15+ Gunung Tertinggi di Indonesia Buat Kamu yang Suka Mendaki

Inilah daftar gunung tertinggi di Indonesia yang tersebar di berbagai pulau dan provinsi. Gunung-gunung ini memiliki keindahan yang luar biasa dan sangat layak untuk didaki. Tapi hati-hati, beberapa gunung memiliki jalur pendakian yang ekstrem.

Gunung Tertinggi di Indonesia

gunung tertinggi di indonesia
http://pesonadunia.com

Berikut daftar gunung tertinggi di Indonesia.

Pegunungan Jayawijaya, Papua

Pegunungan Jayawijaya
geomagz.geologi.esdm.go.id

Pegununan Jayawijaya berada di Papua dan pegunungan ini memiliki banyak puncak yang menjadi tertinggi di Indonesia. Bahkan salah satu puncak yang ada di pegunungan ini masuk ke 7 puncak dunia. Total ada 6 Puncak yang menjadi gunung tertinggi di Indonesia.

  • Puncak Jaya – 4.884 mdpl
carstensz pyramid
bastamanography.id

Puncak Jaya atau biasa dikenal dengan Carstenz Pyramid menjadi puncak tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl. Puncak ini termasuk dalam 7 puncak dunia dan menjadi salah satu gunung yang sulit untuk ditaklukan.

Daftar 5 puncak lainnya yang ada di Pegunungan Jayawijaya dan menjadi gunung tertinggi di Indonesia sebagai berikut

  • Puncak Mandala – 4.760 mdpl
  • Puncak Trikora – 4.751 mdpl
  • Ngga Pilimsit – 4.626 mdpl
  • Yamin – 4.595 mdpl
  • Carstenz Timur – 4.400 mdpl

Gunung Kerinci – 3.805 mdpl (Jambi, SumBar)

gunung kerinci
the7summitsindonesia.com

Gunung Kerinci menjadi gunung tertinggi yang ada di Sumatera dan menjadi gunung berapi tertinggi yang ada di Asia Tenggara. Gunung ini tepatnya berada di Provinsi Jambi. Meski gunung berapi ini masih aktif dan menjadi yang tertinggi, tapi tidak menghalangi wisatawan untuk datang kesana.

Gunung ini menyajikan pemandangan yang indah dan banyak pendaki gunung ingin menaklukan gunung ini. Sampai di puncak, kita akan disugui pemandangan berupa panorama kawah yang sangat bagus.

Gunung Rinjani – 3.726 mdpl (Lombok, NTB)

gunung rinjani
hello-pet.com

Gunung Rinjani sangat terkenal dengan keindahannya dan banyak lokasi yang bisa dijadikan objek wisata. Gunung ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

Objek keindahan di Gunung Rinjani antara lain ada Padang Savana Sembalun Lawang, Plawangan Sembalun, taklaktit Goa Susu dan Goa Payung Mas, dan pemandian air panas. Banyak juga flora fauna tipe Asia dan Australia disana.

Gunung Semeru – 3.676 mdpl (Jawa Timur)

Gunung Semeru
anekatempatwisata.com

Gunung Semeru berada di Jawa Timur. Gunung ini cukup terkenal apalagi pernah diangkat ke film layar lebar, 5cm. Puncak gunung ini dinamakan Puncak Mahameru dan memiliki ketinggian hingga 3.676 mdpl.

Saking besarnya, Gunung Semeru terletak di dua kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Disana juga ada danau yang sangat terkenal yaitu Ranu Kumbolo. Karena suhu yang ekstrem, ada banyak juga orang yang tumbang sebelum sampai ke puncak.

Gunung Sanggar – 3.492 mdpl (Lombok, NTB)

 

Gunung ini terletak di kawasan yang berdekatan dengan Gunung Rinjani, namun kepopuleran Gunung Sanggar kalah dari gunung tetangganya. Gunung ini memiliki ketinggian 3.492 mdpl dan terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Latimojong – 3.478 mdpl (Sulawesi Selatan)

gunung latimojong
surbaktineva.com

Gunung Latimojong memiliki puncak yang bernama Puncak Rantemario yang memiliki ketinggian 3.478 mdpl. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Gunung Slamet – 3.428 mdpl (Jawa Tengah)

gunung slamet
nasionalisme.co

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung ini berada di 5 kabupaten yaitu, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Tegal.

Kaki gunung ini terkenal dengan tempat wisatanya, yaitu Baturraden yang berada dekat dengan Purwokerto. Gunung Slamet memiliki ketinggan hingga 3.428 mdpl.

Gunung Sumbing – 3.371 mdpl (Jawa Tengah)

gunung sumbing
bisniswisata.co.id

Gunung Sumbing berada di 3 kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo di Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 3.371 mdpl.

Jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung ini biasanya lewat kaki gunung bagian utama yang berada di Desa Garung. Gunung ini bersebelahan dengan Gunung Sindoro.

Gunung Yaramamafaka – 3.370 mdpl (Papua)

Gunung Yaramamafaka berada di Papua dan tidak jauh dari Puncak Mandala. Gunung ini termasuk gunung yang jarang didaki atau didatangi orang karena jalur pendakian yang ekstrem dan minim informasi.

Gunung ini memiliki ketinggian 3.370 mdpl. Kamu bisa mencoba untuk mendaki gunung ini ketika mendapat izin dari pemerintah setempat. Gunung Yaramamafaka juga menyajikan pemandangan yang tidak kalah indah dari gunung-gunung yang ada di Papua lainnya.

Gunung Raung – 3.344 mdpl

gunung raung
beritasatu.com

Gunung Raung berada di ujung Jawa Timur tepatnya kawasan gunung ini meiliputi tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung ini memiliki ketinggian 3.344 mdpl. Puncak tertinggi di Gunung Raung dinamakan Puncak Sejati.

Meski gunung ini memiliki ketinggian dibawah Gunung Rinjani dan Gunung Semeru, tapi menaklukan Gunung Raung lebih sulit daripada kedua gunung tersebut.

Gunung Lawu – 3.265 mdpl (Jawa Timur)

Gunung lawu
wikipedia.org

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl dan terletak di tiga kabupaten di Jawa tengah dan Jawa Timur. Satu Kabupaten dari Jawa Tengah yaitu Kabupaten Karanganyar dan dua kabupaten dari Jawa Timur yaitu Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan.

Gunung ini sangat populer untuk masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di Jawa. Di puncak gunung banyak dijumpai pedagang makanan. Rute pendakian Gunung Lawu biasanya dari Sarangan.

Gunung Dempo – 3.173 mdpl (Sumatera Selatan)

gunung dempo
satu-indonesia.com

Gunung Dempo berada di sebuah kota yang bisa ditempuh selama 7 jam dari Palembang. Kota itu adalah Kota Pagaralam dan gunung ini berada di perbatasan provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan. Gunung Dempo menjadi gunung tertinggi di Sumatera Selatan.

Gunung ini menyajikan pemandangan yang sangat indah tapi tidak sedikit juga cerita yang tidak enak dari Gunung Dempo. Di Puncaknya memiliki suhu hingga 1 derajat celcius.

Gunung Sindoro – 3.150 mdpl (Jawa Tengah)

gunung sindoro
sugengwasana.blogspot.com

Gunung Sindoro berada di dekat Temanggung, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 3.150 mdpl. Gunung Sindoro juga biasa disebut dengan Gunung Sindara. Nama gunung ini terispirasi dari kereta api argo Sindoro dengan rute Tawang – Gambir.

Gunung ini memiliki kawah yang tidak boleh didekati pengunjung karena baunya beracun. Dari puncak gunung ini kita bisa melihat puncak gunung lainnya di Jawa, seperti Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Lawu.

Gunung Merbabu – 3.142 mdpl (Jawa Tengah)

gunung merbabu
goodnewsfromindonesia.id

Gunung Merbabu termasuk gunung yang sering terdengar oleh masyarakat Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 3.142 mdpl dan berada di Jawa Tengah. Tepatnya di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang.

Gunung ini termasuk gunung yang direkomendasikan untuk kamu yang masih pemula untuk mendaki gunung. Gunung Merbabu tidak memiliki rute yang ekstrem untuk sampai puncak. Akses yang dilalui pun juga ada banyak. Rute ke Gunung Merbabu via Selo relatif lebih ramai dari pada rute lainnya.

Gunung Ceremai – 3.084 mdpl

gunung ciremai
sadayawalagri.wordpress.com

Gunung Ceremai berada di desa Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 3.084 mdpl. Banyak juga orang yang menyebut gunung ini Gunung Ciremai.

Dibalik cerita-cerita yang tidak enak mengenai Gunung Ceremai, ada banyak keindahan alam yang disajikan gunung ini. Termasuk fauna yang indah, yaitu banyak mekarnya bunga edelwiess. Biasanya para pendaki berburu sunrise di puncak gunung ini.

Penutup

Demikianlah daftar 15 lebih gunung tertinggi di Indonesia. Kalau kamu mau mencoba untuk mencapai ke puncak salah satu gunung disini, semoga lancar dan selamat sampai tujuan. Ingat persiapan fisik, mental, dan logistik itu penting.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Buat kamu yang ingin mengetahui informasi gunung tertinggi di dunia bisa baca disini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.