20+ Jenis Kurma yang Banyak Orang Tidak Tahu

Ada banyak jenis kurma yang ada di dunia. Kurma sendiri pada awalnya banyak dibudidayakan di negara-negara timur tengah, namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di berbagai negara termasuk di Indonesia. Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu apa saja jenis kurma yang ada.

Jenis Kurma

 

Berikut adalah jenis-jenis kurma berikut penjelasannya dan perbedaan masing-masing. Mulai dari warna, tekstur, rasa, cerita dibalik jenis kurma tersebut dan masih banyak lagi.

Kurma Ajwa

kurma ajwa
bobo.grid.id/

Kurma ini menjadi favorit banyak kalangan terutama jamaah Indonesia yang sedang pergi ke Arab saudi. Secara tekstur kurma ini lebih keras di luar tapi lembut ketika sudah dimakan. Kurma ajwa juga memiliki garis serat berwarna coklat. Oleh karena itu kurma ajwa memiliki serat yang tinggi yang baik untuk tubuh. Tidak sedikit juga orang yang tertukar kurma ajwa dan kurma yang lainnya.

Kurma ini pertama kali ditanam oleh Rasulullah SAW di tanah dekat dengan Masjid Quba, Madinah. Adapun nama ajwa diambil dari anak perempuan dari seorang mualaf yang mewakafkan lahan kurmanya untuk perjuangan islam. Ia adalah Salman al farisi. Untuk memberikan apresiasi atas apa yang salman al farisi lakukan, rasulullah saw memberikan nama kurma tersebut sesuai dengan nama anak perempuan salman al farisi.

Kurma ajwa sendiri termasuk jenis kurma yang paling populer karena banyaknya manfaatnya. Kurma ini juga pernah disebut dalam hadits nabi muhammad SAW yang inti dari hadistnya ialah khasiat kurma ajwa diantaranya mengatasi racun atau penawar racun dan menghilangkan sihir. Kalau di Indonesia kurma ajwa juga sering disebut kurma nabi.

Kurma Anbara

kurma anbara
palmyradelights.de

Kurma anbara terkenal dengan kurma yang dagingnya banyak namun bijinya kecil. Harganya cukup mahal juga. Kurma anbara termasuk jenis kurma yang sulit didapatkan karena kelangkaan pohon dan itulah kenapa kita sangat dianjurkan untuk memberikannya ke orang yang kita cintai dan kerabat-kerabat.

Kurma Sagai

kurma sagai
alibaba.com

Kurma saghai terkenal dengan dengan 2 warna dan teksturnya. Di ujung kurma ini berwarna keemasan dan sedikit kering, sementara sisanya berwarna coklat lembut. Makanya banyak orang yang menyebutkan bahwa kurma saghai memiliki warna kuning kecoklatan.

Kurma ini biasa dibudidayakan di Riyadh, ibukota Arab Saudi. Kurma ini juga memiliki rasa manis yang ringan dan memiliki tekstur yang kering dan agak keriput. Namun, kulit kurma ini jarang mengelupas.

Kurma Safawi

kurma safawi
palmtreeindia.com

Kurma safawi memiliki warna hitam manis dan berbentuk panjang oval. Memiliki tekstur luar yang kering dan keriput tapi memiliki daging yang lembab, kenyal, dan legit. Kurma ini sering dibudidayakan di Madinah. Kurma safawi lebih sering tersedia karena pohon dari kurma ini memiliki produktivitas yang baik. Salah satu kurma favorit orang banyak setelah kurma ajwa.

Kurma Deglat Nour

deglat nour kurma
nutsforyou.com

Mungkin banyak yang tidak sadar, banyak orang berbuka puasa dengan kurma jenis ini. Kurma deglet nour sangat populer di Indonesia, kurma ini biasa juga disebut kurma tunisia. Deglet nour sendiri berarti ratu kurma. Meski terkenal dari Tunisia, tapi tidak hanya negara tersebut yang memproduksi kurma tersebut, Algeria lah negara dengan produksi kurma deglet noor terbanyak.

Buah ini berbentuk oval dan berwarna coklat, biasa dijual bersama dengan tangkainya. Kurma ini memliki tekstur yang kering dan sedikit renyah serta memiliki rasa yang legit dan tidak terlalu manis.

Kurma Khalas

kurma khalas
liwadates.com

Khalas dalam bahasa arab berarti cukup atau selesai. Banyak orang mengartikan bahwa ketika kita makan kurma jenis ini, mungkin kita tidak ingin memakan kurma jenis lainnya lagi saking lezatnya.

Kurma Berhi Balah

kurma behri
madinadate

Kurma ini rata-rata memiliki warna coklat agak kemerah-merahan dan memiliki tekstur yang lembab dan lengket. Kurma ini berasal dari Al Qasim dan Al Kharj di Arab Saudi. Namun, banyak pembeli dari Indonesia yang membeli kurma jenis ini dari Uni Emirat Arab.

Kurma Khudry

kurma khudri
siafadates.com

Kurma khudry sangat banyak dicari orang-orang karena memiliki daging yang gemuk, ukurannya lebih besar, rasanya seperti karamel, dan memiliki tekstur kenyal. Kurma khudry berwarna coklat gelap kering dan manis. Kurma ini mengandung serat, kalium, magnesium, banyak vitamin dan mineral.

Kurma Madjoul

kurma medjool
thrivemarket.com

Tidak seperti kebanyakan kurma yang dibudidayakan di negara-negara timur tengah, kurma madjoul banyak diproduksi di Amerika Serikat. Kurma ini memiliki bentuk yang sangat besar, menjadi kita yang mengkonsumsi kurma ini dengan 1 kurma kita sudah kenyang. Kurma ini memiliki tekstur yang tidak keras saat digigit dan lembut.

Madjoul bisa dikonsumsi ketika basah atau kering tapi lebih sering ketika kering. Madjoul memliki warna coklat tua. Madjoul juga biasa dijadikan pemanis alami dalam sebuah masakan.

Kurma Khadwary

kurma khadwary
7hotdates.com

Kurma ini berasal dari Irak. Kurma khadwary memiliki kelembaban yang tinggi dan memiliki rasa yang lebih ringan karena mempunyai sedikit gula. Kurma ini memiliki daging merah keemasan tebal yang mengelilingi satu biji. Kurma ini jug aterkenal dengan tekstur yang lengket dan kenyal. Kurma khadwary memiliki kulit yang tipis dan cenderung kering.

Ketika kita mengigit kurma ini, akan meleleh dengan mudah di dalam mulu. Sifat itu juga yang membuat kurma khadwary mudah untuk dimasukan ke dalam adonan kue. Sangat cocok untuk menjadi penyedap rasa manis.

Kurma Thoory

kurma thoory
molvray.com

Kurma thoory sangat populer di Aljazair, dan di Indonesia pun sangat mudah untuk menemukannya. Kurma ini berwarna cokelat kemerahan dan memiliki kulit yang keriput. Rasanya manis, teksturnya agak keras hampir seperti kacang.

Kurma Zahidi

kurma zahidi
specialtyproduce.com

Kurma zahidi memiliki rasa agak manis dan pedas. Kurma ini memiliki warna emas dan memiliki tekstur kenyal namun kering. Kandungan gula dari kurma zahidi juga terbilang lebih kecil dibanding jenis kurma yang lain. Kurma ini juga sering menjadi pelengkap atau penyedap rasa di suatu makanan.

Kurma Sukkary

kurma sukkary
royalajwa.com

Kurma sukkary merupakan kurma yang terkenal karena favorit para raja. Kurma ini mempunyai warna agak keemasan dan memiliki tekstur yang lembut. Kurma sukkary sendiri mempunyai 2 jenis lagi, yaitu sukkary ruthab (basah) dan sukkary mufathal (kering). Kurma ini terutama yang ruthab memiliki khasiat untuk menambah stamina khusunya laki-laki.

Jenis Kurma Lainnya

  1. Shalaby
  2. Dairy
  3. Mabroom
  4. Wannanah
  5. Sefri
  6. Rushosdiah
  7. Berhi
  8. Muskany
  9. Wessali

Inovasi Kurma

kurma almond
joyofkosher.com

Kurma sendiri seiriing berjalannya jaman ada inovasi-inovasi yang diciptakan oleh berbagai orang di dunia. Berikut beberapa inovasi kurma yang mungkin kamu pernah makan atau konsumsi ketika berbuka puasa.

  1. Kurma dengan almond
  2. Kurma dengan kacang kenari
  3. Kurma dengan jambu mete
  4. Kurma dengan taburan wijen

Selain itu kurma juga bisa di olah jadi berbagai macam minuman dan makanan, seperti sari kurma yang sekarang sedang banyak dikonsumsi orang Indonesia.

Penutup

Demikianlah jenis-jenis kurma yang ada di dunia. Favorit kamu yang mana? Tenang saja hampir semua jenis kurma memiliki manfaat yang kurang lebih sama dan tentunya makanan sunnah untuk membatalkan puasa. Sekarang kamu pun juga bisa mencoba untuk menamam kurma di rumah kamu.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu tentang jenis kurma yang ada. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.