Liburan ke Singapura Part 2

Hai kamu, terimakasih sudah membaca pengalaman saya liburan ke Singapura Part 1. Disini saya akan melanjutkan petualangan saya di negeri sebrang. Saya bilang lagi kalau saya belum pernah ke luar negeri sebelumnya, dan mungkin ini bisa menjadi alternatif pembaca yang ingin melihat ketika saya yang awam ini keluar negeri.

First Impression Terhadap Singapore

singapura malam
www.galaxytourism.sg

Sepanjang perjalanan ke hotel selama kurang lebih 40 menit, mata saya tidak lepas untuk memperhatikan negara selain indonesia yang baru pertama kali saya datangi. Singapore, yang terpikir pertama adalah negara ini sangat-sangat bersih dan tertata. Tour guide kami dengan lugas langsung menjelaskan sejarah singkat Singapore beserta demografi yang ada di negara tersebut.

Kalau cuaca yaa tidak jauh beda dengan indonesia karena masih termasuk negara dekat khatulistiwa. Saya kagum dengan masyarakat di Singapore karena sangat tertib dalam hal apapun, dari berlalu-lintas sampai membuang sampah pada tempatnya. Ribuan orang datang ke Singapore untuk berlibur membuat sektor wisata merupakan ujung tombak bagi perekenomian Singapore.

hotel boss singapore
agoda.com

Bis pun sampai di hotel tempat kami menginap yang bernama Hotel Boss. Seperti kebanyakan hotel pada umumnya tidak ada yang terlalu spesial disini. Oh iya saya lupa ada yang spesial disini, ya! Disini itu bukan Indonesia tapi Singapore haha. Kami dibagi menjadi 2 orang per kamar dan kamar saya ada di lantai 7.

masjid hotel boss
mbakpotrehkoneng.blogspot.com

Di sebrang hotel ada masjid dan ternyata memang travel kami mencari hotel yang dekat dengan masjid untuk memudahkan beribadah. Saya pun solat disana dzuhur dan ashar jama’. Masjid tersebut adalah Masjid Malabar.

Ketika perjalanan ke masjid saya harus menyebrang dan di Singapore baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan sangat menghormati rambu lalu lintas. Jadi ketika lampu hijau untuk pejalan kaki menyala, saya menyebrang bersama orang-orang yang ingin ke sebrang jalan.

Soal makanan, ya ini saya sangat suka. Karena saya suka makan banyak dan saya suka coba-coba semua makanan, di hotel kami makan pagi-malam buffet jadi saya puas nambah berkali-kali. Saya tahu itu buffet dan semua lauk enak, strategi saya supaya ga terlalu kenyang adalah saya hanya ambil sedikit karbohidrat dan ambil banyak untuk lauknya. Lezat.

Jalan-Jalan Malam

singapore road
www.goodfreephotos.com

Pada malam hari saya mencoba untuk jalan-jalan malam untuk melihat bagaimana Singapore ketika malam hari. Ketika itu jam 12 saya dan teman saya coba keluar hotel dan jalan menuju ke bugis street. Sebelumnya kami sudah googling bahwa ditempat tersebut banyak barang yang dijual murah. Jarak hotel kami ke bugis street hanya 1km yang mana berarti kami hanya membutuhkan 10 menit jalan kesana.

Malam hari di Singapore terlihat sepi, tidak banyak orang yang masih bangun dan beraktifitas. Memang paling enak jika ke suatu daerah jalan-jalan dengan benar-benar jalan kaki ketika malam hari keliling daerah tersebut. Ada pemandangan tidak biasa, kami melihat ada lamborghini terparkir diluar. Setelah itu kami sempat melewati salah satu stasiun metro, kereta yang ada disana, masih ada orang yang keluar dari sana dan ketika melewati halte pun masih banyak orang yang masih menunggu bis.

bugis street
i.ytimg.com

Tidak terasa kami sampai di Bugis Street.Bugis Street pada malam itu tidak seperti yang kami bayangkan. Semua toko sudah tutup. Ya sudah tutup. Ketika saya lihat hape saya ternyata memang Bugis Street biasa hanya beroperasi sampai jam 10, kami kira 24 jam. Bugis Street tidak jauh seperti kita ke tanah abang, banyak toko-toko yang menjual berbagai souvenir namun tidak berlantai-lantai dan rata-rata turis beli oleh-oleh disini.

seven eleven
www.yelp.com.sg

Di perjalanan balik menuju hotel kami sempat mampir ke toko swalayan 24 jam. Saya menemani teman saya membeli mie dan rokok. Yang menarik disini adalah ini pertama kalinya saya berbicara bahasa inggris sama orang lokal yaitu penjaga toko tersebut dan juga adalah harga rokok di Singapore. 1 bungkus di Indonesia mungkin hanya 20 ribu dan di Singapore harga rokok ialah 15 SGD atau sekitar 160ribuan rupiah. Wow.

Saya tidak membeli apa-apa dan kami pun pulang ke hotel.

Ke Tempat Coklat

coklat merlion
tongsampah-herpoer.blogspot.com

Esok harinya kami akan melakukan perjalanan panjang mengelilingi Singapore dan berkunjung ke beberapa objek wisata yang ada disana. Patung Merlion, Garden By The Bay, dan Sentosa Island adalah tempat tujuan hari itu.

Pagi hari kami diajak ke sebuah toko coklat dan banyak yang belanja disana. Nah ternyata saya baru tahu kalau misal kamu mau membeli coklat jangan di tempat yang ditunjuk Tour Guide soalnya itu mahal dan mungkin si tour guide di titip oleh pemilik toko untuk kesana terlebih dahulu sebelum mengetahui tempat yang lebih murah. Bahkan di tempat itu kami bisa membeli dengan rupiah.

Tempat coklat tersebut tidak jauh dari hotel kami hanya 3 menit. Kadang saya merasa kasihan sama ibu-ibu yang borong coklat disitu karena ternyata harganya lebih mahal dari yang biasanya. Tapi mungkin mereka bawa uang lebih banyak ya bebas.

topi singapura
www.bugisstreet.com.sg

Tujuan kedua pun tidak jauh beda. Saya sempat beli topi dan jam tangan untuk oleh-oleh. Ternyata harga topi di toko tersebut lebih mahal daripada ketika saya beli di Mustafa Center di hari ketiga.

Here we go, saatnya kami berangkat ke tujuan pertama yaitu Patung Merlion.

River Cruise dan Patung Merlion

river cruise
klook.com

Perjalanan menuju ke Patung Merlion menggunakan jalur yang tidak biasa yaitu lewat jalur air. Ya kami berhenti di sebuah dermaga dan akan mengarungi River Cruise. Sungai yang mengelilingi kota Singapore dan melewati tempat-tempat penting di Singapore seperti Central Business District Singapore, Gedung MPR Singapore, Marina Bay Sands, dan berakhir di Patung Merlion.

Selama kira-kira 15 menit kami di River Cruise dan melihat kota Singapore dari sungai, akhirnya kami sampai di Patung Merlion. Yap tidak bisa dipungkiri lagi bahwa disana sangat banyak turis. Bisa dibilang kalau ke Singapore belum ke Patung Merlion itu belum lengkap. Namun, disela-sela banyaknya turis saya sempat foto dengan background Patung Merlion.

patung merlion
foto pribadi

Patung Merlion merupakan patung berbentuk singa yang melambangkan Singapore itu sendiri. Patung tersebut layaknya air mancur, air keluar dari mulut singa, dan banyak yang foto-foto seakan-akan dia meminum air yang keluar tersebut. Patung Merlion juga di kelilingi banyak gedung-gedung indah.

Setelah foto-foto kami makan siang di sebuah restoran yang mana menyajikan makanannya dengan buffet juga. Otomatis saya makan banyak lagi haha dan ada 1 makanan yang saya kira mie ternyata itu toge goreng. Perut pun kenyang dan kami naik bis ke orchard road untuk solat di Masjid Al Falah.

Masjid al falah
heartlandertourist.wordpress.com

Orchad Road terkenal dengan surganya bagi orang yang senang belanja. Disana banyak department store yang menjual barang branded. Bisa dibilang barang di daerah situ ternilai tinggi. Menjadi unik ditengah-tengah daerah tersebut ada sebuah Masjid yang menempati lantai 1 sebuah gedung. Itulah kenapa Masjid Al Falah di Singapore cukup terkenal.

Setelah solat kami melanjutkan perjalanan ke Garden By the Bay.

Lanjut ke Jalan-jalan singapore part 3.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.