Pengertian, Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Artikel ini akan membahas perbedaan wirausaha dan wiraswasta secara lengkap dan mudah dipahami. Selamat membaca.

perbedaan wirausaha dan wiraswasta
unsplash.com

Pengertian Wiraswasta

Sekitar tahun 1970-an paham neoklasik mendefinisikan pengertian wiraswasta sebagai berikut:

Orang yang berani bersikap, bertindak, dan berpikir menurut kemampuan dan keberanian dalam menciptakan suatu pekerjaan sendiri, berkarier dengan sikap mandiri serta mencari nafkah sendiri.

Orang yang memiliki dorongan lain untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan kegiatan dan waktu disertai dengan risiko dan modal serta penerimaan kepuasan dan balas jasa dan kebebasan pribadi atas usaha yang dilakukan.

Ciri-ciri Wirausaha

Sedangkan istilah wirausaha mulai muncul pada masa perkembangan teori ekonomi modern. Seseorang yang dikategorikan sebagai wirausaha apabila ia:

1. Memiliki visi jangka panjang

2. Menciptakan kreasi dan inovasi

3. Menguasai keahlian produksi, permodalan, pemasaran dan pengawasan.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta Berdasarkan Pengertiannya

Wirausaha berasal dari kata Enterpreneur yang artinya adalah between taker atau go between yang memiliki arti sebagai perantara atau orang yang bertanggung jawab dalam produksi besar. Sedangkan menurut beberapa tokoh, pengertian wirausaha adalah sebagai berikut:

Joseph Schumpeter

Entrepreneur as the person who destroys the existing economic order by introducing new products and services, by creating new forms of organization or by exploiting new raw materials (Bygrave, 1994:l).

Yang artinya Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

H. Leibenstein

Entrepreneur sebagai seorang atau sekelompok individu yang memiliki karakteristik, mampu menggandengkan peluang-peluang menjadi pasar, mampu memperbaiki kelemahan pasar, bisa menjadi seorang input complementer, dapat menciptakan atau memperluas time bending dan input transforming entities.

Hisrich- Peters

Entrepreneurship is the process of creating something different with value by devoting the necessary time and effort, assuming the accompanying financial psychis, and social risk, and receiving the resulting rewards of monetary and personal satisfaction and independence.

Artinya kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan risiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi.

Jose Carlos Jarillo – Mossi

Kewirausahaan sebagai seorang yang merasakan adanya peluang, mengejar peluang-peluang yang sesuai dengan situasi dirinya, dan yang percaya bahwa kesuksesan merupakan suatu hal yang bisa dicapai.

Horward H. Stevenson

Kewira-usahaan merupakan suatu pola tingkah laku manejerial terpadu dimana merupakan upaya pemanfaatan peluang-peluang yang tersedia tanpa mengabaikan sumber daya yang dimilikinya.

Ahli ekonomi

Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan resources, tenaga kerja, material dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya, dan juga orang yang memperkenalkan perubahan-perubahan, inovasi dan perbaikan produksi lainnya.

Ahli businessman

Wirausaha adalah ancaman pesaing baru atau juga bisa seorang partner, pemasok, konsumen atau seorang yang bisa diajak kerja sama.

Sedangkan pengertian wiraswasta menurut para tokoh adalah sebagai berikut:

Daoed Yoesoef

Wiraswasta adalah memimpin usaha, baik secara teknis dan/atau ekonomis dengan aspek fungsional seperti: memiliki, mengurus, menerima tantangan ketidakpastian, mempelopori usaha baru, penemu (innovator) ataupun peniru (imitator); dengan cara memburu keuntungan dan manfaat secara maksimal serta membawa usaha ke arah kemajuan, perluasan, perkembangan, melalui jalan kepemimpinan ekonomi demi kenaikan prestise, kebebasan, kekuasaan dan kehormatan serta kontinuitas usaha.

Suharsono Sagir

Wiraswasta adalah seorang yang modal utamanya ketekunan yang dilandasi sikap optimis, kreatif dan melakukan usaha sebagai pendiri pertama disertai dengan keberanian menanggung risiko berdasarkan suatu perhitungan dan perencanaan yang tepat.

Sudjoko

Wiraswasta adalah mereka yang memiliki dan masih memiliki nilai- nilai manusia perintis, pelopor, pejuang kemerdekaan, pejuang kemajuan.

Haryati Subadio

Wiraswasta adalah manusia teladan yang berbudi luhur yaitu manusia yang mampu berdiri atas kemampuan sendiri, tidak saja dalam sektor swasta tapi juga dalam sektor Negara.

Fadel Muhammad

Wiraswasta adalah orang yang memfokuskan diri pada peluang bukan pada risiko.

Soesarsono Wijandi

Wiraswasta bukanlah teladan dalam usaha partikelir (Swasta), melainkan adalah sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan dan semangat yang bersumber dari kekuatan sendiri, dari seorang pendekar kemajuan, baik dalam kekaryaan pemerintahan maupun dalam kegiatan apa saja di luar pemerintahan dalam arti yang menjadi pangkal keberhasilan seseorang.

Djatmiko

Wiraswasta adalah kreativitas dan sikap tindak manusia yang mampu mengkoordinir sumber alam, tenaga, manusia dan peralatannya menjadi benda-benda dan jasa-jasa ekonomi.

Buchari Alama

Wiraswasta adalah seseorang yang memiliki pribadi hebat, produktif, kreatif melaksanakan kegiatan perencanaan bermula dari ide sendiri, kemudian mengembangkan kegiatannya dengan menggunakan tenaga orang lain dan selalu berpegang pada nilai-nilai disiplin dan kejujuran yang tinggi.

Jadi..

Perbedaan wirausaha dan wiraswasta secara ringkas seperti ini :

Jadi wiraswasta adalah sebuah usaha yang tidak dapat menopang dirinya sendiri dimana dilakukan sebagai usaha sampingan yang tidak ingin mengambil risiko dan hanya berfokus pada keuntungan jangka pendek.

Sedangkan wirausaha adalah sebuah usaha yang dilakukan dengan waktu yang dimiliki selama hidup. Jadi, waktunya hanya difokuskan untuk menjalankan usaha ini dan berani mengambil risiko dan peluang.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta Berdasarkan Fase Perkembangan Serta Penggunaannya

Dapat dibedakan seperti di bawah ini.

Fokus Usaha

Jika dilihat dari sikap mental dan kemandiriannya, wirausaha dan wiraswasta serupa. Namun fokus usaha wiraswasta hanya sekedar part time. Sedangkan fokus dari wirausaha adalah keseluruhan dari waktu hidupnya. Sebagai contoh, seorang guru yang memiliki usaha laundry, orang ini disebut dengan wiraswasta.

Sebab ia masih memiliki profesi lain yang dijadikan sebagai usaha pokok. Beda cerita jika seorang pengusaha laundry yang tidak memiliki usaha sampingan lain disebut dengan wirausaha. Sebab seluruh waktu hidupnya difokuskan untuk melaksanakan, menjalankan usaha laundrynya.

Kepemilikan Aset

Yang dimaksud dengan aset di sini adalah kepemilikan modal dan peranan dalam mengambil sebuah keputusan operasional usaha. Orang yang memiliki aset sendiri dalam usahanya disebut dengan wiraswasta. Sedangkan wirausaha adalah orang yang terlibat relatif dalam operasionalnya saja.

Pada saat ini, wirausaha dalam menentukan keputusan akan berdiskusi dengan pemilik saham yang lain. selain itu, wirausaha juga tidak bertanggung jawab penuh dalam hal pembayaran upah para pekerja.

Lingkup Bisnis

Ditinjau dari lingkup bisnisnya, pelaku usaha bisa terlibat lebih dari satu bidang usaha. Misalnya saja seperti biro perjalanan yang menyediakan layanan cetak foto atau penginapan. Model keterlibatan ini tentunya tidak dimiliki oleh wiraswasta ketika mereka tidak berinvestasi terhadap jenis usaha lainnya.

Rencana dan Inovasi Pengembangan

Para wirausaha biasanya sudah memiliki pemahaman untuk memperbarui pendekatan bisnis dengan perkembangan teknologi. Lain halnya dengan wiraswasta yang masih menggunakan cara yang tradisional dan hanya puas dengan target dalam jangka waktu yang pendek.

Sebagai contoh, minimarket adalah hasil wirausaha dimana sudah menggunakan teknologi yang canggih dan pelayanan terbaik. Sedangkan warung adalah contoh dari wiraswasta yang masih menggunakan cara yang tradisional tanpa menggunakan komputer sebagai alat untuk mempermudah transaksi.

Penutup

Demikian artikel tentang perbedaan wirausaha dan wiraswasta ini. Semoga Anda dapat memahaminya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.