Macam-Macam Bunga Hias Gantung yang Bikin Suasana Rumah Semakin Cerah

Artikel ini berisi tentang macam-macam bunga hias untuk memperindah rumah Anda. Selamat membaca.

macam macam bunga

Macam Macam Bunga Hias

Bagi para penggemar bunga hias, menempatkan bunga disekitar rumah merupakan hal yang menyenangkan. Ada banyak sekali bunga hias yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah. Salah satunya adalah bunga hias gantung. Bunga ini akan membuat suasana rumah menjadi lebih cerah.

Mau tahu jenis bunga hias gantung apa yang cocok untuk mempercantik rumah Anda? Ini dia macam-macam bunga hias gantung yang direkomendasikan.

1. Bunga Anggrek

bunga anggrek hias
unsplash.com

Ya, jika berbicara tentang macam-macam bunga hias gantung, pasti akan identik dengan bunga anggrek. Hal ini karena, penyuka jenis bunga gantung, pasti akan menjatuhkan pilihan pertamanya pada anggrek. Bahkan ada jenis anggrek yang menjadi nama bunga terlangka dan terindah di dunia.

Tak dapat dipungkiri memang, salah satu bunga hias gantung ini memiliki daya tarik tersendiri yang spesial dan elegan, sehingga akan membuat rumah Anda lebih segar, cerah dan ceria.

Diantaranya ribuan jenis bunga anggrek, apa yang cocok Anda pilih? Sebelumnya perlu diketahui, jenis bunga anggrek hias gantung ini mempunyai masa mekar yang lebih lama dibandingkan jenis lainnya, yakni masa mekarnya bisa mencapai 6 minggu.

Lebih dari itu, bunga anggrek ini, juga tak perlu banyak perawatan, bahkan mungkin Anda hanya menyiram dua hari sekali saja.

2. Bunga Geranium

bunga hias geranium
pixabay.com

Ya, jenis bunga hias gantung Geranium ini selalu dikaitkan dengan obat nyamuk, karena memang bunga Geranium memiliki aroma yang tak disukai oleh nyamuk. Nah, bunga yang sering dikenal juga dengan nama Crane’s Bill ini, bisa ditemukan di hampir seluruh dunia, namun sebenarnya berasal dari Afrika Selatan. Dengan demikian, bunga Geranium ini sangat cocok hidup di negara tropis seperti Indonesia.

Bisa tumbuh hingga mencapai 1,2, apa yang menarik dari jenis bunga gantung ini? Dengan memiliki stuktur bunga yang menarik, dimana bunga geranium memiliki banyak warna yakni putih, merah, merah mudah, ungu atau biru, tentu akan membuat rumah Anda semakin berwarna.

Selain itu, dikenal sebagai obat nyamuk, tentunya jika Anda menanam bunga Geranium ini, akan mencegah nyamuk masuk ke rumah bukan?

3. Zygocactus atau Schlumbergera Truncat

bunga hias kaktus
ecoorganicgarden.com.au

Zygocactus, merupakan macam bunga gantung yang masih satu famili dengan kaktus. Dengan begitu, jenis bunga hias gantung Zygocactus ini tentunya dapat tahan dan tumbuh dengan baik di cuaca yang panas. Bahkan, bunga hias yang satu ini juga tak butuh perawatan khusus, apalagi penyiraman setiap hari.

Apa yang menarik dari jenis bunga hias ini? Dari segi penampilan, Zygocactus ini memiliki tampil yang beda dengan jenis kaktus tandus, kering dan gersang. Sebab, bunganya yang bermekaran, memiliki corak dan warna yang lebih indah, dengan warna merah, putih, dan pink, atau bahkan kombinasi dari warna-warna tersebut.

Sedangkan untuk bentuknya, dengan tunduk ke bawah ketika mekar, tentu akan terlihat lebih cantik jika digantung di depan rumah.

4. Portulaca (Portulacaceae)

bunga hias Portulaca
www.limundo.com

Dikenal pula dengan sebutan Moss Rose, jenis bunga hias gantung Portulaca ini merupakan salah satu jenis bunga yang sangat membutuhkan sinar matahari serta hanya bisa hidup di tanah yang berpasir.

Meski demikian, bunga yang satu ini tidak membutuhkan perawatan khusus, atau bahkan harus sering disiram. Sehingga jenis bunga hias ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula dalam menanam bunga. Tertarik untuk menanamnya?

5. Million Bells

bunga hias Million Bells
statebystategardening.com

Ingin memiliki jenis bunga hias gantung yang akan selalu mekar setiap tahunan dengan jumlah yang banyak? Maka, pilih saja bunga Million Bells. Ya, seperti dengan namanya bunga Million Bells ini, ketika merak akan tumbuh dengan jumlah bunga yang banyak. Bahkan antara satu bunga dengan bunga lainnya hanya berjarak sekitar 1 inch saja.

Tak hanya itu saja, dengan daunnya yang berbentuk oval berwarna hijau menyalah, tentu akan membuat keceriaan semakin tampak jelas dengan kontras bunga yang berwarna kuning dan merah. Sehingga tak heran, jika Anda menanam jenis bunga hias gantung ini, nantinya di depan rumah akan ada kupu-kupu yang menari di bunga.

6. Bunga Petunia

bunga hias petunia
parkseed.com

Meski memiliki ukuran bunganya yang cukup kecil, namun jangan sampai melewatkan keindahan jenis bunga hias gantung Petunia ini. Sebab dengan bentuk daunnya yang berbentuk hati nan oval, mahkota bunga petunia ini tampil dengan kelopak tunggal ataupun ganda yang membentuk terompet cantik.

Sedangkan untuk warnanya, terdapat beberapa variasi warna seperti kuning, putih, ungu, merah, atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Dengan berbagai varian warna nan cantik ini, bagaimana jika dalam satu pot, Anda menanam seluruh varian warna? Tentu akan lebih cantik dan menarik bukan?

7. Lobelia White Fountain

bunga hias lobelia white fountain
benary.com

Salah satu dari sekian banyaknya macam-macam bunga hias, Lobelia White Fountain ini tepat dijadikan pilihan. Ya, dengan tampilan warna putih yang jernih nan padat, tentu suasana rumah akan menjadi lebih tenang dan santai. Apalagi dengan bentuknya yang seperti air terjun, maka suasana rumah akan lebih segar.

Tak hanya itu saja, dalam hal pertumbuhan, jenis bunga hias gantung ini mudah untuk dibudidayakan, bahkan dapat dibudidayakan melalui perpindahan media pot ataupun tanah. Tertarik ingin membudidayakan untuk dijual? Pasti Anda akan mendapatkan untung yang banyak.

8. Aeschynanthus Radicans, Si Bunga Lipstik Merah yang Cantik

bunga hias lipstik
gardengoodsdirect.com

Seperti halnya dengan namanya, bunga Lipstik Merah ini memiliki warna merah yang terang seperti lipstik. Untuk bagian kelopak bunganya, bila telah bermekaran akan terlihat bulu-bulu halus di dalamnya, sedangkan untuk waktu mekarnya sendiri, bisa mencapai 2 hingga 3 minggu.

Apa yang menarik dari bunga ini? Dengan bentuknya yang akan jatuh ke bawah pot, tentu mampu menciptakan keindahan di depan rumah, sehingga tak jarang jenis bunga hias gantung ini sering lebih dipilih oleh banyak orang. Tak hanya itu saja, bunga yang tahan dengan cuaca panas dan dingin ini, tak memiliki perawatan khusus lho.

9. Japanese Wisteria

bunga hias Japanese Wisteria
crocdn.co.uk

Bunga yang dapat mekar baik di musim panas ataupun semi ini tak butuh perawatan yang khusus lho. Apalagi dalam hal aroma, jenis bunga gantung yang cantik nan indah ini memiliki aroma seperti anggur lho. Bahkan dengan warna-warnanya yang cantik seperti pink, biru, ungu dan putih, tentu akan membuat suasana rumah semakin ceria.

Tak hanya itu saja, dengan sifatnya yang merambat naik, tentu bunga ini lebih indah bilang digantung di depan rumah, yang tentu akan membuat suasana semakin hidup dan segar.

10. Bunga Begonia

bunga hias begonia
shopify.com

Apakah Anda masih familiar dengan jenis bunga hias gantung ini? Bunga Begonia ini sebenarnya masih dekat dengan famili buah melon, labu dan timun. Sehingga tak heran, jika dilihat secara sekilas bentuknya akan terlihat sama. Selain itu, bunga yang berasal dari Afrika, Asia Tenggara dan Amerika ini, sangat cocok ditanam pada iklim tropis atau sun sub tropis, seperti Indonesia lho.

Tak hanya itu saja, saat ini jenis bunga hias gantung Begonia ini ada sekitar 1500 jenis yang sangat cocok ditanam di depan rumah. Nah, dengan bentuk daunnya yang oriental dan padat, serta variasi warna yang lebih menarik dan memikat, tak heran jika pecinta bunga hias rumah akan memilih jenis bunga ini.

Penutup

Itulah bunga-bunga yang bisa membuat rumah atau kamar Anda menjadi lebih indah. Dari macam-macam bunga hias gantung tersebut, mana pilihan Anda?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.