8 Nama Bunga Terindah dan Terlangka di Dunia Ini Wajib Anda Ketahui

Artikel ini berisi nama nama bunga yang paling indah dan paling langka yang ada di dunia ini. Ternyata ada loh bunga seperti ini. Selamat membaca.

nama bunga

Nama Nama Bunga Langka

Nama bunga yang ada di daftar ini ternyata sangat indah dan beberapa harganya sangat mahal karena langka. Bunga-bunga dibawah juga bagus untuk mempercantik rumah anda dengan berbagai macam warna dan bentuknya.

1. Gloriosa Superba

nama bunga Gloriosa Superba
worldoffloweringplants.com

Asing dengan nama bunga ini? Bunga gloriosa superba atau bila di Indonesia disebut dengan kembang sungsang ini, masih satu spesies dari genus Gloriosa. Adapun spesies lainnya dari anggota gloriosa superba ialah gloriosa simplex L, baudii, modesta, serta masih banyak lainnya.

Bunga Gloriosa superba merupakan salah satu jenis bunga yang hanya bisa tumbuh di kawasan tropis saja. Sehingga tak heran, jika bunga ini tumbuh di sekitar kawasan Afrika hingga Asia. Meski demikian, bunga yang satu ini juga bisa hidup di kawasan yang cukup kering.

Untuk cara pertumbuhannya sendiri, yakni dengan cara merambat serta mempunyai umbi. Nah, umbinya ini, mengandung kolkisina yang merupakan toksin berkhasiat bagi pengobatan, seperti untuk mengobati rematik, bisul, hingga panas tinggi.

Tak hanya itu saja, bunga Gloriso Superbe ini masuk ke dalam daftar nama-nama bunga terindah di dunia lho! Bahkan, dijuluki sebagai salah satu flora yang termahal dan terlangka di dunia, karena untuk menemukannya sangat sulit, bahkan akan bisa dijual hingga ratusan juta rupiah.

2. Juliet Rose

nama bunga juliet rose
etsy.com

Apakah Anda asing dengan bunga yang satu ini? Tentu tidak bukan? Yaps, kembang yang kerap dikaitkan dengan simbol cinta ini, memiliki bunga dengan warna merah, dan bagian tangkainya berduri.

Juliet rose atau disebut juga dengan mawar merah, merupakan bunga yang dibudidayakan pertama kali oleh David Austin, yang merupakan pemula mawar sekaligus dan penulis asal Shropshire, Inggris. Bunga yang mempunyai kelopak dengan bentuk tak biasanya ini, mulai dikenalkan pada publik di tahun 2006, pada ajang Chelsea Flower Show.

Namun sayangnya, jenis bunga mawar yang satu ini tak dapat mekar di sembarang tempat. Bahkan, Anda bisa membutuhkan sekitar belasan tahun untuk melihat merekahnya, sehingga tak heran, dengan sulitnya merawat juliet rose ini, untuk membudidayakannya bisa mencapai Rp200 miliar lho! Jadi tak heran jika juliet rose dikatakan sebagai salah satu bunga yang terindah dan termahal di dunia.

3. Shenzhen Nongke Orchid

nama bunga Shenzhen Nongke Orchid
wallsdesk.com

Membahas nama bunga, tak lengkap rasanya bila bunga anggrek tak masuk dalam pembahasan. Yaps, bunga yang sangat familiar ini, ternyata memiliki banyak jenis lho! Bahkan ada beberapa jenis, yang tak bisa tumbuh sendiri secara alami, yakni anggrek Shenzhen nongke.

Mengapa demikian? Anggrek Shenzhen nongke merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dengan cara persilangan. Dikatakan sebagai bunga anggrek Shenzhen Nongke sendiri, karena yang pertama kali mengembangkannya adalah perusahaan agrikultur Shenzhen Nongke.

Untuk bunganya sendiri, mempunyai warna kuning kehijauan, dan di bagian lidahnya berwarna merah hati kombinasi putih. Secara umum, anggrek jenis ini mempunyai struktur bunga yang sama dengan lainnya, yakni dengan jumlah lima kelopak bunga.

Namun, sayangnya bagi Anda yang ingin menikmati keindahan anggrek Shenzen Nongke, harus menunggu selama 5 tahun dulu. Sehingga wajar, jika jenis anggrek ini merupakan salah satu bunga yang indah dan termahal di dunia, sebab pada tahun 205 lalu, pernah dilelang dengan harga mencapai 1,68 juta Yuan atau setara dengan tiga miliar rupiah.

4. Saffron Crocus

nama bunga saffron crocus
iluminasi.com

Kalau nama bunga yang satu ini, tentu Anda tak asing lagi bukan? Ya, Bunga saffron crocus atau Crocus sativus ini merupakan bunga yang menghasilkan kuma-kuma, sebagai pewarna sekaligus bumbu dapur yang paling mahal di dunia. Dimana, umumnya bagian bunga yang sering digunakan adalah bagian putiknya yang berwarna merah.

Meski demikian, saat digunakan untuk pewarna, bagian putik saffron ini bisa mengeluarkan warna kuning emas yang sangat khas. Sehingga tak heran, dengan perpaduan warna merah dan emas ini, bunga Saffron masuk ke dalam nama-nama bunga terindah di dunia lho!

Namun sayangnya, bila Anda ingin menggunakan bunga Saffron sebagai bumbu dapur, maka bukan hal yang mudah dan murah untuk mendapatkannya. Sebab Anda harus mengeluarkan kocek sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 70.000 yang hanya mendapatkan 450 gram kuma-kuma saja.

Dengan harga yang fantastis ini, jangan heran dulu, sebab khasiatnya sangat besar, yakni memiliki sifat antikarsinogenik dan antimutagenik, yang mampu mengurangi kemungkinan seseorang untuk terkena penyakit kanker.

5. Rothschild’s Orchid

nama bunga Rothschild’s Orchid
projectnoah.org

Di Indonesia, nama bunga rothschild’s orchid ini lebih dikenal dengan nama anggrek emas kinabalu. Dimana, biasanya bunga ini hidup dan tumbuh di alam bebas, serta hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Kinabalu, Malaysia saja lho!

Ya, bunga yang masuk ke dalam jenis anggrek ini, tumbuh secara epifit atau menumpang dengan tumbuhan lainnya untuk menopang hidup. Selain itu, bunga ini pun, bunganya hanya mencapai 20 cm saja.

Tertarik untuk melihat bunga terindah di dunia ini? Datang saja ke Taman Nasional Kinabalu, dan pastikan datang pada bulan April hingga Mei. Sebab hanya di bulan-bulan itu saja bunga ini akan mekar, bahkan bunga yang langka ini bisa membutuhkan waktu hingga 15 tahun lamanya agar bisa mekar kembali.

Jadi tak heran, dengan lamanya dalam bermekar ini, dijual dengan harga yang mahal, yakni bisa mencapai US$6.000 atau setara dengan Rp. 90 juta, lho!

6. Jade Vine

nama bunga jade vine
edenproject.com

Bunga jade vine ini masuk ke dalam daftar nama bunga terindah di dunia, karena memiliki keunikan tersendiri. Yaps, flora yang memiliki nama latin Strongylodon macrobotrys ini, pertama kali ditemukan di daerah hutan hujan tropis Filipina, dan sekarang telah tersebar ke beberapa pulau tropis yang ada di Asia.

Dilihat dari tanamannya, bunga Jade vine ini tumbuh dengan cara merambat dan menjuntai ke bawah, sehingga sangat cocok ditanam di depan rumah dengan cara digantung.

Selain itu, jika dilihat dari daunnya, yakni mempunyai 3 pucuk dan yang panjangnya bisa mencapai 25 cm. Sedangkan untuk bunganya, mempunyai mahkota yang independen atau Pseudoracemes, dengan panjangnya yang bisa mencapai tiga meter.

Tak hanya itu saja, setiap batang bunga jade vine ini terdiri atas 6-12 kuntum per tangkainya, dengan warna yang hijau kebiruan seolah memancarkan bercahaya dengan ukuran 6 cm.

7. Middlemist Red

nama bunga Middlemist Red
http://wallsdesk.com

Nah, bunga yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan middlemist camellia, yang merupakan flora terlangka di dunia. Bahkan, kemungkinan besar sangat mustahil jika kamu melihatnya secara langsung, atau bahkan memilikinya.

Mengapa demikian? Sebab di dunia ini, bunga middlemist red hanya terdapat dua sampel saja, yakni di Taman Waitangi, Selandia Baru, dan di sebuah rumah kaca yang berada di Chiswick House di Inggris.

Ya, middlemist red ini berasal dari John Middlemist, yang membawa bunga ini dari Tiongkok ke Britania sekitar tahun 1804. Alasan mengapa John membawa bunga ini adalah, untuk menyelamatkannya dari kepunahan di Tiongkok. Tertarik untuk melihatnya?

8. Lady’s Slipper Orchid

nama bunga Lady’s Slipper Orchid
pixiebirding.blogspot.com

Bunga yang satu ini juga masuk ke dalam daftar nama bunga yang paling terindah dan terlangka di dunia. Mengapa demikian? Dengan perpaduan warna antara kuning dan ungu, tentu akan memanjakan siapa saja yang melihatnya.

Yaps, tanaman yang masih sejenis anggrek ini, hanya bisa ditemukan di London dan sekitar Eropa lainnya saja. Untuk di asia sendiri, dulunya memang bunga lady’s slipper orchid pernah tumbuh di sekitar kawasan negara Asia, namun sekarang telah menurun bahkan punah keberadaannya.

Penutup

Itulah nama nama bunga yang terindah dan terlangka di dunia. Bagaimana? Tertarik untuk melihat atau bahkan membeli salah satunya?

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.