu-1.7juta ke mereka. Mereka biasanya tidak pernah bertransaksi dengan orang Filipina jadi mereka menganggap itu harga yang murah.

Sebuah equip/barang dinilai murah atau tidaknya berdasarkan kelangkaan dan tingkat kesulitan untuk mendapatkan barang tersebut.

Saya akan menceritakan penjualan termahal saya di game dengan menjualnya ke orang Malaysia. Jadi saya punya senjata super langka yang di game itu di seluruh asia cuma ada 2 senjata. Saya jual ke orang Malaysia seharga 1.7juta. Pada hari itu orang tersebut langsung pergi ke remittance terdekat dan transfer ke saya. Setelah saya menerima uang, baru saya kasih barangnya.

western union
pymnts.com

Biasanya kalau saya bertransaksi dengan orang luar itu antara lewat Western Union atau mereka memakai remittence dan langsung transfer ke rek bca saya. Tergantung dari pembelinya ingin lewat mana. Biasanya kalau lewat WU biaya transfernya lebih murah dibanding langsung transfer ke BCA saya.

Adalagi kisah unik ketika saya jual ke orang Filipina yang tinggal di Dubai. Waktu itu dia mau membeli tongkat seharga 500ribu. Namun, saya kira dia mengira ketika saya menulis 500 itu maksudnya 500ribu. Dia paham hanya 500, besoknya saya dikirim uang lewat WU dan benar petugas WU pun ikut tertawa karena itu cuma 500 rupiah haha.

Akhirnya saya dan orang filipina itu tertawa bersama dan menjadi teman sampai sekarang. Kalau saya ke Dubai, kata dia, nanti dia akan menjadi tourguide saya haha. Transaksi yang itu gagal tapi saya dapat tawaran lebih menggiurkan dengan menukar tongkat itu dengan senjata langka lainnya senilai 1 juta rupiah.

Ending

money cant buy happiness
medium.com

Meski saya menghasilkan uang, namun saya tidak tahu uang itu kemana, uang itu seperti menguap begitu saja. Saya dapat banyak pelajaran dari pengalaman ini yang mungkin tidak banyak orang yang mengalaminya. Saya juga jadi tahu adaloh dunia seperti ini dan bisa menghasilkan juga. Tapi sekali lagi, tidak ada orang tua yang mau anaknya main game terus jadi bisnis ini tentu tidak didukung oleh ortu. Saya pun sampai saat ini apakah pandangan islam terhadap bisnis game online.

Terimakasih buat kamu yang sudah membaca, semoga dapat pengetahuan baru dan bisa mendapat beberapa pelajaran. See you di next post! Saya akan menceritakan suatu yang sama lagi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.