10 Negara Tertua di Dunia yang Ada Sejak Sebelum Masehi

negara tertua di dunia
unsplash.com

Banyak negara di dunia yang tadinya ada kemudian menghilang, banyak peradaban di dunia yang tadinya berjaya, sekarang menghilang. Namun, ada juga beberapa negara yang masih ada hingga kini sejak jaman dahulu kala. Negara tertua di dunia ini memiliki sejarah yang kelak mempengaruhi dunia yang sekarang.

Pada artikel ini akan dibahas negar-negara tertua di dunia yang tetap eksis hingga saat ini. Berikut daftar negara-negara tersebut.

Mesir – 3500 Sebelum Masehi

Meskipun Mesir kuno sebagai budaya memiliki sangat sedikit kesamaan dengan Mesir saat ini, budaya pertama yang menyerupai dinasti Mesir awal mulai terbentuk sejauh milenium ke-6 SM.

Hieroglif Mesir, sistem penulisan tertua kedua di dunia setelah tulisan kuno, muncul sekitar 3200 SM, dan Raja Menes membentuk kerajaan terpadu pertama sekitar 3150 SM. Tiga puluh dinasti kemudian, Mesir berada di bawah kekuasaan Persia pertama dan kemudian Yunani.

Ia berada di bawah kekuasaan Kekhalifahan Islam segera setelah itu, dan itu tetap menjadi negara mayoritas Muslim sejak itu. Negara modern Mesir tidak muncul sampai abad ke-20, ketika orang Mesir akhirnya membuang pemerintahan Inggris pada tahun 1952.

Yunani – 3200 Sebelum Masehi

Banyak yang mengenal Yunani sebagai peradaban kuno karena muncul berbagai cerita kuno dai negara tersebut. Mulai dari dewa-dewanya, ilmu-ilmunya, dan lainnya.

Peradaban maju pertama di Eropa tumbuh di Yunani sekitar 3200 SM, dan Athena menerapkan sistem demokrasi pertama di dunia pada 508 SM. Bahasa Yunani Kuno masih lebih dapat dipahami oleh penutur bahasa Yunani modern daripada bahasa Inggris Kuno bagi penutur bahasa Inggris.

Banyak momen dalam sejarah Yunani telah membuat negara ini menjadi sumber pengetahuan dan mempengaruhi kehidupan secara umum. Ambil contoh Olimpiade kuno yang diselengarakan Yunani menginspirasi berbagai macam perlombaan yang ada sekarang.

India – 3000 Sebelum Masehi

India menjadi salah satu tempat pada awal mula manusia migrasi dari Afrika. Mulai dari tahun 3000 SM, penduduk disana mulai membangun kota dan tempat tinggal. Kemudian bangsa India-Eropa datang dan mereka yang disebut bangsa Weda atau Arya.

Sistem kasta dan agama hindu muncul di zaman ini. Hingga saat ini India sangat terkenal dengan kisah-kisah dewa hindu mereka. Kini India menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Cina – 2700 Sebelum Masehi

Cina, salah satu tempat lahir utama peradaban, selalu dipersatukan. Dinasti pertama — yang dulu dianggap sepenuhnya mitos — baru-baru ini didukung oleh penggalian yang menemukan sisa-sisa pemukiman Zaman Perunggu.

Dinasti pertama yang menyombongkan sistem penulisan, yang merupakan nenek moyang langsung tulisan Cina modern, dinasti Shang memerintah dari abad ke-17 hingga abad ke-11 SM. Dinasti Han, yang berlangsung dari 206 SM hingga 220 M, memperkuat persatuan Tiongkok dan meletakkan dasar bagi unsur-unsur budaya, seperti Konfusianisme, yang masih penting di Tiongkok saat ini.

Etiopia – 2500 Sebelum Masehi

Lebih jauh ke belakang daripada bangsa dan negara, beberapa fosil hominid tertua telah ditemukan di Ethiopia. Negara ini telah memiliki berbagai monarki sejak milenium ke-2 SM.

Yang penting, Ethiopia adalah satu-satunya negara Afrika yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa, karena mereka mampu mengalahkan semua pasukan penjajah. Ketika Liga Bangsa-Bangsa, pendahulu antar perang untuk PBB, dibentuk setelah

Perang Dunia I, Ethiopia adalah satu-satunya anggota Afrika yang independen. Ethiopia selalu menjadi negara multi-etnis yang sangat beragam, dan ini juga meluas ke agamanya. Kerajaan Aksum adalah salah satu negara pertama setelah Armenia yang menerima agama Kristen, tetapi Islam dan Yahudi juga memiliki ikatan di sana selama berabad-abad.

Portugal – 1139 Sebelum Masehi

Walaupun tanggal pendirian 1139 tidak tepat menempatkan Portugal di antara jajaran peradaban kuno, ia layak mendapat tempat dalam daftar ini karena stabilitas perbatasannya. Karena seluruh Eropa telah bergerak melalui perbatasan yang terus berubah dengan berbagai raja, kekaisaran, republik, dan demokrasi rakyat, ini tidak menjadi masalah dengan Portugal.

Jika Anda perlu lebih meyakinkan, negara ini juga berada di garis depan dari Era Penemuan. Meskipun waktu itu imperialis dan merugikan masyarakat Aborigin, itu berkontribusi besar untuk menciptakan dunia yang kita kenal sekarang.

Perancis – 800 Sebelum Masehi

Apakah Anda melacak pendirian Prancis kembali ke divisi Kekaisaran Romawi Suci Charlemagne (‘Francia’) menjadi tiga bagian pada 843 M, atau aksesi Raja Clovis ke tahta pada 481 M, tidak dapat dipungkiri bahwa negara tersebut telah ada sejak lama.

Dan sementara selama berabad-abad, sistem feodal memberikan kekuasaan yang lebih besar kepada pengikut daripada raja yang sebenarnya (penaklukan Duke of Normandy atas Inggris pada 1066 adalah contoh sempurna), para bangsawan masih (setidaknya secara nominal), subyek dari monarki Perancis, meletakkan dasar bagi negara yang telah bertahan sampai sekarang.

Armenia – 782 Sebelum Masehi

Sama seperti orang-orang Yahudi, Armenia adalah negara yang dikenal dengan diaspora besarnya. Meskipun demikian, orang-orang Armenia telah memiliki sebuah negara selama sebagian besar 2.600 tahun terakhir, dengan yang pertama menyebutkan tentang Armenia terjadi pada abad ke-6 SM. Yerevan, sekarang ibu kota Armenia, didirikan sejauh 782 SM.

Orang-orang Armenia juga merupakan negara pertama yang secara resmi menerima agama Kristen sebagai agama negara pada tahun 301 M, dan negara itu masih sangat melekat pada Gereja Kerasulan Armenia mereka sendiri.

Selain diaspora, kesamaan malang lainnya yang dimiliki orang Armenia dengan orang Yahudi adalah genosida yang dilakukan terhadap mereka di tangan Kekaisaran Ottoman pada 1915-1917.

Jepang – 660 Sebelum Masehi

Jepang mengklaim didirikan pada tahun 660 SM oleh Kaisar Jimmu, menurut mitologi. Kronik Cina membuktikan keberadaan Jepang di abad ke-3 M, yang masih memberi negara itu kekuatan bertahan yang serius.

Agama Buddha menyebar ke Jepang segera setelah itu, dan negara itu telah mengembangkan tradisi sastra di abad ke-8, yang memuncak dengan penulisan The Tale of Genji pada awal abad ke-11 Masehi. Periode yang melihat perkembangan ini, periode Heian (794-1185 M), juga melihat banyak ciri budaya lain yang muncul yang masih mendefinisikan Jepang hingga saat ini.

Iran – 550 Sebelum Masehi

Sementara Iran hanya ada dalam bentuk yang dapat dikenali sejak awal abad ke-16, wilayah tersebut memiliki sejarah peradaban yang lebih panjang daripada hampir di mana pun di dunia.

Peradaban Zaman Perunggu Zaman Perunggu adalah salah satu yang pertama kali mengembangkan tulisan runcing di milenium ke-3 SM, dan kelompok-kelompok Proto-Iran sudah tiba di daerah itu pada milenium ke-2 SM.

Kekaisaran Achaemenid, yang ada dari 550-330 SM, adalah kekaisaran terbesar dalam sejarah kuno.

Penutup

Itulah daftar negara tertua di dunia yang ada sejak sebelum masehi. Masing-masing peradaban memiliki sejarah yang berbeda. Dari sana muncul banyak ilmu pengetahuan yang nantinya kita bisa pakai hingga saat ini.

Semoga artikel ini memberi wawasan yang baru untuk kamu. Jika kamu mau melihat artikel negara terkaya dan termiskin di dunia, silakan klik link tersebut. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.