Inilah Motivasi Sukses dan Cara Untuk Menjadi Orang Sukses

Motivasi Sukses – Siapa yang tidak mau sukses dalam hidupnya? Namun berapa banyak orang yang ingin memperjuangkan hidupnya untuk sebuah kesuksesan? Kebanyakan orang ingin sukses tapi tidak mau berjuang dan tidak punya motivasi. Ada juga orang yang sudah dapat motivasi tapi tidak tahu cara-caranya untuk mencapai kesuksesan. Disini saya kan berbagi sedikit motivasi dan cara untuk menjadi orang sukses, selamat membaca!

Motivasi Sukses

motivasi sukses
unsplash.com

Motivasi sukses tiap orang sangat berbeda-beda. Ada yang karena orang tua, ada yang ingin mencapai sesuatu, ada yang ingin membuktikan kepada orang-orang yang meremehkan bahwa dia bisa sukses, dan lain-lain.

Ada beberapa cara untuk menemukan motivasi, salah satunya adalah membuat tujuan yang jelas, disini saya akan beri tips buat kamu yang masih bingung membuat tujuan :

Apa Cita-Cita atau Tujuan Kamu?

cara menentukan cita-cita
pixabay.com

Kamu harus buat tujuan yang ingin kamu capai. Tujuan-tujuan tersebut akan membantu kamu untuk tetap didalam jalur kesuksesan. Itu juga bisa membuat kamu semangat lagi ketika sedang malas atau sedang down.

Ingat impian yang besar dimulai dengan satu langkah kecil, mulai dari sekarang untuk menuju kesuksesan yang besar. Kamu juga harus benar dalam menentukan tujuan, karena kalau rencana kamu tidak baik, bisa dibilang kamu merencanakan untuk kegagalan.

smart goal
aberrantcrossfit.com

Disini saya akan memberi sedikit tips untuk membuat tujuan yang benar. Di setiap tujuan kamu harus mempunyai unsur SMART :

Specific, buat goal yang spesifik jangan terlalu umum dan general.

Measurable, goal kamu bisa terukur, dengan kemampuan kamu, materi, lingkungan kamu dan lain-lain.

Achiveable, buat goal yang kira-kira bisa kamu capai

Realistic, goal kamu harus realistis, jangan terlalu berimajinatif yang susah untuk dicapai

Timely, tentukan kapan waktu yang jelas di setiap goal-goal kamu untuk terealisasi

menentukan tujuan
pexels.com

Cara membuat tujuan juga bisa dibagi tiga bagian berdasarkan waktu targetnya. Berikut 3 jangka waktu yang kamu harus membuat tujuan disetiap jangka waktu tersebut:

Long Term Goal

Buat goal yang kira-kira untuk 10-20 tahun kedepan, kamu mau jadi apa, mau berpenghasilan berapa, punya apa saja, bisa berkontribusi apa saja untuk masyarakat. Sifatnya jangka panjang.

Short Term Goal

Buat goal untuk 3 bulan-1 tahun, untuk mencapai cita-cita jangka panjang kamu, kamu harus melakukan apa. Tidak usah muluk-muluk yang penting kamu bisa capai.

Daily Goal

Buat to do list perhari, buat 3 objektif perhari tentang apa yang mau kamu lakukan. Dan kamu harus berkomitmen untuk menyelesaikan 3 objektif tersebut pada hari itu.

Jangan terlalu terburu-buru dalam menentukan tujuan kamu, tapi jangan terlalu lama juga karena yang terpenting itu adalah eksekusi dari setiap rencana yang telah kamu buat untuk mencapai tujuan tersebut.

mimpi besar
pixabay.com

Tetapkan Tujuan Besar

Sekarang coba pikirkan satu motivasi terbesar yang bisa membuat kamu terpicu untuk sukses. Sekali lagi bisa saya ingatkan contoh bisa karena orang tua, materi, dan hal-hal lainnya. Saya akan beri waktu buat kamu berfikir sebentar.

Sudah dapat motivasinya? Tanamkan dalam diri, karena motivasi tersebut yang akan menjaga kamu untuk selalu komitmen untuk menjadi orang sukses. Kalau perlu tempel motivasi-motivasi tersebut di dinding kamar agar setiap kamu terbangun dari tidur kamu teringat lagi apa tujuan kamu dan kembali bersemangat.

Jika kamu sudah pernah mencoba namun gagal, gagal itu wajar, lebih baik gagal daripada kamu tidak melakukan apa-apa. Ketika kamu merasa gagal, tidak apa-apa setidaknya kamu sudah berusaha. Pasti banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari setiap kegagalan kamu. Hal paling penting dari kegagalan adalah bagaimana kamu bangkit lagi.

 

Cara Menjadi Orang Sukses

cara menjadi orang sukses
pixabay.com

Motivasi saja tidak cukup kalau tidak ada aksi yang nyata. Kita butuh langkah-langkah yang kongkrit tiap tahun, tiap bulan, bahkan tiap harinya untuk mencapai kesuksesan. Berikut ini cara untuk menjadi orang sukses.

Saya akan membagi tips dan cara untuk menjadi orang sukses ke dalam 3 bagian besar. Yaitu sifat yang biasanya orang sukses miliki, kebiasaan orang-orang sukses, dan hal teknis untuk bisa menjadi sukses.

Sifat yang Biasanya Orang Sukses Miliki

sifat orang
unsplash.com

Integrity, jujur itu adalah kunci. Orang kaya banyak, tapi tidak semua dari mereka jujur. Jujur itu mahal dan ketika kamu bisa menjadikan jujur menjadi nilai utama di diri, kamu akan mudah dengan mendapat kepercayaan orang lain.

Attitude,memiliki attitude yang baik. Orang akan senang atau tidak karena attitude kita. Percuma kalau kamu memiliki skill yang mumpuni tapi punya attitude yan kurang baik.

Passion, menemukan passion. Cintai apa yang kamu lakukan, apa yang kamu kerjakan, karena dengan itu kamu akan berusaha lebih keras namun senang.

Creativity, memiliki pikiran yang kreatif. Untuk era sekarang yang serba fleksibel, memiliki pikiran yang out of the box adalah salah satu nilai plus. Orang-orang seperti ini akan memunculkan inovasi-inovasi untuk kemajuan umat manusia.

Kind, 3 kata ajaib. Berbuat baiklah kepada tiap orang. Simplenya ada 3 ajaib yang mestinya kamu sering ucapkan yaitu, tolong maaf terimakasih.

Setiap kamu ada keperluan yang mengharuskan orang lain membantu kamu, biasakan diawali dengan kata tolong. Setiap kamu berbuat salah sekecil apapun itu, cobalah untuk bilang maaf. Setiap orang yang sudah membantu kamu sekecil apapun itu, bilanglah terimakasih.

Mungkin ini sepele tapi berdampak besar dan juga dapat memberikan energi positif bagi yang menerima.

Humility, selalu rendah hati. Ketika kamu sudah diatas, tetaplah rendah hati, jangan sombong. Jangan merasa lebih pintar dari orang lain. Hormati yang lebih tua, hormati yang memiliki ilmu lebih banyak, berbagi buat yang belum tau, bina yang lebih muda. Jangan pelit ilmu, berbagilah kepada orang-orang.

Mengenali Diri Sendiri, mengerti kelebihan dan kekurangan diri. Ketika kamu mengetahui hal tersebut, kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan dengan diri kamu. Bagaimana memaksimalkan kelebihan kamu dan apa solusi-solusi untuk kekurangan kamu.

Professional, profesional dengan segala macam urusan. Berusahalah profesional dengan setiap tugas kamu, jika sedang ada masalah jangan sampai menganggu profesionalitas kamu. Kamu harus benar menyikapi berbagai urusan dengan tidak mencampur adukan yang tidak harusnya dicampur.

Brain, berwawasan luas. Belajar lah tiap hari, karena belajar tidak mengenal waktu dan tempat. Bacalah buku-buku atau e-book atau artikel-artikel di internet yang akan membuat kamu mendapatkan ilmu baru. Dengan memiliki wawasan yang luas, kamu akan mudah untuk bersosialisasi dengan berbagai tipe manusia dan ini sangat berguna untuk kerjaan atau bisnis kamu.

Networking, punya relasi yang baik. Perluaslah relasi kamu, kenalan dengan banyak orang, ikut komunitas dan pelatihan-pelatihan. Siapa tahu dia yang kamu kenal suatu hari nanti akan membantu kamu.

Open-minded, memiliki pikiran yang terbuka. Jangan merasa kamu sendiri cukup untuk menyelesaikan sesuatu. Jangan sampai juga pikiran kamu menjadi batas yang membuat kamu tidak maju. Semua permasalahan cobalah untuk dari berbagai sudut pandang, dengar dan lihat semua saran atau pendapat berbagai orang.

Konsisten & Tahan Banting. Tiap melakukan sesuatu tidak perlu muluk-muluk dan sampe kerja banting tulang. Cukup sewajarnya tapi konsisten, jadi jangan semangat diawal saja ketika melakukan sesuatu. Ketika kamu konsisten, itu akan menjadi kebiasaan baru buat kamu, melatih diri kamu untuk berkomitmen pada suatu tujuan.

Langkah Kongkret Untuk Sukses

orang jalan
unsplash.com

Memilih Pendidikan Sesuai Minat dan Bakat

Kebanyakan orang bingung ketika lulus SMA mau kuliah apa. Ini menjadi penting karena kalau dari awal kamu udah bisa menemukan jurusan yang tepat buat kamu, bisa mempercepat kesuksesan kamu. Cara mencari minat bakat kamu bisa tanya diri kamu sendiri, kamu paling senang ke pelajaran apa atau paling senang ketika lagi melakukan apa. Bisa juga dimulai dengan mengenal diri sendiri.

Tidak sedikit juga orang yang salah jurusan tapi sukses-sukses saja. Biasanya mereka kuat dikegiatan diluar perkuliahan. Seperti mereka mengikuti sekolah informal, pelatihan, workshop, seminar yang sesuai dengan minat mereka masing-masing.

Bersahabat Dengan Resiko

Resiko merupakan hal yang harus dihadapi bukan untuk ditakuti. Coba lah untuk bertanggung jawab dengan resiko-resiko yang akan kamu dapat, karena pasti kamu dapat banyak pelajaran dari pengambilan keputusan yang penuh resiko. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman kamu ketika kamu ingin mendapatkan sesuatu yang lebih. Jangan merasa puas ketika kamu sudah mendapatkan sebuah pencapaian, kejar yang baru lagi, ambil resiko lagi.

Mampu Mengatur Keuangan

Ketika ingin menjadi sukses, menjadi penting sebuah kemampuan mengatur keuangan. Meski belum terlalu dalam skala yang besar, mulai lah atur keuangan kamu dari hal-hal sederhana. Misal pengeluaran apa dalam satu hari ini dan kamu list. Kamu harus menentukan budget perbulan kamu untuk makan atau transportasi atau belanja kebutuhan pangan, dan jangan lupa sisihkan dana tak terduga.

Mencari Mentor

Mendapatkan mentor yang cocok dengan passion dan kerjaan kamu bisa menjadi jalan pintas untuk sukses. Kamu tinggal ikuti saja caranya, kenapa dia bisa sampai ke titik tersebut. Kalau kamu dapat mentor, kamu tahu lobang-lobang kesalahan yang sudah dilalui si mentor. Otomatis meminimalisasi kamu untuk jatuh di lobang yang sama.

Menggunakan Tabungannya Untuk Investasi

Orang-orang kaya menggunakan uang yang dia punya kebanyakan untuk investasi. Mereka jarang menyimpan begitu saja uang mereka di bank. Karena dengan investasi, uang kamu akan bertambah sementara kalau kamu cuma menabung, uang kamu tidak akan bertambah, malah berkurang akibat biaya admin perbulan dan sebagainya.

Investasi menjadi penting karena setiap tahun pasti ada inflasi yang dialami negara. Membuat barang-barang perlahan naik, dan inflasi ini susah untuk kita tiadakan. Salah satu cara melawannya adalah dengan investasi. Berikut investasi yang saya rekomendasikan untuk kamu terutama yang masih muda.

  • Emas

Harga emas akan selalu naik, ini sangat cocok buat kamu yang ingin berinvestasi jangka panjang. Sisihkan sebagian gaji perbulan untuk membeli emas. Entah itu 200ribu sebulan atau 500ribu perbulan dan seterusnya.

Ketika kamu misal konsisten selama 5 tahun, kamu akan mendapatkan profit yang lumayan sekaligus jadi tempat menabung. Iya benar, kalau bisa jangan menabung di bank, putarlah duit dari penghasilan kamu jadi investasi agar bisa bertambah. Untuk lebih detailnya kamu bisa baca di artikel cara investasi emas.

  • Reksadana syariah

Untuk membuka rekening reksadana kamu cukup perlu mengeluarkan sebesar 100ribu. Pastikan reksadana yang ingin kamu pakai reksadana syariah. Sama seperti emas, reksadana termasuk low risk but low return. Ini untuk investasi jangka panjang. Kamu cukup duduk manis dirumah, mengerjakan aktifitas kamu sehari-hari dan menyisihkan uang untuk di taruh di reksadana.

Nanti manajer investasi akan mengatur uang kamu. Sama seperti emas, sisihkan lah berapa persen dari penghasilan perbulan kamu untuk disetor ke reksadana. Tentukan juga kamu mau investasi berapa lama, misal 3 tahun atau 5 tahun.

Hindari Kartu Kredit

Alasan paling kuat untuk menghindari kartu kredit adalah menghindari sifat konsumtif. Yap, biasanya orang akan membeli ini itu dengan kartu kredit. Mereka akan menjadi konsumtif, padahal pemasukan tidak seberapa. Gaji akan selalu habis untuk membayar tagihan di akhir bulan.

Kebiasaan Orang Sukses

kebiasaan orang sukses
unsplash.com

Dekat Dengan Orang Tua

Orang tua adalah pintu awal untuk meraih kesuksesan. Doa mereka sangat-sangat manjur. Kamu harus selalu memperhatikan mereka, merawat mereka, mengabarkan mereka ketika jauh, minta doa, menyenangkan hati mereka. Kadang orang tua tidak perlu materi dari kita, ketika mereka sudah tau apa yang sedang kita kerjakan, kita sukses, kita bisa mengabari mereka, kita bisa curhat kepada mereka, mereka akan bahagia.

Buat kamu yang sekarang kurang dekat dengan orang tua, kamu bisa kembali memperbaiki hubungan dengan mereka. Cobalah untuk menelpon mereka tanya kabar, cerita ke mereka apa yang telah kamu lakukan, minta doa. Minta doa sangat penting. Mungkin sampai saat ini kamu belum sukses pun gara-gara ada yang salah dengan hubungan kamu dengan orang tua.

Rajin Ibadah

Ketika ingin mendapatkan rezeki, dekatkanlah diri ke Yang Maha Pemberi Rezeki. Kewajiban ibadah harus dijalankan, sunah-sunah kalau bisa dijalankan. Apa lagi buat kamu yang lagi mencari nafkah, shalat dhuha itu penting.

Membaca

Mungkin jaman sekarang, apalagi anak muda, banyak yang belum suka untuk membaca. Budaya membaca sangat kental dikalangan orang-orang sukses. Dengan membaca kamu bisa mendapatkan ilmu lebih dari seluruh penjuru dunia.

Membaca hal-hal positif secara tidak langsung bisa memicu diri kamu untuk terus melakukan hal positif. Kamu juga bisa membaca biografi orang sukses untuk mengetahui bagaimana perjuangan mereka dalam merain kesuksesan.

Olahraga

Sukses bukan soal materi, ketika kamu mendapatkan kesahatan jasmani, itu merupakan juga sukses kamu. Kesuksesan dalam kesehatan menjadi penting, tidak sedikit orang mengabaikan kesehatan dan kebugaran mereka demi mengejar materi. Rapat sana sini, pulang larut malam, tidak tidur, berangkat pagi-pagi, tapi sama sekali tidak menyishkan waktu untuk olahraga adalah satu langkah yang kurang tepat. Jangan sampai ketika kamu memiliki materi yang sudah banyak tapi di masa tua kamu habiskan untuk biaya kesehatan kamu.

Jangan Gengsi

Sukses bukan ketika kamu bisa membawa mobil keren punya orang tua, sukses itu bukan ketika gaya kamu modis dan klimis, sukses bukan ketika kamu makan ditempat-tempat hits, sukses bukan soal penampilan dan pencitraan.

Jangan pernah gengsi dengan hidup kamu, tampil adanya. Jangan malu hidup susah, jangan sungkan untuk menolak ajakan main dari teman kamu, jangan menyesal ketika kamu tidak dapat bersenang-senang.

Semua pengorbanan kamu akan menjadi sebuah akumulasi yang bisa kamu lakukan ketika kamu sukses. Ketika kita makin sukses, kita akan hidup lebih sederhana, lebih sering berbagi, dan dapat banyak membahagiakan orang sekitar.

Apresiasi Diri

Ini sangat-sangat penting tapi banyak orang yang tidak melakukannya. Yap apresiasilah diri kamu karena diri kamu butuh dan sangat membutuhkan hal tersebut. Buatlah apresasi-apresiasi kecil ketika kamu misal dalam 3 hari mencapai target penjualan kamu, atau kamu menyelesaikan tugas-tugas kuliah kamu. Apresiasi bisa dalam bentuk apapun, bisa nonton, bisa main game, bisa beli es krim dan lain-lain.

Buat juga apresiasi besar ketika kamu berhasil mencapai target-target kamu dalam 6 bulan atau 1 tahun. Kamu bisa pergi berlibur ke tempat-tempat di Indonesia, ke luar negeri, atau kemana pun itu. Kamu bisa membeli barang favorit yang sudah lama kamu idam-idamkan, yang berguna untuk menyenangkan diri sendiri.

Bersyukur

Ucapkan rasa syukur setiap kita berhasil mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, setiap kita berhasil mencapai target-target kecil dan besar kita. Karena kalau kita bersyukur, kita akan merasa cukup dan rezekinya akan ditambah lagi. Ucapkan lah Alhamdulillah. Bersyukurlah setiap hari baik itu hari yang baik atau tidak baik, karena setiap yang baik dan tidak baik kita pasti dapat hikmahnya.

Senyum

Mungkin gerakan senyum hanya melebarkan mulut kita 2 cm kanan 2 cm kiri, mungkin gerakannya sangat simple dan cepat. Namun memiliki dampak yang sangat luar biasa. Ketika kamu biasa tersenyum ke orang lain, kamu bisa dapat menyenangkan orang tersebut. Bahkan senyum merupakan ibadah. Kamu bisa menyebarkan energi positif dari senyum. Sapalah setiap orang yang kamu temui dengan senyum. Siapa tahu kamu bisa menjadi alasan semangatnya orang tersebut dalam menjalani hari. Share positive vibes only 🙂

Penutup

kerjasama
unsplash.com

Saya membuat artikel ini dengan maksud untuk memotivasi diri saya juga untuk sukses. Semoga artikel motivasi sukses ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan hidup yang berkualitas. Tidak usah muluk-muluk sampai memaksakan melakukan semua yang telah disebut, tapi cobalah sedikit demi sedikit, perlahan-lahan untuk melakukan hal-hal itu. Selamat berjuang teman-teman!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.