Cara Mengenali Diri Sendiri Agar Mudah Untuk Sukses

Pada artikel ini saya akan membahas mengapa kita harus mengenali diri sendiri dan bagaimana cara mengenali diri sendiri. Tujuannya adalah tentu untuk memberikan jalan pintas kesuksesan untuk orang-orang banyak karena ketika kita mengenal diri sendiri, kita akan lebih mudah untuk mencapai kesuksesan.

Kenapa Harus Mengenali Diri Sendiri

cara mengenali diri sendiri
unsplash.com

Banyak orang yang meremehkan hal ini, mereka tidak tahu kenapa harus mengenali diri sendiri. Mereka menjalani hidup dengan arus yang ada tanpa mengetahui siapa dirinya tersebut. Mereka jadi tidak tahu motivasi sukses yang akan membawa hidup mereka ke arah yang lebih baik.

Kalau kita lihat dari cerita orang-orang sukses, mereka bisa sampai ke tahap itu salah satunya karena mereka tahu cara mengenali diri sendiri. Mereka membuat bisnis atau bekerja sesuai dengan passion mereka yang akan menghasilkan hasil maksimal.

Berikut adalah alasan-alasan kenapa kita harus mengenali diri sendiri.

Untuk Menemukan Passion

Dengan kita mengenal diri sendiri kita akan mengetahui bakat dan minat kita ada dimana. Kita akan tau passion kita apa dan kita akan tau saat mengerjakan apa kita menikmatinya. Dengan kita mengetahui hal-hal tersebut, kita bisa menemukan jalan pintas untuk sukses. Kita akan maksimal dengan apa yang kita lakukan, membuat jalan sukses menjadi lebih mudah.

Mencintai Diri Sendiri

Setiap orang memiliki peran yang berbeda-beda di dunia ini. Kita tidak bisa menyamakan diri kita dengan orang lain, kita tidak bisa menjadikan diri sendiri menjadi seperti orang lain. Dengan mengenal diri sendiri, kita akan lebih mencintai apa yang kita miliki tanpa membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Mampu Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri kita, kita akan tahu apa yang bisa kita maksimalkan pada diri kita. Kekurangan bukan untuk dihindari, kita harus jujur apa saja kekurangan kita, namun sebanyak-banyaknya kekurangan kamu, kamu juga pasti punya banyak kelebihan. Fokuslah pada kelebihan kamu tanpa melupakan kekurangan kamu sehingga kamu akan lebih maksimal dalam bertindak.

Mengambil Keputusan Dengan Lebih Baik

Kamu dapat memaksimalkan segala keputusan yang akan berpengaruh kedalam hidup kamu. Baik itu dari hal yang kecil seperti memilih sepatu yang cocok atau sampai ke hal yang besar, seperti pekerjaan apa yang cocok untuk kamu. Mengenal diri sendiri akan sangat membantu kamu dalam membuat keputusan terutama buat kamu yang sering galau ketika ada dua atau lebih keputusan yang harus kamu ambil.

Meminalisasi Konflik Internal

Ketika kita mengenal diri kita sendiri, kita akan lebih sedikit dalam konflik batin dalam diri kita. Kita tahu apa yang sejalan dengan apa yang kita miliki dan mana yang tidak sejalan. Ketika kita tahu, otomatis diri kita akan lebih bergerak secara selaras dan tidak galau.

Toleransi dan Mengerti Orang Lain

Ketika kamu mengenal diri sendiri, otomatis kamu akan memiliki ilmu bahwa setiap orang memiliki kepriabadian yang berbeda-beda. Tidak bisa kita samakan kita dengan orang lain. Dengan begtu kamu akan lebih toleransi atas perbedaan yang ada dan lebih mengerti akan tindakan dan perasaan orang lain.

Bisa Mengontrol Diri Sendiri

kamu dapat mengetahui apa yang membuat kamu termotivasi ketika sedang gundah dan bagaimana cara melawan hal tersebut. Kamu juga bisa mengembangkan kebiasaan baik supaya hidup lebih bermakna. Kamu jadi mengetahui hal apa saja yang bisa mengaktifkan motivasi hidup anda.

Lebih Semangat Dalam Hidup

Kamu akan lebih merasa hidup dan bersemangat dalam mengerjakan berbagai aktifitas. Kamu akan lebih menarik dan unik di mata orang lain karena kamu sudah mengeluarkan karakter yang ada pada diri kamu.

Bisa Bertahan Terhadap Tekanan Sosial

Dengan kamu mengenal diri kamu, kamu akan bisa mengurangi sifat tidak enakan dengan orang lain. Sebenarnya sifat itu baik asal tidak berlebih, tapi lebih baik kamu mampu berbicara mana yang bisa kamu katakan ya dan mana yang kamu harus tolak. Kamu akan tahu batasan-batasan diri kamu sehingga kamu bisa menolak sesuatu jika itu perlu dan kamu tahu kemampuan kamu jadi kamu bisa membantu orang.

Bagaimana Cara Mengenali Diri Sendiri?

cara mengenali diri sendiri
unsplash.com

Ada banyak cara untuk mengenali diri sendiri salah satunya dengan konsep VITALS. Berikut penjelasannya.

Values

Nilai-nilai apa saja yang kamu punyai? Sifat-sifat apa saja yang kamu miliki dan kamu yakini? Tulis sebanyak-banyaknya dan sebisa mungkin serta dengan sejujur mungkin. Misal bagaimana pun kamu itu pasti orang yang jujur dimanapun kamu berada atau sebagainya.

Interest

Bidang apa yang kamu sukai? Bakat apa yang kamu miliki? Ketika kamu bingung apa minat kamu, coba tanyakan hal-hal tersebut. Kapan ketika kamu merasa senang saat melakukan sesuatu? Apakah sesuatu hal itu? Dengan begitu kamu bisa maksimal dan memilih pekerjaan yang cocok dengan minat kamu.

Temprament

Apakah kamu introvert atau ekstrovert? Suka berinteraksi dengan orang lain atau suka menyendiri/pendiam?

Activites

Setiap manusia punya waktu emas di 24 jam/harinya, tugas kamu adalah sadar kapan waktu emas yang cocok untuk diri kamu. Jam berapa atau kapan ketika kamu merasa kamu sangat produktif? Mudah mengerjakan tugas atau kerjaan? Apakah itu malam hari atau pagi hari atau siang hari?

Life Goals

Apa kejadian paling bermakna dalam hidup kamu? Apa yang ingin anda capai di dalam hidup ini?

Strengths

Ketahuilah kekuatan kamu ada dimana. Kekuatan disini mencakup apa kemampuan kamu, apa keterampilan kamu, dan apa juga kekuatan dari karakter kamu.

Selain VITALS kamu juga bisa mencoba hal ini.

Menumbuhkan Passion

Passion jg ternyata bisa dibentuk. Misal kamu bingung passion kamu ada dimana, caranya adalah kamu tinggal terjun ke suatu bidang dan ikuti bidang tersebut. Memang prosesnya agak lama karena kamu harus mencoba berbagai bidang, sampai nanti pada titik kamu menemukan bidang yang kamu banget.

Padahal sebelumnya kamu tidak tahu kalau passion kamu bidang tersebut, tapi karena kamu mencoba terus menerus akhirnya kamu menemukan kebahagiaan ketika kamu mengerjakan sesuatu hal yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Ikut Tes Kepribadian

Kamu juga bisa ikut berbagai test psikotes tentang kepribadian dimana saja. Banyak juga di Internet, kamu tinggal isi formulir dengan jawaban-jawaban yang kamu banget. Ada juga pelatihan-pelatihan tentang bagaimana mengenal diri sendiri, dan juga ada beberapa tes langsung yang bisa membuat kamu mengetahui karakter apa yang kamu miliki dalam diri. Kamu bisa tes biasa atau tes sidik jari atau tes psikologi dan lain-lainnya.

Penutup

cara mengenali diri sendiri
unsplash.com

Inilah cara mengenal diri sendiri. Menjadi penting ketika kita kenal diri sendiri, kita akan mendapatkan banyak manfaat dalam menjalani hidup. Banyak orang yang belum sukses, terutama anak muda yang masih labil, karena belum mengenal diri sendiri. Mulai dari sekarang cobalah untuk lebih bercermin dan lebih perhatian apa-apa yang diri kamu miliki.

Semoga cara yang ada di artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih mengenal diri sendiri dan lebih sukses dalam kehidupanmu. Baca juga artikel saya tentang cara investasi emas supaya kamu bisa memaksimalkan penghasilan kamu. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.