7 Gunung Tertinggi di Dunia ( 7 Benua )

Mungkin sudah banyak artikel yang membahas gunung tertinggi di dunia, namun diartikel ini saya akan membahas gunung tertinggi yang berada di setiap benua yang di dunia. Jadi total ada 7 puncak gunung tertinggi di 7 benua di dunia. Atau biasa dikenal dengan Seven Summit.

Banyak pendaki yang berlomba-lomba untuk menaklukan tujuh puncak di dunia. Serangkaian latihan, persiapan mental, fisik, maupun logisitik harus dilewati sebelum mendaki gunung-gunung tersebut.

“Hai kamu dapat salam dari gunung bla bla bla 10000mdpl” Nah biasanya kata-kata itu sering diucapkan atau sering difoto oleh orang-orang yang naik gunung. Sebagai bukti bahwa mereka pernah kesana dan sekaligus ingin membuat yang lain “iri” untuk naik gunung juga.

Gunung Adalah

Pengertian gunung itu sendiri menurut wiki intinya adalah tanah yang lebih tinggi dibandingkan permukaan bumi sekitarnya. Tanah tersebut lebih menonjol daripada wilayah sekitarnya sehingga menciptakan daratan yang lebih tinggi.

Gunung Tertinggi di Dunia

Diantara banyaknya gunung yang ada, ada gunung tertinggi di dunia sekaligus menjadi gunung terbesar di dunia. Gunung- gunung ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki gunung karena ketinggian dan cuaca ekstrim yang ada di gunung tersebut.

Gunung-gunung yang ada di daftar ini merupakan gunung tertinggi di dunia diambil dari permukaan laut atau yang biasa kita kenal mdpl (meter dari permukaan laut). Jadi mungkin masih ada gunung-gunung lain yang lebih tinggi ketika hitung dari dalam laut.

Khusus benua Australia, memiliki gunung tertinggi yang hanya 2000-an mdpl. Oleh karena itu pendaki senior, Reinhold Messner memasukan Puncak Jaya yang ada di Papua Indonesia menggantikan gunung tertinggi di australia. Puncak Jaya masuk ke daerah Oceania.

Berikut daftar 7 gunung tertinggi di dunia di 7 benua.

Gunung Tertinggi di Asia

gunung everest
en.wikipedia.org

Gunung Everest – 8.848 mdpl

Hampir semua orang tahu bahwa Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Gunung ini memiliki ketinggian hingga nyaris 9 kilometer! Atau lebih detailnya adalah 8.848 meter dari permukaan laut.

Puncak Gunung Everest memisahkan Nepal dan Tibet dan memiliki penyebutan yang berbeda di setiap negara. Nepal menyebutnya Sagarmatha yang berarti kepala langit sementara Tibet menyebutnya Chomolungma yang berarti bunda semesta.

Bagi pendaki gunung, ketika bisa menaklukan Gunung Everest merupakan salah satu terbesar yang mereka capai. Mengingat cuaca yang ekstrim dan track yang rumit ketika menuju puncak. Orang pertama yang berhasil menaklukan Gunung Everest ialah Tenzing Norgay dan Edmund Hillary pada tahun 1953.

Saking ganasnya Gunung Everest, sampai dibuatkan film berdasarkan kisah nyata yang ditulis di buku Into Thin Air. Film tersebut berjudul Everest dan sampai saat ini bisa dibilang menjadi film terbaik dalam hal bencana alam.

Banyak orang yang meninggal ketika ingin menaklukan puncak Everest, namun disisi lain banyak juga orang-orang yang sudah berhasil melewati rintangan yang ada di Everest, termasuk orang Indonesia pun sudah ada beberapa yang berhasil kesana.

Gunung Tertinggi di Amerika Selatan

gunung aconcagua
justfunfacts.com

Gunung Aconcagua – 6.959 mdpl

Gunung Aconcagua berada di Provinsi Mendoza, Argentina dan sangat dekat dengan perbatasan Cile. Gunung ini memiliki ketinggian 6.959 meter dan menjadi gunung kedua tertinggi di tujuh puncak dunia. Aconcagua sangat terkenal dengan cuaca yang ekstrem, banyak badai angin dan suhu udara bisa sampai -35 derajar celcius.

Jika kamu mau kesana, kamu harus membawa perlengkapan dan logistik sendiri. Karena jalur pendakian di Aconcagua tidak ada porter untuk membantu mendaki. Gunung ini juga memiliki kadar oksigen yang rendah, hingga 40% dari kadar oksigen pada biasanya.

Gunung Tertinggi di Amerika Utara

gunung denali
usatoday.com

Gunung Denali – 6.194 mdpl

Gunung Denali biasa juga dikenal dengan Gunung McKinley. Pada 2015 nama gunung ini diganti dari McKinley, diambil dari nama mantan Presiden Wiliam McKinley, menjadi Denali, nama yang diberikan langsung dari suku Athabaska.

Gunung ini berada di Pegunungan Alaska di kawasan Fairbanks, Alaska, Amerika Utara. Gunung Denali menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Denali National Park. Kebanyakan orang yang tinggal disana adalah penduduk asli Amerika yaitu orang-orang Athabaskans Koyukon.

Pendakian pertama terhadap gunung tertinggi di Amerika Utara ini pada tanggal 7 Juni 1913 oleh 4 orang. Gunung Denali termasuk gunung yang sulit untuk di daki, bahkan rute termudah yang bisa kita tempuh untuk ke puncak ialah melewati Buttress Barat Rute yaitu mendaki salju.

Gunung Tertinggi di Afrika

gunung kilimanjaro
scmp.com

Gunung Kilimanjaro –  5.895 mdpl

Salah satu gunung yang terkenal di penduduk Indonesia. Gunung Kilimanjaro berada di benua Afrika dan menjadi gunung tertinggi disana. Gunung ini berada di Tanzania, tepatnya di timur laut Tranzylvenia. Gunung Kilimanjaro memiliki ketinggian 5.895 meter dengan puncaknya yang biasa disebut Puncak Uhuru.

Gunung ini juga biasa disebut Kilima Dscharo yang berarti gunung putih. Memang seperti gunung putih, ditengah benua Afrika yang kebanyakan gurun, Gunung Kilimanjaro diselimuti salju. Namun, kini saljunya sedikit demi sedikit mulai cair akibat pemanasan global.

Sudah banyak orang Indonesia yang datang ke Tanzania untuk menaklukan gunung ini. Pendakian pertama Gunung Kilimanjaro oleh Hans Meyer dan Ludwig Purtscheller pada tanggal 6 Oktober 1889.

Gunung Tertinggi di Eropa

gunung elbrus
rmiguides.com

Gunung Elbrus – 5.642 mdpl

Gunung Elbrus merupakan gunung tertinggi di eropa. Gunung Elbrus berada di negara Rusia dan perbatasan dengan Georgia. Gunung ini memiliki ketinggaian 5.642 meter.

Gunung Elbrus merupakan bagian dari Pegunungan Kaukasus dan menjadi puncak tertinggi di pegunungan tersebut. Es yang ada di Gunung Elbrus membuat Sungai Baksan, Kuban, dan Malka tetap mengalir.

Sudah banyak juga orang yang berhasil ke puncak tertinggi di eropa ini. Orang pertama yang berhasil sampai puncak ialah Frederick Gardner, Peter Knubel, Ahiya Sottaiev, Florence Crauford Grove, dan Horace Walker pada tahun 1874.

Buat kamu yang ingin mendaki Gunung Elbrus, kamu bisa area wisata Preilbruise. Disana sudah ada lift ski yang akan membawa kamu langsung ke ketinggian 3.850 meter. Dari mulai stasiun, kamu bisa mulai pendakian ke puncak. Kamu mendaki dari ketinggian 3.850 meter sampai ke 5.642 meter.

Gunung Tertinggi di Antartika

gunung vinson massif
barakachallenge.org

Gunung Vinson Massif – 5.140 mdpl

Gunung Vinson Massif berada di benua Antartika atau di Kutub Selatan. Vinson Massif memiliki ketinggian hingga 5.140 meter dari permukaan laut. Gunung ini diselimuti es licin yang membuat pendakian ke puncak gunung Vinson Massif menjadi sangat berbahaya.

Suhu yang berada di gunung ini rata-rata ialah minus 30 derajat celcius. Karena berada di Antartika, selain musim panas rute pendakian ke Gunung Vinson Massif ditutup. Karena ketika musim panas adalah musim teraman untuk mendaki, matahari hampir tidak pernah terbenam.

Gunung Tertinggi di Australia

gunung kosciuszko
mntviews.blogspot.com

Gunung Kosciuszko – 2.228 mdpl

Gunung Tertinggi di Oceania

puncak jaya
twitter.com

Puncak Jaya – 4.884 mdpl

Penutup

Demikianlah gunung tertinggi di dunia yang ada di 7 benua. Biasanya orang-orang yang menjadi pendaki gunung profesional sering menyebut ketika mereka ingin menaklukan 7 gunung itu dengan seven summit mission.

Kita juga turut bangga, banyak orang Indonesia yang sudah berhasil menaklukan ketujuh puncak dunia. Begitulah artikel gunung tertinggi di dunia. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.