150 Orang Terkaya di Indonesia Dibalik Merk Terkenal

Di dalam artikel ini saya akan membahas 150 orang terkaya di Indonesia. Bersumber dari Globeasia, saya menyajikan artikel orang terkaya beserta produknya yang terkenal di Indonesia. Angka dollar saya ubah juga ke Rupiah agar lebih mudah dicerna orang Indonesia. Selamat membaca!

orang kaya di indonesia
uangonline.com

Akan ada kebanggaan tersendiri ketika kita masuk ke daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Sebuah prestasi yang sangat sulit dicapai oleh kebanyakan orang.

Di daftar orang terkaya di Indonesia ini, mereka menjadi kaya bukan dari buah kemalasan dan menunda-nunda selama hidupnya. Orang cuma tahu mereka kaya dan bisa membeli apa saja yang mereka inginkan. Tapi jarang orang yang melihat proses dibalik itu semua. Mereka bekerja keras pagi-siang-malam selama bertahun-tahun bahkan berpuluh-puluh tahun untuk mencapai kesuksesan mereka kini.

Kalau orang-orang terkaya di dunia, mereka banyak bergerak dibidang digital. Di Indonesia belum banyak startup-startup digital yang bisa mengalahkan kekayaan pemilik bisnis-bisnis konvensional yang sudah merajai Indonesia selama bertahun-tahun.

Ternyata banyak orang Indonesia siapa saja orang terkaya di Indonesia. Banyak orang tidak tahu, siapa dibalik setiap brand yang mereka pakai untuk sehari-hari. Entah untuk makanan, transportasi, sampai pembersih baju.

Berikut ini daftar pemilik sekaligus brand dari 150 orang terkaya di Indonesia. Rata-rata dari brand ini, kita sering menemuinya dikehidupan sehari-hari. Tidak hanya brand, tapi sekaligus saya tulis tokoh di Indonesia yang masuk ke daftar ini juga. Untuk rokok saya tidak sebutkan karena sudah banyak yang tahu.

Saya akan membuat daftar dari bawah ke atas dari urutan ke 150 sampai 1. Cekidot.

Contents

150. Nadiem Makarim, Go-Jek

nadiem makarim
www.cnbc.com

Usia : 33 tahun

Total kekayaan : Rp. 1,49 Triliun

logo gojek
bolazola.com

Gojek pasti sudah familiar ditelinga anda. Bahkan hampir setiap hari anda menggunakan jasa gojek untuk menjadi alternatif kekurangan dari transportasi umum. Gojek adalah startup digital yang bergerak dibidang transportasi.

Sekarang sudah merambah ke berbagai provinsi di Indonesia bahkan sekarang sedang mengembangkan bisnisnya ke Vietnam. Kamu bisa baca cerita lengkap pendiri gojek ini disini.

149. Achmad Zaky, BukaLapak

Achmad zaky
www.pebisnismuda.net

Usia : 31 tahun

Total Kekayaan : Rp. 1,56 Triliun

logo bukalapak
gerobakangkringanklaten.com

Sudah banyak orang yang transaksi jual atau beli di bukalapak.com, mungkin anda salah satunya. Bukalapak adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

148. William Tanuwijaya, Tokopedia

William Tanuwijaya
dakonan.com

Usia : 36 tahun

Total Kekayaan : Rp. 1,93 Triliun

logo tokopedia
futureloka.com

Setelah mendapatkan investasi dengan nilai yang lumayan besar, tokopedia mulai merajai dunia bisnis online di Indonesia. Tokopedia sangat mengerti apa yang dibutuhkan user, baik itu sisi penjual atau pembeli. Sekarang menjadi marketplace yang sering digunakan orang.

146. Ferry Unardi, Traveloka

Ferry Unardi
east.vc

Usia : 30 tahun

Total Kekayaan : Rp. 2,16 Triliun

logo traveloka
generasimandiri.id

Jalan-jalan? Traveloka dulu. Begitulah slogan dari perusahaan yang bergerak dibidang ticketing ini. Kita dimudahkan untuk memesan hotel sampai transportasi yang dibutuhkan selama kita bepergian ke sebuah daerah.

135. Shindo Sumidomo, Siantar Top

Usia : 63 tahun

Total Kekayaan : Rp. 2,75 Triliun

siantar top
www.gulfood.com

Makanan favorit waktu masih kecil kebanyakan berasal dari Siantar Top. Pasti hampir sebagian besar dari kamu semua pernah makan produk french fries 2000.

133. Ricardo Gelael, Waralaba KFC

ricardo gelael
www.pontianakpost.co.id/

Usia : 59 tahun

Total Kekayaan : Rp. 2,76 Triliun

logo kfc
wikimedia.org

Waralaba Kentucky Fried Chicken dipegang oleh orang ini. KFC tentu sudah pasti salah satu tempat favorit untuk berbagai kalangan. Tempat yang nyaman dan ayam yang enak menjadi ujung tombak, menjadikan KFC sukses besar di Indonesia dengan cabang yang banyak.

127. Stanley S Atmadja, Adira

Stanley Atmadja
www.merdeka.com

Usia : 63 tahun

Total Kekayaan : Rp. 3,5 Triliun

adira finance
beritakotamakassar.fajar.co.id

Pasti anda sering melihat logo diatas. Ya, Adira adalah badan usaha yang bergerak dibidang keuangan.

126. Harry Sanusi, Kino Indonesia

harry sanusi
http://cedc.univpancasila.ac.id

Usia : 52 tahun

Total Kekayaan : Rp. 3,5 Triliun

larutan cap kaki tiga
www.youtube.com

Banyak orang yang menykai produk-produk dari Kino Indonesia, salah satunya adalah larutan cap kaki tiga. Banyak sekali orang ketika masuk angin mengonsumsi minuman ini dan sukses menjadi favorit berbagai kalangan.

125. Sri Sultan Hamengkubuwono X

Sri Sultan Hamengkubuwono X
portaltiga.com

Usia : 74 tahun

Total Kekayaan : Rp. 3,72 Triliun

Semua orang tahu beliau apa lagi orang Yogyakarta. Beliau adalah Raja Kesultanan Yogyakarta sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahunh 1998.

123. Ilham Habibie dan Thareq Habibie

ilham habibie
icmi.or.id

Usia : 54 & 52 tahun

Total Kekayaan : Rp. 3,72 Triliun

Mereka berdua memiliki bisnis diberbagai bidang dengan bendera PT. Ilthabi Rekatama. Mereka merupakan anak dari presiden ke-3 Republik Indonesia, B.J. Habibie.

122. Budi Purnomo Hadisurjo, Optic Melawai

Usia : 82 tahun

Total Kekayaan : Rp. 3,72 Triliun

optic melawai
today.line.me

Mata kamu kurang jelas dalam melihat sesuatu? Tentu kamu pakai kacamata, kan? Nah pasti kamu tahu Optic Melawai, salah satu penjual kacamata terbesar di Indonesia.

111. Soetjipto Nagaria, Summarecon

Soetjipto Nagaria
www.pradita.ac.id

Usia : 78 tahun

Total Kekayaan : Rp. 4,54 Triliun

summarecon
www.urbanhire.com

Sudah rahasia umum banyak orang terutama di jadetabek memiliki Mall Sumareccon untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau temannya, Summarecon Bekasi atau Serpong, semua ramai pengunjung, pasti kebanyakan dari kamu juga pernah kesana.

108. Chandra Lie dan Hendry Lie, Sriwijaya Air

Chandra Lie
beritatrans.com

Usia : 55 & 53 tahun

Total Kekayaan : Rp. 4,77 Triliun

Sriwijaya Air
kamarberita.com

Salah satu maskapai terkenal di Indonesia yang memiliki kuatlitas yang baik. Buat kamu yang sering bepergian ke luar kota atau luar negeri pasti pernah mencoba sesekali jasa dari maskapai ini.

107. Boyke Gozali, Mitra Adi Perkasa

Boyke Gozali
www.aktual.com

Usia : 70 tahun

Total Kekayaan : Rp. 5,21 Triliun

mitra adi perkasa
id.wikipedia.org

Mitra Adi Perkasa hampir menjual apa saja, tapi bisa dibilang fokus mereka di bidang ritel premium dan properti. Beberapa toko yang di Indonesia hak waralabanya dipegang oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk antara lain : Starbucks, Planet Sports, Zara, Burger King, dan masih banyak lagi.

99. Sabana Prawirawidjaja, Ultrajaya Group

Sabana Prawirawidjaja
kargoku.id

Usia : 77 tahun

Total Kekayaan : Rp. 5,81 Triliun

susu ultra
www.ultrajaya.co.id

Salah satu susu favorit orang-orang Indonesia. Susu ultra ini nyaris ada di setiap daerah di Indonesia, dari supermarket besar sampai warung kecil dipinggir jalan menjual susu ini.

95. Dahlan Iskan

Dahlan Iskan
www.dakwahjateng.net

Usia : 69 tahun

Total Kekayaan : Rp. 6,11 Triliun

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara ini memiliki bisnis yaitu Jawa Pos Group yang sekarang diturunkan ke putranya, Azrul Ananda.

90. Sukamdani Sahid Gitosardjono dan Keluarga

Sukamdani Sahid Gitosardjono
breakingnews.co.id

Usia :  –

Total Kekayaan : Rp. 6,7 Triliun

hotel sahid
grandsahidjaya.com

Apakah anda pernah menginap di Hotel Sahid? Ya, hotel bagus itu dimiliki Prof. Dr. Sukamdani Sahid Gitosardjono dan keluarga. Beliau meninggal pada 2017 kemarin, sehingga sekarang yang menggerakan Sahid Group adalah keluarganya.

85. Sandiaga Uno

sandiaga uno
pinterpolitik.com

Usia : 50 tahun

Total Kekayaan : Rp. 4,46 Triliun

Pengusaha sekaligus politikus di Indonesia yang namanya melejit setelah memenangkan Pilkada DKI Jakarta sebagai wakil gubernur. Sebelum terjun ke politik, beliau sudah terkenal terlebih dahulu, apalagi jika kamu berkecimpung di dunia bisnis. Perusahaan beliau bergerak di Bidang investasi. batu bara, otomotif dan kelapa sawit.

80. Purnomo Prawiro, Blue Bird

Purnomo Prawiro
youtube.com

Usia : 50 tahun

Total Kekayaan : Rp. 7,75 Triliun

taksi blue bird
soekarnohatta-airport.co.id

Dulu blue bird sempat merajai bisnis transportasi di Indonesia. Kamu juga pasti pernah menaiki taksi ini. Seiring berjalannya waktu, banyak inovasi di dunia transportasi, blue bird yang bersusah payah melawan transportasi online akhirnya membuat aplikasi sendiri untuk memudahkan para penggunanya.

78. Alim Markus, Maspion Group

Alim Markus
moneysmart.id

Usia : 67 tahun

Total Kekayaan : Rp. 8,34 Triliun

logo maspion
www.jakartafair.co.id

Perabotan rumah atau alat-alat yang kamu pakai dirumah mungkin ada yang dari Maspion. Biasanya terkenal dengan jargonnya yaitu Cintailah Produk-Produk Indonesia.

77. Surya Dharma Paloh, Metro TV

Surya Paloh
ehpedia.com

Usia : 68 tahun

Total Kekayaan : Rp. 8,57 Triliun

logo metro tv
id.wikipedia.org

Pasti semua orang Indonesia tahu salah satu stasiun TV ini. Ya, metro TV kebanyakan bergerak di program-program berita.

74. Trihatma K Haliman, Agung Podomoro Group

Trihatma K Haliman
http://indonesiatatler.com

Usia : 66 tahun

Total Kekayaan : Rp. 9,01 Triliun

podomoro city
youtube.com

Agung Podomoro Group bergerak dibidang properti. Group ini memiliki aset dimana-mana dan tentunya dengan iklan yang ada dimana-mana.

72. Paulus Tumewu, Komisaris Ramayana

Paulus Tumewu
gosipnya.blogspot.com

Usia : 66 tahun

Total Kekayaan : Rp. 9,09 Triliun

logo ramayana
gudeg.net

“Kerja lembur bagai kuda, sampai lupa orang tua..” Pasti kamu tau kan iklan fenomenal ini. Ramayana menjadi sebuah pilihan warga Indonesia untuk membeli kebutuhan pakaian dan lainnya.

70. Benny Suherman, Studio 21 Group

Benny Suherman
filmjournal.com

Usia : 71 tahun

Total Kekayaan : Rp. 9,09 Triliun

cinema xxi
www.hippindo.com

XXI Cinema hampir setiap akhir pekan ramai pengunjung. Apalagi ketika ada film yang bagus, studio-studio XXI bisa dipenuhi hanya dalam waktu singkat. Kita semua tahu XXI dan mungkin sebagian besar dari kita pernah merasakan keseruan nonton disana.

61. John Chuan, Grup Ceres

Usia : 68 tahun

Total Kekayaan : Rp. 9,76 Triliun

 

meses ceres
bukalapak.com

Meses Ceres menjadi favorit bagi orang-orang yang ingin membuat kue dan semacamnya. Meses ini hampir disukai berbagai kalangan dengan rasanya yang pas di lidah orang Indonesia.

60. Hutomo Mandala Putra

Tommy Soeharto
politiktoday.com

Usia : 56 tahun

Total Kekayaan : Rp. 9,98 Triliun

Biasa dikenal dengan Tommy Soeharto, beliau merupakan anak dari mantan presiden Republik Indonesia yang ke-2, Soeharto. Setidaknya ada 10 bidang bisnis yang ia miliki dibawah bendera PT Humpuss.

57. Boenjamin Setiawan dan Keluarga, Kalbe Group

Boenjamin Setiawan
youtube.com

Usia : 85 tahun

Total Kekayaan : Rp. 9,98 Triliun

LOGO KALBE
ardilamadi.blogspot.com

Kalbe Farma bergerak dibidang farmasi, nutrisi, suplemen, dan semacamnya. Ketika kamu dari sakit, coba cek, pasti ada salah satu obat yang diproduksi oleh Kalbe.

55. Kuncoro Wibowo, Ace Hardware

Kuncoro Wibowo
kodepikiran.blogspot.com

Usia : 63 tahun

Total Kekayaan : Rp. 13,41 Triliun

ace hardware
ruangsaham.com

Hampir setiap alat ada di Ace Hardware. Menjadi salah satu tempat favorit orang Indonesia membeli alat-alat yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Pak Kun merupakan penggerak awal bisnis ace hardware di Indonesia, waktu itu lewat PT Kawan Lama.

54. Jusuf Kalla dan Keluarga

jusuf kalla
www.suaraislam.co

Usia : 76 tahun

Total Kekayaan : Rp. 13,41 Triliun

Wakil Presiden negara kita ini memiliki beberapa bisnis dibawah Kalla Group.

53. Desi Sulistio Hidayat dan Keluarga, Sido Muncul

Desi Sulistio Hidayat
jurnal1.com

Usia : 87 tahun

Total Kekayaan : Rp. 13,48 Triliun

tolak angin
imadanalis.blogspot.com

Masuk angin? Minum tolak angin aja, langsung ampuh. Minuman jamu favorit orang Indonesia ketika badan tidak enak. Biasanya setiap rumah bisa stok satu kotak tolak angin dirumahnya.

43. Husein Djojonegoro, ABC

Usia : 68 tahun

Total Kekayaan : Rp. 17,87 Triliun

42. Rusdi Kirana, Lion Air

Rusdi Kirana
ft.com

Usia : 55 tahun

Total Kekayaan : Rp. 17,87 Triliun

lion air
tajuktimur.com

Lion Air menjadi salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang memiliki biaya yang terbilang murah. Sangat membantu orang Indonesia ketika ingin bepergian jauh namun budget minim.

41. Jogi Hendra Atmadja, Mayora Group

Jogi Hendra Atmadja
youtube.com

Usia : 72 tahun

Total Kekayaan : Rp. 18,62 Triliun

produk mayora
http://bukaloker.com

Produk-produk diatas merupakan produksi dari Mayora. Kamu pasti sudah pernah mencobanya kan?

40. Mu’min Ali Gunawan, Panin Bank

Mu'min Ali Gunawan
youtube.com

Usia : 79 tahun

Total Kekayaan : Rp. 19,36 Triliun

logo panin bank
www.kupastuntas.co

Panin Bank merupakan salah satu bank yang diminati warga negara Indonesia.

33. Djoko Susanto, Grup Alfamart

Djoko Susanto
forbes.com

Usia : 69 tahun

Total Kekayaan : Rp. 20,85 Triliun

alfamart
atm-intl.com

Di daerah Jadetabek hampir setiap 3km ada alfamart dan di daerah-daerah lain alfamart juga sudah mulai banyak. Saking lengkapnya fasilitas di Alfamart dan gerainya ada dimana-mana, tujuan orang ke alfamart pun ada banyak juga. Ada yang ingin beli barang, ada yang ingin ambil motor, ada yang jadi penitipan motor, ataupun ada yang hanya ingin menyejukan diri.

31. Ciputra, Ciputra Group

Ciputra
http://yukbisnisproperti.org

Usia : 86 tahun

Total Kekayaan : Rp. 20,85 Triliun

mal ciputra cibubur
infopromodiskon.com

Ciputra kebanyakan berbisnis di bidang properti. Hotel dan mal Ciputra diatas merupakan salah satu dari sekian banyak aset properti yang di miliki Ciputra Group.

21. Jakob Oetama dan Liliek Oetama, Kompas-Gramedia

Jakob Oetama
youtube.com

Usia : 87 tahun

Total Kekayaan : Rp. 24,58 Triliun

Kompas Gramedia
www.checkinjakarta.id

Kompas Gramedia banyak bergerak dibidang media, baik itu media cetak, digital ataupun tv. Kalau kita ingin membeli sebuah buku pasti yang pertama dibenak kita adalah kita harus ke Gramedia karena disana koleksinya lengkap.

19. Hary Tanoesoedibjo, MNC Group

hary tanoesoedibjo
www.qerja.com

Usia : 53 tahun

Total Kekayaan : Rp. 26,81 Triliun

mnc group
www.jobsmnc.co.id

Kamu pernah nonton film di Global TV? atau nonton bola di MNC TV? atau nonton sinetron di RCTI? Ya, MNC Group adalah pemilik dari stasiun-stasiun tv terkenal tersebut.

15. Mochtar Riady, Lippo Group

mochtar riady
www.businesstimes.com.sg

Usia : 89 tahun

Total Kekayaan : Rp. 29,79 Triliun

Lippo Plaza
yussanblog.blogspot.com

Lippo group bergerak di bidang properti. Banyak mal yang dibuat oleh Lippo di seluruh Indonesia. Mungkin kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya.

12. Aburizal Bakrie, Bakrie Group

Aburizal Bakrie
beritasatu.com

Usia : 70 tahun

Total Kekayaan : Rp. 30,54 Triliun

Bakrie Logo
wikimedia.org

Bakrie Group membawahi banyak bisnis. TV One, Antv, VIVA adalah media di bawah perusahaan ini. Bergerak juga di bidang tambang dan migas, agribisnis, sampai properti. Bakrie juga membuat universitas yaitu Universitas Bakrie.

11. Eddy William Katuari, Wings Group

Usia : 66 tahun

Total Kekayaan : Rp. 31,28 Triliun

5. Chairul Tanjung, CT Corp

Chairul tanjung
pinterpolitik.com

Usia : 56 tahun

Total Kekayaan : Rp. 68,53 Triliun

logo transcorp
id.wikipedia.org

CT Corp memiliki bisnis di berbagai bidang. Tentu tiap hari kita atau mungkin orang tua kita selalu menonton Trans TV atau Trans 7. CT juga mengakuisisi semua carrefour yang ada di Indonesia, dan diubah menjadi Transmart. Di dunia hiburan CT membuat TransStudio yang berada di Bandung dan Makassar. Biografi CT juga sudah tersebar luas dalam bukunya yaitu, Chariul Tanjung Si Anak Singkong.

2. Eka Tjipta Widjaja, Sinar Mas

Eka Tjipta Widjaja
www.moneysmart.id

Usia : 95 tahun

Total Kekayaan : Rp. 207,09 Triliun

BSD city
www.avezzamozia.com

BSD City merupakan kota yang langsung dikelola oleh Sinarmas Group.

1. Robert Hartono dan Michael Hartono, Bank Central Asia

bambang hartono
www.radarcirebon.com

Usia : 77 & 78 tahun

Total Kekayaan : Rp. 312,87 Triliun

Logo BCA
www.pusatmedia.net

Salah satu bank terbesar di Indonesia ini sudah memiliki nasabah yang sangat banyak. Mungkin anda salah satu dari nasabah tersebut. Dengan segala kemudahan yang diberikan, BCA menjadi favorit warga Indonesia dan didukung aset yang sudah mulai tersebar luas.

Daftar Lengkap 150 Orang Terkaya di Indonesia

Kamu bisa lihat daftar lengkapnya disini

Penutup

Sekali lagi, mereka menjadi seperti sekarang adalah buah dari kerja keras mereka yang tidak sebentar. Tidak hanya 1 hari, 1 bulan, 1 tahun, bahkan ada yang berpuluh-puluh tahun menggeluti bisnisnya untuk menjadi sukses seperti sekarang.

Semoga daftar diatas bisa memicu semangat kita dalam menjalani hidup dan dapat menyebarkan informasi positif untuk warga negara Indonesia. Oh iya bagi kamu yang ingin tahu negara terkaya dan termiskin bisa baca di artikel tersebut ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.