20+ Manfaat Sari Kurma yang Jarang Orang Ketahui

Sari kurma menjadi sebuah terobosan baru untuk melengkapi hidup sehat kamu. Artikel ini dibuat untuk kamu yang ingin tahu seputar sari kurma, dari mulai manfaat sari kurma, pengertian sari kurma, sampai cara membuat sari kurma. Selamat membaca!

Apa Itu Sari Kurma

pohon kurma
http://tentangpohonsurgawi.blogspot.com

Siapa yang tidak tahu kurma? Buah yang tumbuh di negara-negara timur tengah ini sangat populer terutama di negara-negara islam. Kurma memiliki pohon dengan ketinggian 15-20 meter. Untuk menanam kurma sampai panen diperlukan waktu 4-7 tahun dan dapat dipanen dari usia 7-10 tahun.

Kandungan di dalam kurma menjadikan buah ini menjadi makanan yang nyaris ada setiap harinya di negara-negara timur tengah. Coba saja kamu bayangkan, 100 gram kurma memiliki energi sebesar 280 kcal. Terdiri dari 75% karbohidrat, sisanya ada lemak, protein, air, vitamin c, maganese dan lain-lainnya.

Jenis kurma juga berbagai macam dan biasanya berbeda-beda harganya. Yang paling mahal dan paling banyak di cari orang biasanya adalah kurma ajwa atau biasa di kenal kurma nabi. Selain itu juga ada kurma yang lainnya dari berbagai negara di timur tengah.

DI Indonesia sendiri, sebagai dengan negeri dengan penduduk islam terbanyak, banyak masyarakat sini yang senang dengan kurma. Apalagi ketika bulan ramadhan datang, permintaan pasar akan kurma akan melonjak drastis. Memang, berbuka puasa dengan kurma merupakan sunnah nabi.

Saking tenarnya kurma di Indonesia, mulai banyak pohon kurma yang sudah tumbuh di tanah nusantara . Banyak juga orang-orang yang membuat berbagai olahan dari kurma. Kurma itu sendiri bisa dibuat berbagai olahan, dan olahan-olahan tersebut aman dikonsumsi karena terbuat dari kurma asli.

Salah satu olahan kurma dan sangat digemari masyarakat Indonesia adalah sari kurma. Sari kurma sendiri merupakan sebuah minuman dari olahan atau ekstrak kurma yang memiliki banyak manfaat dan bisa mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Sari Kurma

ceklis harian
pixabay.com

Ada banyak sekali manfaat yang terdapat di sari kurma. Saya akan menjabarkan manfaat-manfaat yang paling sering orang cari dari sari kurma :

Meningkatkan Stamina dan Energi

cara meningkatkan stamina
pixabay.com

buat kamu yang memilki kerjaan yang keras, buat kamu yang suka berolahraga, buat kamu yang sedang pusing-pusing, kamu sangat cocok untuk mengkonsumsi sari kurma. Manfaat sari kurma yang ini sangat berguna untuk meningkatkan produktifitas sehari-hari. Membuat kita lebih semangat, lebih segar, dan tidak mudah lelah.

Misal kamu dikantor sering mengantuk, atau lemas ketika berangkat kuliah, coba kamu mulai konsumsi setiap sebelum kamu melakukan aktifitas kamu. Juga buat kamu yang sedang sakit pusing-pusing sedikit, hidung beler, tidak ada kekuatan karena lemas, sari kurma akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Saya merasakan sendiri ketika saya sedang lemas dan sangat membutuhkan energi, saya cukup meminum satu sendok sari kurma, energi saya serasa kembali meningkat. Jadi saya kadang mengkonsumsi sari kurma setiap hari atau hanya ketika tubuh saya membutuhkan daya tahan tubuh yang lebih.

Menyembuhkan Deman Berdarah Dengue (DBD)

cara menyembuhkan dbd
pexels.com

Banyak orang Indonesia mengetahui manfaat sari kurma untuk DBD. Ini salah satu manfaat yang paling terkenal dari sari kurma itu sendiri dan sudah banyak yang membuktikannya. Kadang orang merekomendasikan kepada pasien DBD pun untuk mengkonsumsi sari kurma.

Sekarang kenapa sih sari kurma bisa membantu menyembuhkan DBD secara signifkan? Ternyata sari kurma memiiki manfaat untuk menambahkan trombosit darah yang mana sangat dibutuhkan bagi penderita DBD.

Salah satu indikator besar pada penyakit DBD adalah berapa jumlah trombosit di dalam tubuh. Semakin turun maka semakin parah bahkan bisa menyebabkan kematian, semakin naik berarti pasien tersebut bisa pulang kerumah.

Menurut penelitan Miftahul dkk yang berjudul Analisa Khasiat Kurma Terhadap Jumlah Trombosit Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD), pemakaian sari kurma ke pasien DBD berdampak signifikan untuk meningkatkan trombosit. Kalau bahasa kita nya, minum sari kurma pas kena DBD itu manjur untuk menyembuhkan.

Dipenelitian tersebut juga disebutkan kandungan pada sari kurma yang langsung menginkatkan jumlah trombosit yaitu sejumlah polisakarida penting seperti rhamnosa, arabinosa, xilosa, manosa, galaktosa dan glukosa karena merupakan bahan pembentukan granula trombosit pada megakariosit di sumsum tulang. Zat besi dalam sari kurma juga secara tidak langsung meningkatkan trombosit.

Kamu bisa melihat penelitannya disini.

Mengatasi Anemia

cara mengatasi anemia
pixabay.com

Anemia membuat tubuh kita mudah lelah, nafas memburu, sering sakit kepala, susah tidur dan wajah pucat.

Anemia terjadi karena kita kekurangan sel darah merah. Sel darah merah itulah yang berfungsi mengikat oksigen dan mengedarkannya bersama nutrisi ke seluruh tubuh. Salah satu kita pusing kepala ya karena kita kekurangan oksigen yang seharusnya diedarkan oleh sel darah merah.

Itu terjadi salah satunya karena kita kekurangan zat besi. Sari kurma mengandung zat besi yang membuat kita bisa menyembuhkan anemia kita. Zat besi adalah zat utama untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Kamu bisa mengkonsumsi sari kurma untuk mengatasi hal tersebut.

Sari Kurma Untuk Anak

sari kurma untuk anak
pexels.com

“Yang sayang anak yang sayang anak.” Bisa dibilang slogan itu sangat populer dan pesan itu tersirat sebuah perjuangan orang tua untuk memberikan yang terbaik untuk anaknya. Ya, orang tua selalu berusaha memberikan yang terbaik setiap kebutuhan anak dari materi sampai masalah kesehatan.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, sari kurma sangat berguna juga untuk daya tahan tubuh anak. Mereka akan lebih enerjik menjalani aktifitasnya, baik itu belajar disekolah sampai mengikuti les-les. Sari kurma sendiri adalah sebuah trobosan untuk mengatasi kesehatan anak. Berikut manfaat sari kurma untuk anak.

Sari kurma mengandung zat besi untuk mengatur kepadatan tulang pada anak-anak, sehingga memiliki tulang yang lebih baik. Untuk para ibu yang mempunyai anak dengan masalah sulit memahami pelajaran di sekolah, sari kurma bisa kamu minumkan ke anak kamu. Sari kurma membantu memaksimalkan kinerja otak yang tentu baik untuk otak si anak dalam memahai pelajaran.

Sari kurma juga bisa menjadi penambah nafsu makan untuk anak. Ini cocok sekali buat anak kamu yang susah sekali untuk makan dan otomatis sari kurma bisa menambah berat badan anak. Menstabilkan kejiwaan bagi anak, juga merupakan manfaat sari kurma untuk anak.

Dengan rasanya yang manis, sari kurma sangat mudah diterima oleh anak-anak. Ada juga berbagai cara penyajian yang menarik agar si anak ingin mengkonsumsi sari kurma. Kamu bisa tambahkan sari kurma di susu kesukaan mereka, atau kamu bisa oleskan sari kurma ke roti sebagai bekal mereka untuk dibawa ke sekolah.

Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

sari kurma untuk ibu hamil
pexels.com

Tentu kita semua tahu menjadi penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Kandungan sari kurma akan sangat membantu merealisasikan hal tersebut. Malah ada beberapa orang yang menyebut bahwa sari kurma ini wajib untuk ibu hamil. Sari kurma juga menjadi favorit ibu hamil karena memang tidak punya efek samping untuk kondisi janin.
Kebanyakan pada awal kehamilan para ibu hamil, susah untuk mendapatkan nafsu makan. Tentu kalau tidak ada makanan yang masuk, bisa bahaya untuk janin. Sari kurma bisa jadi solusi akan hal tersebut.

Sari kurma akan memproduksi hemoglobin yang memiliki peran untuk mengantarkan oksigen ke dalam sel-sel darah. Ketika ibu hamil memiliki hb yang banyak, maka kondisi ibu hamil akan tetap segar, sehat, dan terhindar dari penyakit anemia. Selain itu, ada kalsium yang terkandung di sari kurma bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang janin.

Pada saat ingin melahirkan, sari kurma juga dapat membantu proses persalinan. Ada beberapa hormon yang terkandung di sari kurma. Hormon oksitosin dapat merangsang kontraksi pada otot rahim. Ada juga hormon potuchin yang berfungsi mengikat rahim dan mengurangi pendarahan pasca melahirkan.

Pasca melahirkan sari kurma juga dapat berperan besar dalam menstabilkan kembali darah dan nutrisi dengan sempurna. Disaat menyusui juga sangat bagus untuk si bayi. Bayi akan mendapatkan kandungan yang ada di kurma lewat asi yang dikeluarkan ibu.

Menghilangkan Sambelit, Keracunan, dan Diare

menghilangkan sakit perut
tipstrik-berguna.blogspot.com

Sembelit menyebabkan kita sulit untuk buang air besar karena kita merasakan ketidaknyamanan diperut. Sari kurma sangat kaya akan serat yang sangat berguna untuk melancarkan kotoran yang susah keluar dari dalam perut.

Sari kurma juga efektif untuk kamu yang sedang keracunan. Sari kurma mampu untuk menetralisasi racun yang sedang menyerang tubuh kamu.

Diare bisa disebabkan macam-macam alasan. Kamu bisa terkena diare karena infeksi kuman, keracunan makanan, dan stess. Sari kurma mengandung kalium yang secara efektif akan meredakan diare.

Manfaat-manfaat Sari Kurma yang Lainnya

Selain manfaat-manfaat populer diatas, sari kurma masih mempunyai manfaat lain yang tak kalah baik untuk tubuh kita. Disini saya akan sebutkan secara singkat manfaat sari kurma berdasarkan tujuannya. Untuk mengatasi atau mencegah penyakit, untuk merawat tubuh, dan untuk meningkatkan produktivitas.

Sari Kurma Untuk Mengatasi atau Mencegah Penyakit

  1. Menetralkan sistem pencernaan, Mencegah penyakit susah BAB, Memperlancar saluran kencing
  2. Kesehatan Jantung dan Mencegah Stroke
  3. Mengatasi wasir
  4. Mencegah dan mengobati stroke
  5. Mencegah tubuh dari kanker
  6. Mencegah diabetes
  7. Mencegah hipertensi
  8. Membunuh bakteri dengan baik
  9. Mengatasi reumatik
  10. Menghilangkan Alergi

Sari Kurma Untuk Merawat Tubuh

  1. Memperlambat penuaan tubuh
  2. Menyehatkan kulit lebih lembut dan memiliki asupan nutrisi baik untuk kulit sehingga menjaga kulit tetap sehat
  3. Membantu pertumbuhan tulang dari kekurangan kalsium, Menjaga Kesehatan dan Memperkuat Tulang
  4. Menjaga kesehatan otot
  5. Menebalkan rambut

Sari Kurma Untuk Meningkatkan Produktivitas

  1. Meningkatkan daya ingat
  2. Mengobati insomnia
  3. Menghilankan lesu dan letih
  4. Mengobati dan mengatasi Anemia
  5. Memelihara dari kerabunan, Menjaga mata tetap sehat
  6. Meningkatkan vitalitas, Meningkatkan Stamina Seksual dan Kesuburan
  7. Mencegah Kolesterol Jahat
  8. Dapat dijadikan sebagai antioksidan

Harga Sari Kurma

Buat kamu yang ingin membeli sari kurma dan ingin tahu harganya bisa cek link di bawah ini. Ada dua merk yaitu sari kurma HPAI dan sari kurma sahara.

Jual Sari Kurma

Kandungan Sari Kurma

kandungan kurma
muslimobsession.com

Mineral

  1. Zat besi
  2. Fosfor
  3. Kalium
  4. Kalsium
  5. Natrium
  6. Magnesium
  7. Seng

Vitamin

  1. Thiamin
  2. Folat
  3. Niasin
  4. Vitamin A
  5. Vitamin K
  6. Riboflavin

Cara Membuat Sari Kurma

cara membuat sari kurma
pexels.com

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sari kurma menjadi sebuah olahan kurma favorit orang Indonesia karena berbagai manfaatnya. Kamu bisa memproduksi sendiri dirumah kamu.

Ternyata untuk membuat sari kurma sendiri cukup mudah. Kamu juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu : memproduksi sari kurma sendiri tidak memelurkan biaya yang mahal, lebih alami, dan bisa memproduksi sesuai kebutuhan. Beginilah salah satu cara untuk mengolah kurma menjadi sari kurma.

Persiapan

Kamu harus menyiapkan hal-hal berikut :

  1. Kurma secukupnya
  2. Blender
  3. Panci
  4. Press buah
  5. Campuran fruktosa dan glukosa

Proses Pembuatan

Cara pembuatan sari kurma :

  1. Rendam kurma di dalam air selama kurang lebih 1 malam.
  2. Keluarkan biji kurma dan ambil daging kurmanya saja.
  3. Kurma tanpa biji tersebut kemudian diblender sampai halus.
  4. Kurma yang sudah halus itu dipress sampai mengeluaran air sari kurma.
  5. Lakukan proses memeras kurma berkali-kali dan sesekali dibantu serta ditambahkan air.
  6. Air sari kurma tersebut kemudia dimasak untuk mengurangi kadar air yang terkandung disana. Tidak perlu lama-lama.
  7. Tambahkan fruktosa dan glukosa untuk menambah kandungan gizi dan rasa manis.
  8. Sari kurma sudah siap untuk dikonsumsi.

Dosis Sari Kurma

Tentu semua yang berlebihan itu tidak baik. Maka disini saya akan memberitahu dosis dari sari kurma dan kapan sebaiknya sari kurma dikonsumsi :
1. Dewasa. 3 kali sehari 1 sendok makan.
2. Anak-anak 3 kali sehari ½ sendok makan.
Sari kurma dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Waktu yang baik untuk mengkonsumsi sari kurma adalah masing-masing pada pagi hari, sore hari dan sebelum tidur.

Penyajian Sari Kurma

Biasanya sari kurma dikonsumsi dengan dituangkan ke sendok, lalu diminum. Tapi ada beberapa orang yang kreatif dan juga ingin mencari hal baru dalam mengkonsumsi sari kurma.

Kamu bisa menambahkan sari kurma ke makanan-makanan kamu terutama untuk menambah rasa manis. Kamu bisa coba sari kurma menjadi selai roti untuk sarapan. Kamu juga bisa mencampur sari kurma ke susu agar memiliki variasi rasa. Minuman-minuman lain juga cocok untuk ditambahkan sari kurma, seperti teh, sirup, bahkan minuman kemasan seperti hop-hop, chattime.

Sari kurma bisa menjadi alternatif sehat untuk menambah rasa manis ke setiap resep makanan kamu.

Kurma Menurut Islam

Di dalam Al-qur’an, pohon kurma disebut sebanyak dua puluh kali. Diantaranya saya akan beri terjemahan ayat yang menyebut kurma.

“Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.” (QS. Ar-Rahman: 11)

“Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun.” (QS. Qaaf: 10)

Ayat tentang kurma dapat kamu temui sendiri di dalam Al-Qur’an di surat : Ar-Rahman: 11;  Al-Qaf:10 ;  Yaasiin: 67 ;  Ar-Ra’du: 4 ;  Maryam: 25-26 ;  Maryam :23;  Al-Baqarah: 266;  Al-An’am: 99;  Al-An’am: 141;  An-Nahl: 11;  An-Nahl: 67;  Al-Isra’: 91;  Al-Kahfi:32;  At-Taha: 71; Al-Mu’minun: 19;  Yaasiin: 34;  Qamar: 20;  Ar-Rahman: 68;  Al-Haaqah: 7 dan ‘Abasa: 29.

Saking banyaknya penyebutan kurma di Al-Quran, sudah cukup untuk menjelaskan bahwa begitu penting buah ini untuk kehidupan manusia. Kurma memiliki banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan manusia.

Setidaknya ada 3 dari banyak manfaat kurma menurut hadits :

  1. Memakan 7 buah kurma dapat menangkal racun dan sihir
  2. Kurma Ajwa berasal dari surga dan dapat mengobati racun
  3. Kurma mencegah pemiliknya dari kelaparan

Nabi SAW sendiri makan kurma dengan penyajian yang kreatif. Nabi pernah makan kurma bersama keju, pernah dicampur dengan mentimun, dan pernah dicampur dengan semangka.

Penutup

Sari kurma merupakan sebuah solusi alternatif yang memiliki banyak manfaat untuk mengatasi banyak problem tentang kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam melakukan hidup sehat. Saya doakan buat kamu yang sedang sakit atau tidak enak badan untuk segera sembuh, jangan lupa berdoa sebelum meminum sari kurma. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.