Inilah Cara Menanam Kurma yang Benar Agar Cepat Berbuah

Artikel ini akan membahas cara menanam kurma dari mulai proses pencarian biji kurma hingga proses penyerbukan agar pohon kurma bisa berbuah. Disini juga dijelaskan proses cara menanam kurma di tempat yang beriklim tropis seperti Indonesia. Selamat membaca.

Persiapan Biji Kurma Untuk Melakukan Pembibitan

biji kurma
serambiminang.com

Sebelum dimulai, tentu kamu harus menyiapkan biji kurma untuk menjadi bibit yang akan tumbuh menjadi pohon kurma. Di tahap ini anda tidak usah bingung mencari kemana biji kurma. Biji bisa diperoleh dari bekas konsumsi kurma kamu atau kamu juga dengan mudahnya datang ke toko kurma yang kamu biasa membeli di toko tersebut.

Beberapa jenis kurma yang sering ditemui di Indonesia dan setiap kurma memiliki biji yang berbeda terutama nanti ketika hasil panennya. Ada kurma yang paling terkenal yaitu kurma ajwa, kurma medjool, kurma khadwari, kurma zahidi, kurma khalas, kurma deglat nour, kurma safawi, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu menggunakan biji kurma untuk pembibitan. Paling penting dan paling awal adalah kamu harus punya bibit kurma jantan dan bibit kurma betina.

Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Dengan Mudah

Bibit kurma jantan berguna untuk proses pembuahan dan bibit kurma betina yang akan menghasilkan buah kurmanya. Sampai kapanpun, dimanapun, bagaimanapun, kurma jantan tidak akan bisa berbuah namun kurma betina bisa berbuah tanpa melakukan penyerbukan dari kurma jantan tapi, tapi, hasilnya tidak maksimal (rasa tidak enak, ukuran buah lebih kecil dari biasanya).

Makanya idealnya kamu yang ingin menanam kurma harus punya bibit kurma jantan dan bibit kurma betina. Jadi kalau kamu mau membeli biji kurma usahakan dalam jumlah yang agak banyak, karena kebanyakan biji kurma yang kamu dapat itu jantan. Belum lagi jenis kurma pun ada banyak.

Untuk mengetahui jantan atau betina dari bibit sangat susah sekali karena hampir tidak ada perbedaan. Namun, kamu bisa mengetahuinya dengan mudah setelah sudah besar dengan memperhatikan pangkal pelepah kurma, kurma betina akan memiliki warna agak abu-abu di pangkal pelepahnya, sementara itu kurma jantan memliki pangkal pelepah berwarna terang agak kekuningan.

Pembersihan Bibit Kurma

rendam biji kurma
catatankurma.blogspot.com

Ada banyak cara melakukan pembersihan pada bibit kurma agar siap disemai. Disini akan dishare teknik yang biasa dipakai banyak orang dan sudah terbukti berhasil, yaitu memakai air. Tujuan dari pembersiahan bibit kurma adalah memisahkan sisa-sisa daging yang mungkin masih ada di biji kurma.

Carannya adalah pertama kumpulkan biji kurma yang sudah kamu siapkan tadi, entah dari beli dipasar atau bekas konsumsi pribadi. Setelah itu masukan ke wadah untuk kemudian wadah tersebut diisi air. Lakukan perendaman biji kurma selama 2 hari 24 jam atau 4 hari 24 jam. 24 jam pertama kamu angkat biji kurmanya lalu dibersihkan, ganti air, dan masukan kembali ke air untuk 24 jam atau 72 jam berikutnya.

Sesuai dengan pengalaman banyak orang, kurma akan benar-benar bersih dari dagingnya ketika kita memakai teknik perendaman kurma di air.

Penyemaian Bibit Kurma

semai biji kurma
rflxi.blogspot.com

Setelah kurma benar-benar bersih, maka biji kurma tersebut sudah siap untuk disemai. Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah wadah penyemaian.

Membuat wadah untuk menyemai tergolong mudah, kamu tinggal siapkan suatu tempat makan atau tempat untuk kue yang ada tutupnya. Kemudian untuk menjaga kelembaban dari tempat tersebut kamu bisa alasi dengan tisu atau kapas diseluruh permukaan wadah tersebut. Kemudian basahi tisu atau kapas tadi.

Setelah wadah penyemaian selesai, kamu bisa langsung masukan bibit kurma yang tadi sudah disiapkan. Jangan lupa untuk ditutup dengan penutup wadah tersebut. Yang harus diperhatikan disini ialah, kamu harus menjaga kelembaban dari tisu atau kapas yang ada di permukaan wadah. Kalau sekiranya kering, kamu bisa tambahkan air lagi.

Setelah satu minggu, biji kurma akan muncul bintik putih yang menandakan itu akan menjadi bakal akar kurma. Kemudian, satu minggu setelahnya, biji kurma akan pecah dan muncul tunas.

Pemindahan Bibit Kurma ke Pot atau Polybag

bibit kurma
mainharga.com

Proses selanjutnya ialah pemindahan bibit kurma ke media yang lebih besar. Untuk awal anda siapkan media tanam entah itu di Pot atau di Polybag. Setelah itu isi dengan pasir, kompos, dan cocopeat dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Campuran tersebut berfungsi untuk menjaga kelembaban dari media tanam yang akan disiapkan.

Kemudian pindahkan bibit dari media semai ke media tanam yang baru. Sama seperti ketika masih proses semai, media tanam harus selalu dipastikan untuk lembab. Kamu juga bisa letakan pohon kurma kecil itu diluar ruangan agar mudah beradaptasi dengan lingkungan luar serta mendapat cahaya matahari yang cukup.

Pemindahan Pohon Kurma ke Lahan yang Sudah Disediakan

kebun kurma
bisniskurma.com

Pada proses ini kamu baru akan mengenal cara menanam kurma yang sebenarnya. Pada proses penanaman kurma kali ini adalah pemindahan pohon kurma yang sudah memiliki ukuran batang besar ke lahan yang sudah kamu sediakan.

Jarak Antar Pohon Kurma

Jarak antar pohon kurma harus kamu perhatikan. Jangan sampai terlalu mepet dan jangan sampai terlalu jauh. Untuk skala perkebunan ideal jarak antar pohon kurma adalah 10m per bibit kurma. Kalau skala kecil seperti dipekarangan rumah jarak tanam yang ideal adalah 7m per bibit kurma .

Pemberian jarak ini berguna untuk supaya dahan antar pohon kurma tidak bertrukan satu sama lain. Fungsi lain diberi jarak juga supaya kebutuhan sinar matahari suatu pohon kurma tercukupi, tidak terhalang dengan pohon lainnya.

Lubang Tanam Pohon Kurma

Lubang tanam untuk pemindahan pohon kurma juga harus diperhatikan. Lubang tanam cukup dibuat dengan lebar 1m dengan panjang 1m dan kedalaman 50 – 60cm. Tujuan membuat lubang yang cukup besar tersebut adalah untuk menjaga ph tanah tetap normal dan unsur huru hara tetap tinggi. Lubang nantinya akan disisi dengan unsur hara tinggi dicampur dengan media tanam.

Setelah membuat lubang, kamu harus membiarkan lubang tersebut terkena sinar matahari terlebih dahulu selama 4-6 hari. Setelah itu masukan media tanam berupa tanah, sekam, dan pupuk dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah lubang diberi campuran pupuk, kurma sudah bisa ditanam.

Proses Penyerbukan Pohon Kurma

penyerbukan kurma
jelajahqatar.com

Pohon kurma tidak akan berbuah kalau tidak dilakukan proses penyerbukan dari pohon kurma jantan ke pohon kurma betina. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, pohon kurma jantan berfungsi untuk menyerbukan pohon betina, yang nantinya akan berbuah.

Penyerbukan pohon kurma sendiri bisa secara alami dan secara manual. Secara alami dibantu oleh angin atau dibantu oleh serangga, namun kemungkinan penyerbukan secara alami sangat kecil. Oleh karena itu manusia biasanya melakukan penyerbukan pohon kurma secara manual.

Cara Penyerbukan Pohon Kurma Manual

Siapkan bunga kurma jantan, satu pohon kurma jantan bisa melakukan penyerbukan hingga 25 pohon kurma betina. Selanjutnya rontokkan sari bunga jantan sehingga terjadi proses penyerbukan. Kamu juga bisa dengan mengikat bunga jantan pada bunga betina. Kemudian, pohon kurma betina akan memproses produksi buah kurma.

Penutup

Demikianlah cara menanam kurma yang benar terutama di daerah seperti Indonesia. Kamu harus selalu melakukan perawatan pohon kurma sampai bisa menghasilkan buah dan panen. Ternyata sudah juga banyak pohon kurma yang tumbuh di Indonesia. Di Indonesia pun kurma banyak dijadikan sari kurma yang kaya akan manfaat.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu. Artikel selanjutnya akan dibahas bagaimana merawat pohon kurma hingga bagaimana cara panen.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.