Pengalaman di Kampung Inggris

Hai, di post ini saya akan menceritakan pengalaman di Kampung Inggris, Pare, Kediri. Semoga bermanfaat terutama kamu yang masih galau mau belajar ke Pare atau tidak. Selamat membaca!

Kenapa ke Pare

ngobrol di cafe
www.pexels.com

Pada awalnya saya yang seorang pengangguran ini ingin mencari tempat refreshing yang jauh dari Jakarta. Ketika itu saya mikir, kenapa tidak sekalian belajar sekalian refreshing. Saya juga memiliki interest dan sangat terobsesi untuk bisa bahasa inggris, itu menjadi alasan kuat kenapa saya memilih Pare.

persiapan liburan

Banyak yang bilang Pare adalah tempat yang tepat untuk melancarkan bahasa inggris kita. Selama ini saya belajar bahasa inggris kebanyakan dari nonton film, baca-baca tentang bahasa inggris, dan hiburan-hiburan lainnya yang berbahasa inggris.

Persiapan dan Mencari Tempat Les

persiapan pergi
pixabay.com

Ketika itu kalau tidak salah saya mulai mencari-cari info tentang pare dari bulan februari, sementara pada akhirnya saya berangkat bulan mei. Waktu itu memang saya sengaja memilih waktu 2 minggu puasa disana untuk menekan biaya makan hehehe.

Saya mulai mencari kursus mana yang cocok untuk saya. Pelajaran yang saya target adalah Speaking, agar saya bisa lebih lancar berbicara bahasa inggris. Target kedua adalah tempat yang murah, karena budget saya ketika itu tidak banyak.

Saya browsing sana sini, dan akhirnya saya mendapatkan tempat kursus yang saya rasa cocok. Namanya Marvelous, ada kelas khusus speaking. Ada banyak fasilitas yang bisa saya dapatkan dan fasilitas-fasiltas tersebut mendukung objektif awal saya, yaitu speaking dan budget yang murah.

marvelous pare

Di tempat kursus tersebut saya akan mendapatkan 6 materi dalam sehari, sabtu-minggu libur dan saya akan belajar di tempat itu selama 1 bulan. Saya pikir jika sehari bisa 6 materi, pasti banyak improve yang saya dapatkan untuk skill bahasa inggris saya.

Fasilitas yang paling saya senang adalah english camp. Jadi di camp ini kami diharuskan untuk berbahasa inggris untuk berinterkasi satu sama lain. Walau bahasa inggrisnya masih blepotan pun tidak apa-apa, bahkan kalau yang belum biasa boleh dicampur bahasa indonesia dan bahasa inggris. Intinya untuk men trigger kita berbicara dengan bahasa inggris.

tiket kereta api
www.piah.com

Setelah saya dapat tempat les yang cocok, saya langsung cari tiket kereta api dari Jakarta ke Kediri. Saya daftar di sebuah web tentang kampung inggris, selain menjual tempat kursus, web tersebut juga memberikan penawaran untuk diantar ke Kampung Inggris dari stasiun.

Biaya yang saya keluarkan untuk tempat les beserta penjemputan dari stasiun sekitar 1juta. Biaya tiket kereta api, saya dapatkan harga termurah karena pesan dari 1 bulan sebelum yaitu sekitar 100rb. Saya siapkan uang untuk jajan, makan, dan biaya lainnya disana sekitar tidak lebih dari 700rb.

Perjalanan

stasiun kereta
pixabay.com

Sore itu saya sudah di Stasiun Senen untuk naik kereta menuju ke Pare. Saya akan sampai Pare sekitar jam 7 pagi esok harinya. Saya membawa 1 koper dan 1 tas yang pada akhirnya saya menyadari itu terlalu banyak. Saya membawa buku yang niatnya untuk membaca di kereta, namun pada realitanya saya cuma baca sebentar dan bosan haha.

kereta api
forumindonesiamuda.org

Samping saya anak kuliahan, seumuran saya, dan kuliah dijakarta jurusan akuntansi. Dia ingin pulang kampung ke temanggung, 1 stasiun lebih jauh dari tempat saya turun di kediri. Karena seumuran, ketika mengobrol kami nyambung dan saya sukses mendapat teman yang menemani dalam perjalanan ke Kediri.

stasiun kediri

Esok paginya saya sukses landing di Stasiun Kediri. Setelah solat subuh, saya langsung menghubungi mas-mas yang akan menjemput saya. Ternyata ada beberapa orang lain dari Jakarta yang naik mobil jemputan itu juga dan ternyata mereka juga les di tempat yang sama dengan saya.

Aktivitas Sehari-Hari

belajar bahasa inggris

Sampai disana kami langsung diantar ke camp, tentu laki dan perempuan dipisah camp-nya. Untuk tidur kita ramai-ramai diruang tengah dilapisi kasur, satu orang dapat satu lemari untuk menaruh pakaian. Di camp ada tempat jemuran dan juga ada laundry. Kalau untuk makan, beli sendiri diluar.

Jadwal kami dari senin-jumat full dari pagi-malam dan total ada 6 pelajaran yang kami ikuti. Ada morning briefing, speaking, grammar, vocabulary, pronouncation, dan ditutup dengan games di malam hari.

makan prasmanan

Soal makan, disana masih sangat-sangat murah. Ada warung yang kita bisa mengambil nasi sebanyak-banyaknya dan diitung hanya lauk + nasi, entah banyak atau dikit. Disana banyak juga cafe-cafe macam di kota, ada live music, menu-menu cafe pada umumnya, design tempat yang kekinian, dan biasanya rame pada malam hari.

kampung inggris pare
www.panduankampunginggris.com

Sebelum kami memulai materi pertama, kami ke tempat penyewaan sepeda untuk menjadi transportasi sehari-hari. Disana lumayan jauh jika harus ditempuh dengan jalan kaki. Sewa sepeda seharga 80rb untuk sebulan.

Kisah Unik Camp Kami

marvelous pare
sharemyconscience.wordpress.com

Jadi di camp kami mengharuskan setiap orang untuk berbicara bahasa inggris sedikit apapun. Kebanyakan teman-teman saya yang kurang bahasa inggrisnya berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Kadang saya lucu juga melihat mereka haha.

Setiap bahasa selain bahasa inggris keluar dari camp tersebut, kami mendapatkan poin 1. Jika poin sudah 5, kami harus berpidato bahasa inggris di pinggir jalan menggunakan toa. Maka dari itu banyak yang cari aman saja.

Karena niat saya ingin belajar bahasa inggris, saya terus mengasah kemampuan bahasa saya di camp. Kadang saya juga keceplosan berbicara bahasa selain bahasa inggris. Saya pun sampai mengumpulkan poin sebanyak 5 poin.

bicara pakai toa
pixabay.com

Ketika itu saya harus menjalankan hukuman di pinggir jalan depan camp. Dengan bahasa inggris yang pas-pasan saya menyampaikan pidato selama 7 menit menggunakan bahasa inggris. Banyak orang yang lewat, meski malu saya tetap harus melanjutkan karena sudah konsekuensi.

Ada juga teman saya yang tinggal diluar camp karena dirasa tidak nyaman. Soalnya kalo di camp hidup bareng-bareng, tidur dan lain-lain terutama ada peraturan harus ngomong bahasa inggris. Kalo gasalah mereka menyewa 300-400 ribu kosan selama sebulan.

Bertemu Banyak Teman

banyak temen
pixabay.com

Saya dapat teman dari seluruh Indonesia, ada yang dari Jakarta, Temanggung, Solo, Kediri, Surabaya, Padang, dan banyak lagi. Angkatan kami kira-kira ada 35 orang. Tentunya mereka datang ke Pare dengan tujuan yang berbeda-beda.

Kebanyakan dari mereka datang tentu untuk belajar bahasa inggris, namun ada juga yang datang kesana sebenarnya untuk liburan dan untuk senang-senang. Apapun tujuannya, kami sudah seperti keluarga yang akan bersama selama sebulan lamanya.

Hari Minggu Saatnya Liburan

liburan ke pantai
pixabay.com

Sabtu Minggu disana kami libur. Kalo di camp kami, biasanya minggu pagi kami bersih-bersih camp dan setelah beres biasanya kami makan-makan bersama.

Aktifitas hampir tiap weekend selama sebulan adalah jalan-jalaaan. Setiap minggu saya jalan-jalan ke berbagai tempat di Pare dan ditutup dengan makan bersama di camp.

Minggu 1 saya ke simpang gumul, minggu 2 ke pulau sempu, minggu 3 ke candi dan goa, minggu 4 di camp makan-makan pesta perpisahan. Saya akan menceritakan detail liburan-liburan itu di post weekend di pare.

Pulang

kereta api
unsplash.com

Saya ramadhan 2 minggu di Pare dan memang dari awal sudah berencana untuk lebaran 2 minggu saja dirumah. Tidak terasa saya sudah melewati sebulan keseruan di Kampung Inggris. Waktu itu ada wacana saya ingin balik lagi habis lebaran untuk ikut program dengan tingkat yang lebih tinggi, namun tidak jadi.

Saya beli tiket kalau tidak salah 5 hari sebelum pulang dan ketika pulang saya bareng teman saya ke Jakarta. Untung saja kereta ke Jakarta tidak terlalu ramai jadi kami masih dapat tiket termurah. Kami berangkat sekitar sore hari dan akan sampai di Stasiun Senen ketika waktu sahur.

Yak, itulah cerita saya di Kampung Inggris Pare. Buat kamu yang tertarik untuk belajar bahasa inggris saya sangat merekomendasikan untuk kesana. Suasana disana juga enak kalo butuh pelarian dari kepenatan dan kompleksivitas kota. Sampai jumpa di next post, saya akan bercerita tentang liburan di setiap weekend.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.