Cara Menenangkan Hati Ketika Sedih, Galau, Kecewa

Banyak orang yang hatinya tidak tenang dan tidak tahu bagaimana mengatasnya. Entah itu karena marah, galau, kecewa, sedih, atau semacamnya. Artikel ini akan membahas bagaimana cara menenangkan hati supaya kamu bisa lebih energik menjalani hidup.

Cari Penyebab Hati Tidak Tenang

cara menenangkan hati
www.pexels.com

Coba kamu tanya ke diri kamu, apa yang membuat kamu marah, galau, gelisah, atau kecewa. Cara paling dasar untuk menenangkan hati ialah kita harus tau sumber masalahnya dimana. Dimarahi atasan? Diputusin pacar? Tidak didukung orang tua? susah move on? Atau malah semuanya?

Kalau bisa kamu tulis, atau kamu ingat baik-baik apa penyebabnya. Jangan sampai kamu marah tidak jelas karena kamu tidak tau penyebabnya apa, hati jadi sensitif, bad mood, dan semacamnya. Jangan juga sampai kamu begadang-begadang tidak jelas karena terlalu sering begadang itu berbahaya.

Atau jangan-jangan yang membuat kamu tidak tenang ialah kamu mencoba untuk menghindari sesuatu? Kamu mencari pembenaran ke diri kamu, bahwa kamu berhak marah, kecewa padahal kamu sedang lari dari inti permasalahan?

Sekali lagi cek, apa yang sebenarnya membuat kamu tidak tenang, bukan cuma kulitnya saja, tapi sampai daging-dagingnya. Karena bisa jadi kamu tidak tenang akibat akumulasi beberapa masalah dan kamu tidak tahu itu.

Cobalah untuk jujur ke dalam diri dan terima, kalau hal yang mungkin kamu tidak percaya itu adalah sumber ketidaktenangan kamu, ialah masalah sebenarnya yang harus diselesaikan.

Cara Menenangkan Hati Dengan Cepat

cara menenangkan hati
pexels.com

Kalau hati kamu tiba-tiba marah, galau, atau kecewa, kamu harus melakukan hal-hal ini. Solusi ini akan membantu kamu dalam menenangkan hati secara langsung, bisa dibilang jangka pendek. Supaya tidak memperluas masalah yang sedang dihadapi.

Pertama kamu harus mengatur napas kamu. Tarik napas 10 kali secara perlahan supaya emosi tidak langsung meluap. Langkah pertama bisa dilakukan menjadi langkah kedua, kalau sekiranya napas di tempat orang banyak akan menimbulkan pertanyaan.

Kedua kamu langsung harus izin ke tempat yang sepi, jika kamu di kantor, kamu bisa ke toilet. Diam sejenak atur nafas supaya kamu bisa berfikir jernih kembali. Coba fikirkan akibat apa saja yang akan terjadi kalau kamu malah meluapkan emosi pada saat itu juga. Coba tahan dulu sejenak.

Kalau dalam islam, kamu bisa langsung ambil wudhu, dan solat 2 rakaat.

Ketika semua sudah dingin, coba kamu bicarakan baik-baik. Kalau sama-sama dewasa akan lebih efektif dalam mencari jalan keluar. Kalau sudah reda dan ketika kamu membuka obrolan yang mengganjal di hati tersebut tapi dia tetap tidak mau berdiskusi. Ya, satu-satunya jalan kamu biarkan.

Karena semua masalah harus dibicarakan, harus ada komunikasi. Tapi tidak bisa komunikasi yang hanya searah, kamu dan orang yang sedang punya masalah sama kamu harus berkomunikasi dua arah. Dengan itu kamu bisa mengerti apa yang dia mau, dan dia mengerti apa yang kita mau. Lalu cari titik tengahnya.

Itulah cara cepat untuk menenangkan hati, selanjutnya akan dibahas cara menenangkan hati untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Ubah Cara Pandang

Ketika ada suatu permasalahan coba kamu lihat dari berbagai sudut pandang. Dengan itu kamu bisa mengetahui kenapa mereka melakukan itu, meski itu bertentangan dengan kamu dan membuat kamu marah.

Lalu coba lihat dari sisi positifnya. Memang kalau kita tidak tenang hatinya pasti ada masalah yang tidak beres. Berfikirlah positif, sehingga kamu pun bisa menerima apa yang sudah terjadi.

Berkumpul Bersama Teman

Cara menenangkan hati selanjutnya adalah bermain, berkumpul, ngobrol dengan teman-teman kita. Dengan itu akan meredakan hati kita yang sedang galau atau lagi marah. Bersenang-senang dengan teman akan menjadi obat hati.

Olahraga atau Lakukan Senam Yoga untuk Relaksasi Pikiran

Olahragalah, karena dengan kita terus menggerakan badan kita, tubuh kita akan terus memproduksi energi positif yang mana itu sangat baik untuk menjaga ketenganan hati. Kita akan terus berfikir positif.

Kamu juga bisa yoga dirumah, workout dirumah, atau kamu juga bisa dengan sekedar meditasi, merilekskan tubuh. Tubuh kamu juga butuh olahraga, jangan sampai ketidaktenangan kamu membuat kamu malas gerak, yang ada kamu akan tambah tidak tenang.

Tonton Video atau Film Lucu, Nonton Film Komedi

tonton video lucu akan membantu menyenangkan hati kamu. Stop bersedih, mulailah tersenyum. Pilihlah film-film yang lucu, jangan yang galau-galau.

Beribadah

Perbanyaklah beribadah kepada Allah SWT. Perbanyaklah baca quran, hadiri kajian-kajian yang membuat kamu lebih tenang. Ketika kita solat dengan khusu, minta maaf kepada Allah atas segala kesalahan kita, kita curhat ke Allah tentang masalah kita. Insya Allah akan ada jalan yang tidak kita duga-duga.

Misal juga buat kamu yang belum kunjung dapat jodoh, menjadi salah satu penyebab hati tidak tenang. Karena tekanan dari keluarga dan lain-lain, cobalah untuk mendekati penciptanya dulu, Allah SWT. Kamu juga bisa doa minta jodoh supaya hati kamu akan lebih tenang dalam mencari jodoh.

Curhat Dengan Orang Lain

Terkadang kamu harus membicarakan apa yang kamu sedang rasakan juga ke orang lain. Bukan berharap solusi atau belas kasihan, tapi kamu butuh di dengar. Dengan begitu kamu akan lebih lega. Cobalah ceritakan kenapa kamu tidak tenang kepada orang yang kamu percayai.

Mengasingkan diri

Sibuknya kamu dan berbagai masalah yang kamu hadapi, luangkanlah waktu untuk dirimu sendiri. Bisa dibilang “me time”. Cobalah untuk mengasingkan diri dari sosmed, pekerjaan, dan teman-temanmu. Fokuskan waktu untuk memanjakan diri sendiri tanpa gangguan orang lain. Kamu bisa menonton, jalan-jalan, kuliner, dan lain-lain.

Konsultasi ke Ahlinya

Kalau masalah kamu dirasa sudah besar, kamu bisa langsung konsultasi ke ahlinya. Dengan begitu kamu akan mendapat solusi atau penanganan yang tepat atas masalah-masalah kamu.

Badai Pasti Berlalu

Dibalik kesusahan pasti ada kemudahan. Yakinilah itu, karena itu perkataan dari Al-Quran. Tidak usah menyiksa diri sendiri dengan terus sedih, dengki, atau galau. Badai pasti berlalu dan setelah badai akan ada pelangi yang akan menyambut kamu di ujung sana.

Jangan Pernah Lari dari Masalah, Kamu Harus Hadapi!

jangan lari dari masalah
unsplash.com

Teruslah berusaha untuk menyelesaikan masalah kamu, karena dengan kamu lari dari masalah, bisa jadi masalah yang mungkin kecil bisa jadi besar. Bersikaplah seperti ksatria dan kamu tahu bahwa diri kamu adalah pribadi yang kuat dan optimis.

Penutup

Jangan pernah lari dari masalah yang sedang kamu hadapi. Kalau nanti berlarut-larut bisa menjadi besar, dan semakin repot untuk menyelesaikannya. Cobalah hadapi, kuatkan diri untuk menyelesaikannya. Dengan begitu hati akan lega dan lebih maksimal mengerjakan pekerjaan yang lain.

Sekian artikel tentang cara menenangkan hati. Semoga bisa membantu kamu yang sedang banyak masalah, saya turut doakan semoga masalah kamu segera selesai. Terimakasih. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.