Amalan dan Doa Minta Jodoh Yang Tepat

Artikel ini membahas tentang doa minta jodoh dan amalan-amalan apa saja yang bisa mendekatkan diri kita ke jodoh. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang masih bingung dan galau karena ingin menikah.

Masih banyak diluar sana para pria dan wanita single yang berjuang untuk mendapatkan pasangan hidupnya. Mereka terus menerus meningkatkan kualitas diri karena sudah dijanjikan Allah SWT dalam surat An-Nur bahwa jodoh kita adalah cerminan diri kita. Wanita baik untuk pria yang baik, begitupun sebaliknya.

Mereka yang single terus berdoa dan mengalamkan amalan-amalan yang bisa mendekatkan diri mereka kepada pasangan yang akan menemani hidupnya kelak. Move on lah dari masa lalu dan teruslah tatap masa depan.

Jodoh Adalah Takdir Atau Pilihan?

jodoh takdir
pixabay.com

Jodoh pasti bertemu, jodoh di tangan tuhan, jodoh harus diperjuangkan, dan lain-lain. Kata-kata tersebut sering muncul dan menimbulkan pertanyaan, apakah jodoh itu takdir atau bukan? Disini akan dibahas secara singkat padat mengenai hal tersebut.

Jodoh kita sudah jauh ditulis ketika di Lauh Mahfudz. Kita bisa memilih jodoh sesuai keinginan kita adalah sebenarnya itu pilihan jalan yang kamu tentukan. Akhlaq dan sikap kita di dunia sangat mempengaruhi dengan siapa nantinya kita berjodoh.

Jodoh itu seperti rezeki. Kita sudah dijamin sama Allah untuk masalah jodoh dan rezeki. Namun takdir ini termasuk takdir yang harus kita perjuangkan. Kalau kita tidak menjemputnya ya kita tidak akan kunjung mendapatkannya.

Jodoh di Mata Beberapa Anak Muda

nikah muda
pixabay.com

jodoh menjadi topik yang sangat populer dikalangan milenial. Apa lagi sekarang Indonesia sedang memiliki warga muda lebih banyak daripada yang tua, menjadikan topik ini makin gencar dibahas dimana-mana.

Ada beberapa anak muda yang langsung menikah diusia muda dan ada juga yang belum menikah-nikah. Ada juga yang menentang menikah muda dengan alasan mencari jodoh itu tidak segampang yang dikira, karena pasangan kita itu akan menemani kita lebih lama daripada kita tinggal bersama orang tua.

Ada juga yang akhirnya bersemangat untuk menikah muda, berbagai seminar pranikah dia ikuti. Semua pembahasan tentang pernikahan dia baca, untuk menjadi bekal ketika ingin melamar yang dia tuju serta tentunya dengan mempersiapkan penghasilan yang cukup.

Topik ini bisa dibilang sensitif bagi orang-orang yang sampai sekarang mungkin belum diberikan jodoh yang tepat, sehingga masih melalang buana dengan status single nya itu. Ada juga orang yang mengurung dirinya sehingga dia juga tidak kunjung mendapatkan jodohnya.

Apa Kriteria Jodoh yang Cocok Untuk Kamu?

kriteria jodoh
unsplash.com

Kadang ada juga orang yang masih bingung kriteria jodoh yang dia inginkan itu seperti apa. Ada yang menganggap yang penting kita nyaman dengan dia. Ada juga yang ngenes, jadi dia terima yang ada saja deh. Mungkin ada juga yang sampai begadang memikirkan hal tersebut.

Ternyata dalam islam kriteria diberi tahu agar kita bisa menentukan jodoh yang baik untuk diri kita. Menurut Nabi Muhammad SAW, ada 4 kriteria ketika kamu ingin mencari pasangan hidup. Haditsnya seperti ini :

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.” (HR Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Abu Dawud Ibn Majah Ahmad ibn Hanbal, dan al-Darimi dalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah ra)

1. Karena agamanya
2. Karena kecantikannya
3. Karena keturunnannya
4. Karena hartanya

Doa Minta Jodoh

doa minta jodoh
wajibbaca.com

Berikut adalah doa-doa yang insya Allah bisa lebih mendekatkan diri kita ke jodoh masing-masing.

Doa untuk laki-laki

doa minta jodoh

Robbi Hablii Milladunka Zaujatan Thoyyibah Akhtubuhaa Wa Atazawwaju Biha Watakunu Shoohibatan Lii Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhiroh

Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lama dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

Doa untuk perempuan

doa minta jodoh

Robbi Hablii Milladunka Zaujan Thoyyiban Wayakuuna Shoohiban Lii Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhiroh

Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabarky dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.

Al-Furqan Ayat 74

Al-Furqan Ayat 74

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. Al-Furqan Ayat 74

Al-Anbiya Ayat 89

Al-Anbiya Ayat 89

Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik. Al-Anbiya Ayat 89

Ali Imran Ayat 38

Ali Imran Ayat 38

Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”. Ali Imran Ayat 38

Waktu Terbaik Untuk Doa Minta Jodoh

Ada waktu-waktu terbaik untuk bisa kita usahakan berdoa meminta jodoh kita, yaitu :

  1. Ketika sedang Sujud dalam Shalat
  2. Ketika sebelum Salam pada Shalat Wajib
  3. Ketika sahur atau Sepertiga Malam Terakhir
  4. Saat Berbuka Puasa
  5. Malam Lailatul Qadar
  6. Ketika adzan berkumandang
  7. Di antara adzan dan iqamah
  8. Hari Jum’at
  9. Ketika Turun Hujan
  10. Hari Rabu antara Dzuhur dan Ashar
  11. Ketika Hari Arafah
  12. Ketika Meminum Air Zam-zam

Amalan-Amalan yang Bisa Mendekatkan Jodoh Kita

amalan untuk dapat jodoh
prayerinislam.com

Ini adalah amalan untuk mendapatkan jodoh terbaik oleh Ust.. Yusuf Mansur

Pertama : Coba kita cek lagi hubungan kita dengan Allah, keluarga, lingkungan dan teman. Bisa jadi kita belum kunjung mendapat jodoh akibat ada yang salah dari hubungan tersebut.

Kedua : Mindset bahwa kelahiran, jodoh, rezeki, dan kematian adalah rahasia Allah.

Ketiga : dari langkah pertama dan kedua sudah jelas, kita harus segera rubah pola pikir dalam mencari jodoh. Mau dapat jodoh yang baik? Ya dekatkan diri kepada penciptanya. Perbaiki dulu hubungan dengan Allah SWT termasuk hubungan kita ke orang tua dan sesama. Coba cek sekarang, intropeksi.

Keempat : Intropeksi diri, apakah kita solat kita sudah benar? Bagaimanakah hubungan silaturahim kita? Periksa juga hubungan masa lalu kita, apakah kita pernah menyakiti hati seseorang? Selanjutnya, Apakah kita pernah bergosip yang mengarah ke adu domba, sehingga menyebabkan terputusnya tali silatrahim?

Jika kamu sudah pernah melakukan 1 dari pertanyaan tersebut kamu harus segera melakukan langkah lanjutan.

Langkah 1 : Mohon ampun atas kesalahan dan keburukan.
Langkah 2 : Tingkatkan ibadah dan perbaiki kualita ibadah.
Langkah 3 : Pasrahkan diri kepada Allah.
Langkah 4 : Luruskan niat, menikah untuk mengikuti sunah rasul dan menyempurnakan agama.
Langkah 5 : Hilangkan ego, boleh pilih-piih target tapi ingat pada akhirnya serahkan pilihan terbaik kepada Allah melalui shalat istikhoroh dan musyawarah keluarga.
Langkah 6 : Perbanyak silaturahim.
Langkah 7 : Menutup aurat.

Langkah spesial : Menolong orang yang sedang kesusahan dengan tulus ikhlas.

Ada juga amalan-amalan lain selain dari diatas.

  1. Kerjakan sholat tahajud
  2. Membaca istigfar 100x
  3. Membaca surat Al Fajr 1x
  4. Membaca surat Al Waqiah 1x
  5. Sedekah
  6. BerpuasaMulailah dari sekarang berpuasa Senin Kamis, karena barang siapa yang selalu membiasakan untuk berpuasa maka do’anya cepat terkabul.

Penutup

cari jodoh
pixabay.com

Sekian artikel tentang doa minta jodoh diatas. Semoga Allah memudahkan kamu dalam menjemput jodoh impian untuk lebih menyempurnakan agama kamu. Semoga dengan artikel diatas hati lebih tenang dan santai untuk menjemput jodoh.

Semoga kamu mendapatkan jodoh yang sesuai dan bisa saling mendukung satu sama lain. Semoga kamu mendapatkan jodoh yang keluarga dari jodoh kamu bisa sayang kepada kamu juga.

Terimakasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.