Cara Investasi Emas yang Menguntungkan

Pada artikel ini akan membahas mengenai beberapa hal mengenai investasi terutama investasi dengan menggunakan emas. Dari mulai keuntungannya seperti apa, bagaimana cara investasi emas, tujuannya buat apa, dan masih banyak lagi. Selamat membaca.

Apa Itu Investasi

investasi
unsplash.com

Secara sederhana investasi adalah kita mengeluarkan uang untuk tujuan menambah uang tersebut. Bisa dibilang kita membeli aset atau barang dengan harapan masa depan akan mendapatkan sebuah keuntungan. Investasi membuat kita mengambil resiko atau mengeluarkan biaya demi menciptakan penghasilan atau keuntungan di masa depan. Jadi dengan investasi, uang kita akan bekerja dengan sendirinya dan bertambah seiiring berjalannya waktu.

Kebanyakan orang-orang sukses melakukan investasi terhadap hartanya. Kalau kita lihat dari pola tersebut, investasi adalah kunci untuk memperbanyak harta kita. Mungkin ada banyak orang yang beranggapan bahwa investasi hanya untuk orang kaya. Paradigma semacam ini lazim ditemukan di masyarakat, terutama menengah kebawah, dan mereka tidak tahu bahwa ini adalah pemikiran yang salah.

Orang yang memiliki mindset kaya dan motivasi sukses, dia akan berinvestasi daripada nabung biasa di bank. Padahal dengan adanya inflasi tiap tahun, uang kamu tidak akan bertambah ketika kamu cuma nabung biasa dan disisi lain gaji kamu pun tidak kunjung naik. Nah, investasi inilah solusi jangka panjang untuk mengatur keuangan kita demi masa depan yang lebih baik.

Investasi juga ada bermacam-macam, dari kita berinvestasi dengan membeli emas, membeli reksadana, membeli saham suatu perusahaan, sampai kita juga bisa berinvestasi ke suatu bisnis milik seseorang.

Misal, om kita butuh modal untuk mendirikan warung sate, nah kita sebagai pemodal atau investor bisa menyediakan dana untuk om kita. Nanti keuntungan dari warung sate perbulan dibagi sesuai perjanjian sama om kamu, misal 50% masuk ke kantong kamu, 50% buat om kamu.

Ada juga kalau kamu punya dana lebih, kamu bisa membeli sebidang tanah, kemudian kamu buat kontrakan atau perumahan didalamnya. Kamu akan mendapatkan passive income dari kontrakan atau kos-kosan tersebut.

Namun, investasi sendiri pun ada resiko yang memang tidak bisa kita hindari. Tapi, pilihan kita ingin mengambil investasi yang resikonya kecil atau resikonya besar. Untuk sedikit gambaran, kasarnya seperti ini, semakin tinggi resiko semakin besar penghasilan yang akan kita dapat, begitupun sebaliknya, semakin kecil resiko semakin kecil penghasilan yang di dapat.

Investasi Dengan Resiko Kecil

investasi dengan resiko kecil
unsplash.com

Disini akan membahas investasi yang memiliki resiko kecil tapi penghasilannya sebenarnya tidak bisa dipandang remeh juga. Tipe investasi seperti ini biasanya untuk persiapan dana di masa depan, atau biasa disebut investasi jangka panjang. Investasi seperti ini sudah mulai banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena kebanyakan yang melakukan investasi ini adalah para pekerja atau karyawan yang sibuk senin-jumat full.

Tentu mereka juga ingin memperoleh kehidupan yang lebih baik dan lebih fleksibel, terutama untuk keluarga mereka. Mereka mulai menyisihkan uang perbulan dari gaji untuk berinvestasi, bisa dalam bentuk emas atau reksadana atau yang lainnya. Disini akan dibahas tentang investasi emas, kenapa harus emas, dan bagaimana prospek kedepannya.

Apa Itu Emas

emas batangan
pexels.com

Sejak jaman dahulu emas merupakan alat tukar yang sangat ideal bagi manusia. Di dalam islam pun dari dulu menggunakan dinar, berbentuk lempengan emas, untuk melakukan segala transaksi.

Kenapa Harus Emas

Emas dari jaman dahulu memiliki nilai yang sama hingga saat ini, itu berarti nilai jual emas relatif stabil daripada mata uang mana pun di dunia. Contohnya seperti ini, dulu membeli kambing dengan harga 1 dinar, sekarang pun harga kambing tetap 1 dinar.

Emas sendiri memiliki harga yang relatif bertambah dari tahun ke tahun. Itu yang membuat banyak orang ingin mengeluarkan uangnya untuk berinvestasi di emas. Karena harganya yang selalu bertambah dari tahun ke tahun, itu menjadikan emas memiliki resiko kerugian investasi yang sangat kecil. Walau, harga emas bertambah tidak terlalu signifikan, tapi cukup untuk mempersiapkan keuangan bakal masa depan.

Investasi ini juga memiliki resiko yang sangat kecil, oleh karena itu investasi emas sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali berinvestasi.

Emas juga mudah untuk dicairkan. Pasti setiap hari ada yang beli dan jual emas. Misal di tengah jalan investasi kita, membutuhkan dana tak terduga untuk membiayai urusan lain, kamu bisa dengan mudah menjual emas yang kamu punya dan uang kamu akan cair dengan cepat.

Harga Emas Tahun ke Tahun

Berikut adalah harga emas dari tahun ke tahun dari 2014 sampai tahun ini 2018.

harga emas tahun ke tahun
goldprice.org

Dari tabel tersebut kita bisa mengetahui bahwa harga emas dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang cukup stabil. Harga emas pada Januari 2014 adalah 470 ribu rupiah, dan pada July 2018 menjadi 570 ribu rupiah.

Cara investasi emas

cara investasi emas
pixabay.com

Berikut step by step bagaimana cara investasi emas.

Tentukan Tujuan

Mulailah segala sesuatu dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai. Kenali juga diri kamu lebih dalam agar apa yang kamu tulis dalam tujuan kamu sesuasi dengan diri kamu.

Begitu pula dengan investasi emas, kamu harus pikirkan matang-matang buat apa kamu investasi, uangnya ingin digunakan untuk keperluan apa. Misal, kamu ingin berinvestasi untuk biaya anak sekolah nanti, atau biaya nikah dan lain-lain.

Berikut contoh-contoh tujuan untuk investasi emas :

  1. Membeli mobil
  2. Membeli rumah
  3. Biaya haji atau umroh
  4. Biaya menikah
  5. Asuransi kesehatan keluarga
  6. Liburan
  7. Persiapan pendidikan anak
  8. Biaya kuliah di luar negeri
  9. Biaya lahiran anak
  10. Mengumpulkan modal usaha

dan masih banyak lagi.

Setelah kamu tahu tujuannya, kamu harus tentukan jangka waktu investasi yang akan kamu lakukan. Apakah 10 tahun? 5 tahun? Atau lebih? Tentukan mau berapa lama kamu berinvestasi.

Hitung nomnial yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut di masa yang akan datang. Setelah itu di breakdown, dari situ kamu akan tahu berapa investasi yang harus kamu keluarkan setiap bulannya. Misal kalau kamu kerja dan mendapatkan gaji tetap, sisihkan uang tiap bulannya untuk konsisten berinvestasi.

Cek Harga Emas dan Pilih Tempat Beli Emas

Kamu harus cek harga emas terlebih dahulu untuk acuan harga ketika kamu hendak membeli emas.

Kalau sudah tahu tujuannya untuk apa dan berapa nominal uang yang harus disiapkan, kamu harus memilih tempat untuk beli emasnya dimana.

Kamu bisa beli di pegadaian, antam, atau bahkan sekarang banyak marketplace kredibel seperti tokopedia dan bukalapak menjual emas. Kamu tentukan dimana kamu ingin membelinya, kalau bisa tanya terlebih dahulu ke teman kamu yang lebih mengetahui lebih jauh tentang emas, tempat paling enak untuk beli emas dimana.

Berdoa dan Konsisten

Teruslah kaitkan Allah dalam segala keputusanmu, niscaya Allah akan membantu segala urusanmu. Jangan lupa untuk terus konsisten dengan apa yang sudah kamu rencanakan. Jika kamu mau memakai uang investasi tapi tidak terlalu penting amat, mending tidak usah.

Penutup

cara investasi emas
pixabay.com

Demikianlah artikel mengenai cara investasi emas, semoga artikel ini dapat menyadarkan kita semua bahwa investasi itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dari finansial kita. Investasi sendiri bisa menggunakan media yang bermacam-macam, emas adalah salah satu investasi dengan tingkat resiko yang rendah dan cenderung naik harganya.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.