Ini Dia Negara Termiskin di Dunia

Di artikel ini saya akan mengurutkan negara termiskin di dunia berdasarkan Produk Domestik Bruto per kapita dengan perhitungan Keseimbangan Kemampuan Berbelanja. nilai seluruh produk dan jasa yang dihasilkan di sebuah negara dalam suatu tahun, dibagi dengan rata-rata jumlah penduduk dalam tahun yang sama.

Ada 2 sumber data yang sangat kredibel mengenai masalah ini. Ada Dana Moneter Internasional (IMF) dan ada juga Bank Dunia (World Bank). Keduanya merupakan lembaga dalam Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang memiliki tujuan yang hampir sama, yaitu untuk meningkatkan standar hidup anggota-anggota PBB.

IMF dan World Bank mempunyai tugas yang saling melengkapi, dimana IMF berfokus kepada isu ekonomi makro dan World Bank memiliki fokus ke pembangunan ekonomi jangka panjang dan pengentasan kemiskinan. Pada kali ini saya akan mengambil data dari IMF. Sebenarnya data IMF dan World Bank hampir sama jadi tidak masalah siapa yang dijadikan sumber.

Contents

Negara Termiskin di Dunia

negara termiskin di dunia
pixabay.com

Banyak orang yang tidak tahu negara mana sih yang menjadi termiskin di dunia. Sebetulnya predikat ini bisa baik atau buruk bisa dilihat dari berbeda sudut pandang.

Untuk menjadikannya sebagai acuan motivasi dan pembelajaran, kita bisa melihat mereka dari sisi positif. Tapi jelas predikat negara termiskin rasanya sangat kasihan namun ini fakta yang ada di dunia ini.

Kebanyakan negara-negara yang menerima predikat termiskin berasal dari negara-negara di benua afrika. Ya seperti kita tahu bahwa banyak negara di afrika yang sedang dilanda konflik yang menyebabkan mereka tidak bisa meningkatkan penghasilan dari negara mereka tersebut.

Banyak juga kasus-kasus tragis yang dilanda banyak negara di afrika seperti busung lapar, kekurangan air bersih, dan lain-lain. Tapi banyak juga dari negara-negara tersebut yang tetap berjuang untuk mendapatkan hidup yang layak.

Berikut adalah negara termiskin di dunia :

Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah
www.rescue.org

Negara Republik negara ini merdeka di tahun 1960. Negara ini sebenarnya sangat kaya, mereka memiliki cadangan minyak mentah, emas, uranium, intan, sampai listrik tenaga air. Semua serba kaya kalau dilihat sekilas.

Namun, yang menjadikan negara ini menjadi miskin ialah pemerintahan yang tidak baik dalam mengelola negara, kekerasan dimana-mana, korupsi merajalela, sampai akibatnya inflasi yang terus menaik. Perang sipil yang tidak mereda menjadi faktor terbesar kenapa negara ini sangat miskin.

PDB (KKB) per kapita Republik Afrika Tengah ialah $681 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 840 ribu rupiah.

Republik Demokratik Kongo

kongo
prezi.com

Peperangan sipil di Republik Demokratik Kongo sangat masif dan dampaknya sampai merusak infrastruktur yang ada di negara tersebut. Saking dahsyatnya perang, PBB sampai turun tangan untuk membantu menyelesaikan masalah negara tersebut.

Banyak anak yang menderita gizi buruk dan menyebarnya wabah kolera terburuk dalam 15 tahun, menjadikan negara ini tidak layak dalam segi kesehatan dan keamanan. Kekerasan seksual juga banyak terjadi dan kebanyakan tak dilapori dan tak ditangani, mirisnya sebagian besar terjadi ke anak-anak. Banyak juga warga yang mengungsi ke negara sekitar.

PDB (KKB) per kapita Republik Demokratik Kongo ialah $785 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 970 ribu rupiah.

Burundi

burundi
yalf-africa.org

Burundi menjadi negara yang dekat dengan danau tapi tidak memiliki laut. Burundi dilanda konflik perang antar suku asli yang ada disana. Sempat ada perjanjian damai, namun konfilk tidak berangsur surut. Human trafficking juga merajalela di Burundi, entah itu jadi wanita penghibur atau menjadi pekerja dengan biaya murah di luar negeri.

Banyak juga yang akhirnya memilih mengungsi ke tempat lain karena tidak kuat melihat kondisi negara mereka sendiri. Cap negara yang mengerikan pun bisa dibilang melekat di Burundi. Semua permasalahan karena gagalnya presiden mereka menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakatnya.

PDB (KKB) per kapita Burundi ialah $808 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 1 juta rupiah.

Liberia

Liberia
www.npr.org

Pada awalnya negara ini adalah negara yang stabil karena mereka termasuk negara merdeka tanpa jajahan negara lain. Dibantu oleh organisasi swasta dari amerika, para tahanan melarikan diri untuk mendirikan sebuah negara. Mereka aman saja pada awalnya, ekonom stabil pembangunan merata.

Hingga terjadi kudeta yang menyebabkan ratusan ribu warga sipil meninggal. Infrastruktur negara banyak yang rusak dan menjadikan mereka sulit untuk menghasilkan uang. Sebenarnya mereka bergantung kepada ekspor bijih besi dan karet, namun gara-gara perang, mereka tidak bisa lagi memproduksi dan bergantung dengan bantuan dari luar.

PDB (KKB) per kapita Liberia ialah $867 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 1 juta rupiah.

Niger

niger
www.theglobeandmail.com

Pasti ada diantara kamu negara ini Nigeria. Bukan ini nama negaranya adalah Niger, diambil dari nama sungai niger. Meski diambil dari nama sungai, negara ini terkurung oleh daratan-daratan nan panas. Menjadikan Niger sulit mendapatkan kualitas pendidikan, kesehatan, ekonomi yang baik.

PDB (KKB) per kapita Niger ialah $1.153 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 1,4 juta rupiah.

Malawi

malawi
pinterest.com

Dari semua sektor, baik itu pendidikan, kesehatan, sosial, sampai ekonomi, negara Malawi terbilang buruk. Masalah kelaparan masih merajalela sampai-sampai pada 2013, Presiden Malawi harus menjual jet kepresidenan dan puluhan mobil mewah untuk memberi makan rakyat miskin.

Meski pendidikan sudah digratiskan, tapi ada sekitar 30% penduduk yang sama sekali tidak mengenyam pendidikan dasar. Kekurangan dokter pun jadi masalah yang sangat genting terutama karena banyaknya kasus kesehatan yang buruk.

PDB (KKB) per kapita Malawi ialah $1.153 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 1,4 juta rupiah.

Mozambik

mozambik
www.dailymaverick.co.za

Salah satu negara yang sedang berusaha memperbaiki ekonominya. Setelah berakhirnya perang saudara, banyak program-program dari pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya. Ada juga beberapa investasi asing yang masuk dan menyumbang lumayan untuk ekonomi negara. Namun, itu belum cukup, masih banyak warga Mozambik yang miskin.

PDB (KKB) per kapita Mozambik ialah $1.266 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 1,5 juta rupiah.

Eritrea

eritrea
er.undp.org

Negara ini masih memiliki kemungkinan untuk kaya karena banyak kandungan emasnya tapi banyak investor atau perusahaan yang engga membuka bisnis disana karena faktor politiknya sangat buruk. Eritrea berhasil merdeka dan memisahkan diri dari Euthopia setelah perang selama 30 tahun. Tidak sampai disana, sekarang mereka berperang dalam mengklain daerah kekuasaan dan ekonomi.

PDB (KKB) per kapita Eritrea ialah $1.434 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 1,7 juta rupiah.

Sudan Selatan

sudan selatan
ipsnews.net

Setelah perang saudara kesatu dan kedua, akhirnya Sudan Selatan resmi menjadi sebuah negara dan memisahkan diri dari Sudan. Negara ini baru terdaftar di PBB pada tahun 2011 lalu, sangat baru untuk sebuah negara. Akibat perang saudara yang lama tersebut berdampak dengan kurangnya infrastruktur yang memadai di Sudan Selatan sehingga masih menjadi negara yang miskin.

PDB (KKB) per kapita Sudan Selatan ialah $1.503 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 1,8 juta rupiah.

Madagascar

madagascar
wikimedia.org

Madagaskar adalah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau ini menjadi pulau terbesar ke-4 di dunia. Meski penduduk madagaskar bisa memproduksi Vanilla yang harganya relatif mahal, tapi tetap menjadi negara miskin. Banyak juga kasus kesehatan gizi yang kurang untuk anak-anak dibawah 5 tahun.

Madagascar bisa miskin karena korupsi permeritahannya. Kurangnya infrastruktur juga menghambat proses bisnis disana.

PDB (KKB) per kapita Madagaskar ialah $1.554 berarti kalau diubah ke rupiah, setiap bulannya setiap penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan 1,9 juta rupiah.

Penutup

negara termiskin di dunia
facebook.com

Mungkin ada beberapa negara yang baru kamu dengar, namun negara tersebut benar adanya dan menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Berbagai alasan yang membuat negara-negara diatas menjadi miskin. Kita juga bisa belajar banyak dari negara terkaya di dunia.

Sekian artikel tentang negara termiskin di dunia. Semoga kita bisa ambil pelajaran dari negara-negara tersebut. Kemiskinan masih bisa dilawan kalau kita mau berjuang dan terus berusaha. Kamu juga bisa baca orang terkaya di Indonesia termasuk pendiri gojek didalamnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.