Inilah Cara Menghemat Listrik yang Efektif

cara menghemat listrik
pixabay.com

Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara menghemat listrik agar kamu bisa lebih bijak dalam pemakaian listrik sehari-hari. Penghematan listrik ini sangat berdampak positif ke kehidupan kamu, baik itu dari sisi kesehatan atau dari sisi keuangan kamu. Selamat membaca.

Sampai saat ini banyak masyarakat Indonesia yang banyak tidak sadar akan pentingnya menghemat listrik. Kebanyakan dari mereka tidak memikirkan biaya listrik yang dikeluarkan, intinya kalau sudah habis mereka langsung isi atau kalau bulanan tinggal bayar saja.

Tidak banyak juga yang mereka yang pada akhirnya mengeluh, kenapa mereka tiba-tiba boros sekali dalam menggunakan listrik. Wajar karena mereka tidak menggunakan listrik dengan bijak dan tidak tahu cara menghemat listrik.

Apalagi biaya listrik kini makin naik. Kini harga listrik 900VA dikenakan biaya Rp 1.352 per kWH. Kemudian untuk golongan yang 1.300 VA-5.600 VA ke atas biayanya Rp. 1.467 per kWH. Dengan kenaikan harga ini, banyak orang juga yang mulai berfikir untuk menghemat listrik.

Cara Menghemat Listrik

Menghemat listrik adalah kewajiban buat kamu yang ingin menekan biaya bulanan dari listrik kamu. Untuk efek lainnya bisa baik untuk bumi kita tercinta. Namun, banyak orang yang tidak tahu cara menghemat listrik.

Berikut adalah cara menghemat listrik yang baik.

Cabut Kabel Peralatan Elektronik Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Biasanya kabel charger handphone yang sehabis kita pakai lupa untuk dicabut kembali. Nah, mulai sekarang biasakan cabut kabel peralatan listrik sehabis kita pakai dari stopkontaknya. Entah itu charger hp, charger laptop, tv, dan alat-alat lainnya. Karena lebih baik kita cabut untuk memutuskan daya listrik daripada terbuang begitu saja.

Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa Ganti pra bayar

Buat kamu yang masih menggunakan listrik dengan pembayaran pasca bayar, cobalah untuk mengantinya ke sistem listrik pulsa pra bayar. Dengan kita memakai pulsa, kita bisa mengatur dan lebih mengawasi berapa biaya perbulan yang keluar untuk listrik.

Hemat Pemakaian Lampu

Matikan lampu yang sedang tidak dipakai. Terutama siang hari, cobalah untuk mematikan lampu karena sudah terang dengan sinar matahari. Misal juga kita sehabis memakai kamar mandi, ketika keluar kamar mandi jangan lupa untuk dimatikan lampunya. Kalau sudah tidur atau malam hari, mulailah matikan lampu yang tidak perlu menyala semalaman.

Gunakan AC Secukupnya

Kamu sering lupa untuk mematikan AC sebelum pergi? Coba biasakan matikan AC ketika memang sedang tidak dipakai, misal sedang berpergian. Karena AC sendiri sangat memakan biaya listrik yang lumayan mahal.

Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

Sebelum tidur, matikan semua alat elektronik. Misal yang orang sering kelupaan adalah TV. Biasanya orang nonton TV sampai ketiduran dan TV menyala sampai pagi.

Alat Elektronik disini juga termasuk handphone kita. Cobalah untuk biasakan matikan handphone ketika sebelum tidur. Dengan begitu kita akan menghemat baterai handphone dan tidak perlu sering-sering mengisinya.

Ganti Lampu LED

Buat kamu yang belum tahu, ternyata lampu LED dapat menghemat listrik tanpa mengurangi cahaya yang dihasilkan lampu. Namun, biasanya lampu LED sedikit lebih mahal daripada lampu biasa. Tapi, itu adalah lampu yang sangat layak untuk dipakai terutama untuk menghemat biaya listrik kedepannya.

Jangan Menghidupkan Rice Cooker Terus Menerus

Kalau sudah malam hari, cobalah untuk mematikan rice cooker juga untuk menghemat listrik. Karena peralatan yang ada dirumah, baik itu yang menghasilkan panas atau dingin sangat memakai banyak listrik.

Hemat Penggunaan Air

Ketika kamu menghemat penggunaan air, entah itu untuk mandi, mencuci baju atau piring, atau bahkan ketik wudhu, kamu juga bisa menghemat listrik. Karena pompa air yang kamu gunakan pasti pakai listrik, semakin hemat memakai air, semakin berkurangnya juga penggunaan pompa air listrik tersebut.

Gunakan Peralatan Elektronik yang Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Ketika kamu mau membeli peralatan rumah yang menggunakan listrik, cobalah untuk membeli yang sudah terfasilitasi fitur hemat energi. Meski harganya akan lebih mahal, namun akan menekan biaya listrik perbulan. Misal beli TV, AC, kulkas, dan lainnya.

Buat Sirkulasi Udara dan Cahaya yang Lebih Baik di Rumah

Atur rumahmu sebisa mungkin untuk ramah cahaya matahari. Buatlah sirkulasi udara yang baik dan tentunya sirkulasi cahaya matahari yang baik. Ini akan berguna ketika siang hari, kita akan lebih menghemat penggunaan dari lampu.

Beli Pulsa Listrik Menggunakan Diskon

Sekarang pulsa listrik bisa dibeli dimana saja termasuk di beberapa marketplace. Nah, biasanya setiap marketplace ini memiliki promo diskon untuk kamu yang membeli pulsa listrik. Meski nilainya tidak seberapa, namun itu cukup untuk menekan biaya listrik kamu.

Penutup

Itulah beberapa cara menghemat listrik, semoga bisa membantu kamu dalam menekan biaya listrik sehari-hari. Lebih bijaklah dalam menggunakan listrik, maka kamu akan bijak dalam hal-hal lainnya. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.