Inilah Cara Move On Paling Ampuh Dari Mantan Terindah

Cara Move On – Sudah jadi rahasia umum bahwa masalah anak ABG jaman now adalah persoalan tentang cinta. Mereka yang sedang mencari jati diri mulai mencoba dan mencari bahwa cocok dengan siapa hati mereka untuk dijadikan cinta. Namun, tidak semua kisah indah bertahan lama. Langsung cekidot untuk kamu yang masih susah move on!

patah hati
pixabay.com

Kebanyakan dari remaja mengalami cinta sementara atau biasa dikenal cinta monyet. Cinta yang hanya sesaat lalu kandas, hubungan yang hanya sebentar lalu selesai. Disaat mereka sedang dilanda cinta, mereka merasakan sesuatu yang indah. Mereka akan saling menyayangi satu sama lain, menjaga satu sama lain.

Namun, dibalik keindahan itu pasti ada kisah pahit yang hampir pasti dirasakan bagi mereka yang pernah menjalin cinta. Kisah pahit itu bisa bermulai dari berbagai macam persoalan, dari mulai ketidakcocokan pikiran, tidak mau mengalah, overprotektif, cemburu membabi buta, tidak jujur satu sama lain, ada orang ketiga, bosan dan sebagainya.

tips putus cinta
pixabay.com

Semua kisah pahit itu akhirnya terakumulasi menjadi kandasnya hubungan antar dua sejoli ini. Mereka yang membangun kisah indah mulai dari pdkt hingga jadian, harus berjuang untuk membiasakan diri untuk lepas dari dia yang biasanya selalu ada.

Putus. Yap, ini masalah yang mungkin sebagian orang menganggap itu sepele, namun ini merupakan masalah serius bagi mereka-mereka yang merasakannya. Mereka bisa berlagak tidak ada apa-apa, tetap tertawa dan tetap bersosialisasi tapi dalam lubuk hatinya yang dalam, mereka merasakan kesedihan karena tidak lagi bersama si dia.

Masalah yang muncul setelah putus adalah susahnya move on. Apalagi buat kamu yang diputusin dengan alasan yang tidak jelas atau apapun itu. Move on untuk sebagian orang mungkin menjadi hal mudah tapi untuk banyak orang move on merupakan masalah yang serius dan sulit dilewati.

cara move on
pixabay.com

Disini saya akan membantu sedikit dengan memberikan tips atau cara-cara yang tepat untuk bisa move on berdasarkan cerita-cerita yang saya dengar, apa yang saya rasakan, dan apa yang saya lihat.

Mungkin ini buat kamu yang masih labil dan bahkan masih galau sampai sekarang karena diputusin doi, cocok banget nih untuk baca artikel ini sampai habis.

Sikap ke Diri Sendiri

Jangan Menyesal

jangan menyesal
unsplash.com

Semua terjadi karena ada sebuah alasan dan ada maksud yang kedepannya akan terungkap sendiri. Terimalah takdir yang ada bahwa doi memang tidak bisa lagi sama kamu, dan jangan menyesal akan apa yang telah kamu lakukan di masa lalu.

Jangan berifikir kenapa kamu harus kenal sama doi, toh pasti kamu dapat pelajaran yang berharga dari hubungan tersebut. Kedewasaan akan kamu dapatkan ketika kamu dapat melewati semua rintangan move on.

Maafkan Diri Kamu

orang sedih
pixabay.com

Coba maafkan diri kamu atas kesahalan-kesalahan yang kamu perbuat dan menjadikan situasi seperti ini. Maafkan doi juga yang telah menyakiti hati kamu, ikhlaskan dan relakanlah. Mulai lah sayangi diri sendiri, rawat dan isi diri dengan hal-hal yang positif.

Kondisikan Pikiran

orang berfikir
pexels.com

Cara termudah untuk mengalihkan pikiran dari hal-hal negatif yaitu bergeraklah. Dengan bergerak kamu akan mudah mengkondisikan pikiran mu yang nantinya akan mengatur perasaan atau mood kamu. Jangan biarkan diri kamu diam dan meratapi kesedihan, lakukan saran-saran saya diatas dengan bergerak.

Kurangi hal-hal ini

Kurangi Begadang

begadang main hp
teknoraya.com

Cobalah untuk tidur lebih cepat dan jangan terlarut-larut dengan kesedihan sampai begadang. Jangan pula menjadikan game online pelampiasan sampai begadang. Karena bahaya begadang bisa dibilang banyak.

Coba atur lagi jam tidur kamu, coba untuk maksimal jam 11 sudah ditempat tidur, matikan hape lampu dan pejamkanlah mata.

Walau itu sulit, tapi akan membantu kamu untuk melupakan masalah yang kamu alami ditambah kamu akan lebih fresh menjalani hari esok.

Kurangi Melihat Hape

ngobrol dengan teman
unsplash.com

Berusahlah untuk mengurangi intensitas penggunaan hape perhari. Kamu harus stick dengan plan kamu ketika kamu sudah memutuskan kapan harus menggunakan hape dan kapan harus tidak melihatnya. Dengan kamu menguranginya, akan meminimalisasi teringat kembali akan doi.

Pergilah bersosialisasi, jangan malah diam saja, coba untuk perhatikan orang-orang sekitar, sapa mereka. Ketika sedang kerja/ngampus, coba fokus untuk menyelesaikan pekerjaan2 atau tugas2. Fokus untuk bersosialisasi dengan teman-teman yang ada disana.

Kurangi untuk posting hal galau di sosmed karena itu malah mengkondisikan untuk kamu galau terus. Posting apa adanya tapi hal-hal yang positif. Ketika kamu posting galau, itu malah akan mempermalukan diri kamu.

Hapus dan Hilangkan Semua File/Barang yang Berkaitan Dengan Doi

hapus kenangan
pexels.com

Stop stalking doi di semua sosmed. Cobalah untuk hapus chat history dengan doi supaya kamu tidak melihatnya lagi.

Ketika dirasa kangen, stop hubungi doi. Tahan dan kerjakanlah hal lain. Langsung ubahlah pikiran sesegera mungkin. Awalnya memang sulit, tapi kamu harus membiasakan diri dan lama kelamaan kamu akan terbiasa untuk tidak mendengar kabar dari doi.

Biarkan ketika dia hubungi/block, ketika doi coba mengechat lagi, berusahalah untuk tidak membalas atau balaslah dengan ala kadarnya. Jangan sampai pertahanan yang sudah susah payah kamu buat hancur begitu saja.

Kalau perlu, block semua kontak doi. Meski itu mungkin tidak dewasa, tapi itu adalah cara efektif dibanding menyiksa diri kamu dilautan ketidakpastian.

Berusahalah Professional

sikap profesional
unsplash.com

Jangan jadikan masalah ini alasan untuk kamu tidak profesional dengan kerjaan kamu atau tugas-tugas kamu dikuliah. Hal-hal itu tidak bersalah dan jangan akibat putus ini kamu jadikan alasan untuk kabur dari kewajiban-kewajiban kamu.

Hadapi itu, justru dengan kita menghadapi kewajiban tersebut, perlahan membantu kamu untuk berfikir kalau hubungan yang kamu bangun selama ini bukan hubungan yang sehat. Kamu akan perlahan melupakan doi.

Hindari Lagu Galau

senang dengar musik
pexels.com

Musik galau cuma membantu kamu semakin terlarut dalam lautan kesedihan. Berusahalah untuk mengganti playlist galau kamu. Ubah ke lagu-lagu yang ceria, bikin playlist di spotify/joox kamu dengan lagu-lagu yang membangun, yang membuat kamu semangat.

Makaaaaan

makan burger
unsplash.com

Biasanya habis putus, pikiran pun tak fokus dan tak mau makan. Justru makan itu salah satu cara untuk membantu kamu move on. Pesanlah makanan favorit kamu, makanlah karena tubuh pun juga butuh nutrisi.

Jangan sampai kamu menyiksa tubuh kamu juga. Mereka tidak salah apa-apa justru kamu harus rawat dan sayangi.

Berhenti Berharap

berhenti berharap
pexels.com

Buat kamu yang berharap bisa sampai langgeng lama, cobalah untuk berhenti berharap dan merelakannya. Realistis, karena tulus dan bodoh itu beda tipis. Jangan mau kamu disakitin hati terus menerus, berusahalah ikhlas.

 

Sibukkan Diri

Fokuskan Hobimu

fokus hobi
pexels.com

Buat kamu yang punya hobi yang sempat terhenti karena doi, cobalah untuk memulainya kembali. Ikut komunitasnya, entah itu hobi gambar, otomotif, menyanyi, dan lain-lain. Tingkatkan intensitas waktu kamu dengan hobi kamu.

Olahraga

olahraga fitness
pexels.com

Olahraga sangat cocok untuk dijadikan tempat pelampiasan haha. Apa lagi ini sangat positig buat kamu yang jarang gerak dan apa lagi jika sedang sedih malah harus bertambah geraknya.

Buat kamu yang biasa futsal satu atau dua kali seminggu bareng-bareng teman kamu, coba untuk ikut lagi. Buat kamu yang mempunyai badan kurang ideal cobalah untuk gym. Buat cewe sesekali ikutlah kelas zumba dan semacamnya.

Karena olahraga akan memproduksi energi postif dan akan membantu kamu untuk melupakan hal-hal buruk yang sedang dilalui.

Membuat Bisnis

cara membuat bisnis
pexels.com

Ini saran yang sangat bagus menurut saya. Salurkan energi kamu ke membuat bisnis kecil-kecilan. Daripada energi tersebut dipakai untuk bergalau ria, cobalah kamu untuk berjualan bersama teman-teman kamu. Entah itu membuka toko, atau outlet makanan kecil di pinggir jalan raya. Atau yang paling simpel kamu bisa berjualan online.

Kamu bisa melupakan doi bahkan bisa menghasilkan uang. Cobalah, ketika kamu berhubungan dengan costumer-costumer, kamu akan mendapat energi positif yang luar biasa.

Bersenang-senanglah

bermain di pantai
pexels.com

Beberapa aktivitas yang mungkin bisa membuat kamu senang. Kamu bisa bermain bowling, main ice skating, atau main trampolin. Ajaklah keluarga atau sahabat atau teman-teman kamu, bersenang-senanglah.

Traveling

liburan ke danau
pixabay.com

Yap! Sudah pasti! Keluarlah dari rumah, jalan-jalan lah kamu! Ajak teman mu atau pun jalan-jalan sendiri pun sebenernya tak masalah. Coba lah perhatikan hal-hal sekecil apapun yang kamu lihat sepanjang kamu travelling. Nikmati dan rasakanlah bahagianya kamu saat traveling.

Mengupgrade diri

Success is the best revenge.

Tambah Skill

cara menambah skill
pexels.com

Mulai ikut pelatihan-pelatihan yang bisa menambah skill kamu. Misal public speaking atau kalau kamu berminat ikut pelatihan hidroponik. Atau pelatihan apapun itu. Kamu bisa mengalirkan energi positif yang tertutup akan masalah kamu untuk menambah skill yang bisa membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

Ikut Terapi

terapi move on
pixabay.com

Kalau kamu punya teman yang jurusan psikologi biasanya ada beberapa dari mereka yang bisa terapi. Efeknya pun terbilang ampuh karena kita akan diajak tenggelam di lautan emosi kita. Kita akan diterapi bagaimana melupakan doi sampai ke akar-akarnya.

Cara menenangkan hati pun ada banyak, kamu bisa baca diartikel saya sebelumnya.

Menulis

cara menulis yang baik
pexels.com

Menulis adalah salah satu metode efektif untuk menyalurkan energi negatif karena susah move on. Kamu bisa menulis apapun itu, berbagai hal, bahkan kalau nanti kamu bisa membuat artikel/cerpen yang bagus, malah bisa menghasilkan uang.

Kamu Bebas

bebas ngapain aja
pexels.com

Tidak perlu pusing lagi malam minggu mau kemana sama doi, tidak perlu lagi mengabari doi setiap saat, bebas berteman sama siapa aja, bebas ngapain aja. Kamu bisa memaksimalkan potensi kamu yang selama ini tertutup atau tertahan akibat hubungan kamu dengan doi.

Perbaiki Hubungan

Sambung Lagi Tali Pertemanan yang Sempat Putus Gara-Gara Hubungan Sama Doi

ngobrol dengan teman
pexels.com

Coba ingat-ingat lagi berapa undangan main dari teman yang kamu tolak demi buat ngapel si doi? Mulai dari sekarang coba sambung lagi tali silaturahim dengan teman. Ini merupakan salah satu cara move on yang efektif.

Bagaimanapun mereka akan selalu ada untuk kita disaat senang atau susah. Habiskan waktu dengan mereka, ngobrol dengan mereka, tertawa bersama mereka.

Mereka juga akan dengan senang membantu kamu dalam menyelesaikan masalah tentang cinta dan dengan sukarela mereka pasti akan terus mendukung kamu. Misal kalau doi menghubungi, kamu tidak kuat untuk tidak membalas, nah biasanya teman-teman kamu yang menahan kamu untuk kuat dan tidak membalas chat tersebut.

Quality Time Dengan Keluarga

ngobrol dengan keluarga
health.usnews.com

Biasanya saking fokusnya sama doi, kita sampai lupa untuk melakukan quality time bersama keluarga.

Kita biasa makan diluar bareng doi, tapi kita tidak pernah mengajak orang tua kita makan diluar. Biasa nonton tiap minggu, tapi kita tidak pernah mengajak kakak kita nonton. Kita belikan doi hadiah, tapi tidak pernah memberikan sesuatu ke adek.

Dari sekarang coba atur ulang untuk melakukan sesuatu yang walau sebentar tapi berkualitas bersama keluarga. Mereka adalah orang-orang yang akan tetap mecintai kamu tanpa syarat.

Kamu malah mencintai orang yang salah dan justru malah membuat kamu down sekaligus lupa dengan orang sekitar.

Curhat ke Orang yang Kamu Percayai

curhat dengan teman
unsplash.com

Meluapkan perasaan juga merupakan cara yang efektif untuk move on. Biasanya kalau cowok-cowok gengsi, tapi oh boy, cowok juga manusia. Coba, ketika kamu nongkrong di warkop, curhat tentang masalah kamu dengan teman-temanmu disana.

Mereka juga pasti bantu, dan itu bisa membuat suasana hati kamu membaik. Tapi jangan sekali-kali curhat random di sosial media, curhatlah hanya ke orang yang kamu percaya.

Apalagi kalau cewek-cewek, tidak disuruh pun mereka akan curhat ke sahabat-sahabat mereka. Karena memang itu merupakan cara yang efektif. Semakin dipendam sendiri, semakin sakit hati yang kamu rasakan.

Dekatkan Diri ke Tuhan

Perbaiki Agama

baca al quran
umrohsamara.co

wah ini juga pasti banyak yang mengalami. Banyak waktu yang kamu habiskan bersama doi, justru membuat kamu jauh dari Tuhan yang menciptakan kamu. Mulailah untuk memperbaiki ibadah kamu, hidupkan sunnah-sunnah, ikuti kajian-kajian, yang bisa membuat kamu lupa sama doi dan mendekatkan diri ke Allah.

Baca Al-Quran lagi yang selama ini mungkin kamu lupakan, yang jarang kamu baca atau bahkan tidak pernah karena terlalu sibuk menjalani hidup bersama doi. Ketika kita membaca Al-Quran pastinya kita akan mendapat pahala dan salah satu manfaat lainnya adalah Al-Quran dapat menyembuhkan penyakit hati.

Jodoh Sudah Ada yang Mengatur

jodoh sudah ada yang mengatur
wajibbaca.com

Bahkan di dalam Al-Quran, kita sebagai manusia sudah digaransi untuk mendapatkan jodoh masing-masing. Kalau kamu memang tidak jadi nikah sama doi, mungkin Allah punya rencana lain untuk kamu. Allah sudah menyiapkan jodoh yang spesial yang pastinya lebih dari doi yang akan menemani sepanjang hidup kamu.

Jodoh kita adalah cerminan diri kamu. Teruslah upgrade diri kamu menjadi pribadi yang lebih positif, visioner, dan dewasa. Maka, nanti kamu akan mendapatkan jodoh yang insya Allah sesuai dengan pribadi kamu. Dan jangan lupa untuk doa minta jodoh agar dapat jodoh yang diridhoi Allah.

Penutup

berhasil move on
pexels.com

Fase ketika kamu sudah berhasil move on, ketika kamu sudah merelakan dia, ketika kamu sudah mengikhlaskan semuanya, dan memaafkan diri sendiri dan dia.

Ketika kamu sudah tidak block dia di sosmed atau dimanapun, kontakan dengan sewajarnya seperti teman, tidak ada rasa deg-degan ketika kamu berada didekat doi atau ketika dihubungi doi, semua sudah seperti sedia kala seperti kamu sebelum menjalin hubungan sama doi.

Justru ketika kamu masih kesal marah dan dendam itu bisa dibilang kamu belum 100% move on. Meski tidak sedikit juga kenangan indah bersama doi, tapi nyatanya diakhir kalian tidak bisa terus bersama.

lampu hijau
pexels.com

Kamu harus sadar bahwa dia tidak pantas bersama kamu yang baik hati, kamu yang setia, kamu yang maksimal dalam memberikan cinta. Doi tidak pantas untuk hidup bersamamu. Let it gooooo. Life must go on. Semoga cara move on dari saya dapat membantu kamu.

Saya akan senang jika kamu mau sharing cara move on kamu yang sudah terbukti dan berhasil. Karena setiap orang pun punya cara unik untuk melewati kisah pahit akibat dari cinta yang salah. Kamu bisa hubungi saya di sosmed saya atau email.

Terimakasih. Sampai jumpa kembali pejuang-pejuang move on!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.