Ternyata Inilah Negara Terkaya di Dunia

Menjadi negara terkaya di dunia merupakan suatu prestasi sendiri untuk sebuah negara. Mereka bisa dapat mensejahtarakan penduduknya dengan infrastruktur yang baik, biaya hidup yang baik, mudahnya mendapat pekerjaan, kualitas pendidikan, sampai kualitas kesehatan yang baik.

Data dibawah diambil dari salah satu divisi PBB yang fokus dalam perekonomian suatu negara yaitu IMF. Data dibawah ini juga diambil berdasarkan PDB (KKB) dalam sebuah negara. Kalau kamu mau membaca negara termiskin di dunia terlebih dahulu bisa baca disini.

Mungkin sebelum nanti ada yang bertanya, kok tidak ada negara-negara besar seperti amerika, china, india dan indonesia. Jadi disini dihitung per kapita, bukan semua total pendapatan negara tersebut. 4 negara tersebut memiliki PDB yang besar namun warga negara yang tinggal disana pun sangat banyak, jadi kalau dihitung per kapita otomatis tidak sebesar itu.

Contents

Negara Terkaya di Dunia

Berikut adalah negara-negara terkaya di dunia :

Qatar

qatar
dohanews.co

Pada awalnya, Qatar adalah negara miskin dan dijajah oleh inggris. Pada dahulu kala penduduk Qatar hanya pergi melaut untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Tanah tandus nan gersang yang dimiliki Qatar sangat tidak cocok untuk bercocok tanam.

Sampai Qatar merdeka dari Inggris, negara ini masih dipandang sebelah mata karena negara ini dulu cuma tempat persinggahan kapal inggris yang ingin ke India. Tiba-tiba Qatar menjadi negara yang berbeda 180 derajat. Qatar menemukan salah satu cadangan gas alam cair terbesar di dunia, nomer tiga setelah Rusia dan Iran.

Penghasilan Qatar langsung melejit akibat minyak dan gasnya. Pemerintah Qatar langsung dengan sigap membangun infrastruktur untuk lebih menopang proses perekonomian negara. Qatar dengan cepat membuat semua warganya sejahtera dengan semua fasilitas dan pengalokasian dana yang pro rakyat.

Fasilitas kesehatan, air, listrik semua digratiskan. Tidak ada juga pajak penghasilan di Qatar. Salah satu indikator suatu negara sejahtera atau tidak bisa dilihat dari angka pengangguran. Qatar memiliki tingkat pengangguran hanya 0,07%, sangat kecil.

PDB (KKB) per kapita Qatar ialah $124,927 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 155 juta rupiah.

Macau

macau
fabholidays.in

Negara ini terbilang kecil dan termasuk negara dengan jajahan portugal terlama di Tiongkok. Pada 1999 Portugal menyerahkan kedaulatan Macau kepada Repbulik Rakyat Tiongkok. Macau menjadi daerah administratif khusus yang berlaku selama 50 tahun hingga 2049.

Macau merupakan negara yang sangat kaya yang dimana sebagian besar penghasilannya berasal dari industri pariwisata. Negara ini menjadi pesona tersendiri bagi wisatawan mancanegara karena disini banyak disediakannya tempat-tempat judi dan resort-resot mewah. Biasa dijuluki Las Vegas Asia. Bahkan pada tahun 2006, perekonomian perjudian Macau melewati Las Vegas.

PDB (KKB) per kapita Macau ialah $114,430 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 142 juta rupiah.

Luksemburg

luksemburg
www.businessinsider.sg

Luksemburg ialah salah satu negara terkecil di Eropa. Namun walau negara ini kecil, pemerintahan Luksemburg dapat memaksimalkan sumber daya yang ada untuk menjadikannya salah satu negara terkaya di dunia. Ekonomi stabill, pendapatan yang tinggi bagi warganya, inflasi rendah, pengangguran rendah, menjadikan negara ini menjadi salah satu negara yang nyaman untuk ditinggali.

Ekonomi negara ini bisa menjadi luar biasa padahal mereka banyak menggantungkan dri pada industri besi dan baja saja. 90% bisnis mereka adalah perdagangan ekspor besi dan baja. Ada juga perdangan Luksemburg dari industri metal, kimia, dan plastik.

Untuk masalah kualitasa pekerja di Luksemburg, disana memiliki tingkat pekerja yang mumpuni sangat tinggi dibanding dengan negara-negara lain.

PDB (KKB) per kapita Luksemburg ialah $109,192 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 135 juta rupiah.

Singapura

singapura
thejakartapost.com

Negara ini adalah tetangga dari negara kita yang memiliki luas wilayah yang termasuk kecil. Namun, Singapura menjadi pelabuhan terpenting dalam mendistribusikan barang-barang ke wilayah Asia dan kemanapun itu. Meski memiliki biaya hidup yang tinggi, Singapura menjamin dan sangat bertanggung jawab atas kesejahteraan rakyatnya.

Dari mulai akomodasi tempat tinggal, pendidikan, kesehatan, sampai lapangan kerja, pemerintah dengan sigap membantu semua warga Singapura untuk menjadi tuan dirumah sendiri. Untuk bisnis di Singapura bertopang pada industri pariwisata dan pelabuhan.

Ratusan ribu turis datang ke negara kecil ini untuk menikmati daerah yang bisa dibilang benua asia kecil. Semua etnis asia ada di Singapura. Banyak tempat-tempat wisata yang bisa disajikan Singapura untuk memanjakan turis-turis mancaneagara. Untuk pelabuhan di Singapura sangat sibuk, hampir tidak ada hari sepi karena pelabuhan ini sangat penting.

Meski begitu, warga Singapura hidup dengan rukun, tentram, saling toleransi, dan terutama mereka mendapatkan kesejahteraan yang menjadi hak mereka.

PDB (KKB) per kapita Singapura ialah $90,531 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 112 juta rupiah.

Brunei

brunei
wikipedia.org

Tidak tanggung-tanggung, ada 2 negara dari tetangga dari Indonesia yang termasuk menjadi negara terkaya di dunia. Brunei berhasil memastikan rakyatnya mendapatkan kesejahteraan hidup disana, oleh karena itu banyak orang yang bahagia untuk tinggal disana. Brunei terkenal dengan ketegasan dalam melaksanakan syariat islam di berbagai bidang, mulai dari pemerintahan sampai kehidupan masyarakat.

Banyak fasilitas gratis disana dari mulai pendidikan gratis sampai kesehatan gratis. Ekonomi Brunei disokong oleh sektor minyak bumi dan gas, menjadikan negara ini memiliki pendapatan nasional yang tinggi. Mereka juga membebaskan pajak bagi warga mereka.

PDB (KKB) per kapita Brunei ialah $76,743 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 95 juta rupiah.

Irlandia

irlandia
trinitynews.ie

Irlandia merupakan negara yang menempati lima perenam pulau irlandia. Sisanya yaitu Irlandia Utara. Pada dulunya Irlandia merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah kelam. Namun, semua berubah ketika pemerinta Irlandia menggratiskan sekolah menegah demi menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Selanjutnya Irlandia juga menggratiskan perguruan tinggi.

Dengan banyaknya lulusan yang siap menjadi tenaga kerja, hampir tidak satupun yang menjadi pengangguran disana. Akibat SDM yang berkualitas, banyak pabrik besar di dunia ada di Irlandia. 9 dari 10 perusahaan farmasi yang paling bersar di dunia ada di Irlandia. Ada juga, 7 dari 10 perusahaan yang membuat peranti lunak ada di negara ini.

PDB (KKB) per kapita Irlandia ialah $72,632 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 90 juta rupiah.

Norwegia

norwegia
www.travelandleisure.com

Negara ini sangat kaya karena memiliki cadangan minyak bumi dan gas terbesar di luar negara timur tengah. Negara ini juga memiliki cadangan gas alam, mineral, makanan laut, air segar yang sangat banyak. Jarang anak muda yang menganggur disana karena begitu mudahnya pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja.

Norwegia berhasil mengelola uang hasil minyak dan gas serta berhasil membagikan hasil pendapatan itu untuk kepentingan kesejahteraan rakyatnya.

PDB (KKB) per kapita Norwegia ialah $70,590 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 87 juta rupiah.

Kuwait

kuwait
www.internations.org

PDB (KKB) per kapita Kuwait ialah $69,669 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 86 juta rupiah.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab
utility-share.blogspot.com

PDB (KKB) per kapita Uni Emirat Arab ialah $68,245 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 84 juta rupiah.

Swiss

swiss
anakkepo.com

PDB (KKB) per kapita Uni Emirat Arab ialah $61,360 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini memiliki penghasilan 76 juta rupiah.

Penutup

Itulah negara-negara maju yang berhasil menjadi negara terkaya di dunia. Rata-rata negara tersebut sangat mementingkan kesejahteraan rakyatnya sehingga memiliki kualitas hidup yang baik. Negara-negara tersebut juga dengan sukses memanfaatkan sumber daya yang ada baik itu SDA ataupun SDM.

Semoga artikel ini dapat memberi kamu informasi baru dan terus termotivasi untuk membantu Indonesia menjadi negara yang lebih baik. Sampai jumpa di Artikel selanjutnya. Kamu juga bisa baca orang terkaya di Indonesia termasuk pendiri gojek didalamnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.