Perlengkapan Naik Gunung Beserta Persiapan Lainnya

perlengkapan naik gunung
unsplash.com

Kamu baru pertama kali naik gunung? Tidak tahu apa saja yang harus dibawah? Berikut artikel khusus buat kamu yang ingin mengetahui perlengkapan naik gunung untuk pemula hingga perlengkapan naik gunung untuk wanita.

Buat kamu yang belum pernah merasakan naik gunung, pastinya ada rasa ingin kesana ketika melihat teman-teman yang berhasil mencapai puncak. Apapun gunung yang didaki, baik itu Gunung Semeru, Gunung Slamet, Gunung gede, Gunung Pangarango, dan lain-lain, naik gunung itu sendiri akan menyehatkan tubuh sekaligus menjadi salah satu refreshing otak yang paling efektif.

Naik gunung kita bisa melihat dan merasakan alam lebih dekat, kita bisa lebih dekat dengan yang menciptakan kita, dan kita akan lebih memiliki tubuh yang segar. Naik gunung menjadi salah satu alternatif untuk liburan dan bersenang-senang disela-sela kepenatan atau kesibukan kerja atau kuliah.

Peralatan mendaki gunung pun tidak sembarangan terutama buat kamu yang pemula. Tidak bisa kamu membawa semua barang yang banyak demi kenyamanan kamu. Tapi kamu harus membuat checklis perlengkapan naik gunung yang efektif dan efesien agar tidak merepotkan kamu atau teman kamu ketika mendaki gunung.

Persiapan Sebelum Naik Gunung

Tapi, naik gunung tidak bisa sembarangan. Apalagi buat kamu yang masih baru pertama kali naik gunung. Kamu juga harus melakukan persiapan sebelum naik gunung. Banyak juga alat persiapan mendaki gunung

1. Persiapakan Fisik dan Mental

2. Tentukan Gunung yang Ingin di daki dan Dapatkan Perizinan

3. Cek Cuaca

4. Minta Izin Orang Rumah/Orang Terdekat dan Beritahu Jadwal Kamu

5. Tentukan Ingin Mendaki Sendiri atau Bersama Teman

6. Siapkan Perlengkapan dan Logistik dengan Efesien

Perlengkapan Naik Gunung

Ketika kamu membuat list perlengkapan naik gunung dengan lengkap, bisa dibilang kamu sudah meminimalisasi kejadian buruk yang akan datang. Perlengkapan-perlengkapan ini akan sangat membantu kamu ketika mendaki gunung ataupun ketika kamu ingin beristirahat.

Daftar perlengkapan mendaki gunung harus diisi alat camping lengkap yang memiliki fungsi berbeda-beda. Namun kamu juga harus membawa perlengkapan yang efektif dan efisien agar tidak menguras energi ketika membawanya. Jangan membawa perlengkapan yang tak perlu, sebaliknya, bawalah barang yang berguna saja.

Buat kamu yang masih pemula ataupun yang sudah sering naik gunung pun bisa menjadikan daftar perlengkapan naik gunung dibawah sebagai acuan. Berikut perlengkapan naik gunung beserta fungsinya.

Perlengkapan Naik Gunung Pribadi

Tas Gunung/ Carrier

Tas berguna untuk membawa semua perlengkapan pribadi kamu selama mendaki gunung. Usahakan memakai tas khusus untuk mendaki gunung, karena sudah terverifikasi untuk dipakai di outdoor dengan cuaca apapun dan pastinya kuat.

Jangan sampai tas-tas sehari-hari kamu untuk kuliah atau kerja kamu pakai, nanti yang ada malah rusak dan malah menyusahkan kamu di jalan.

Jaket Gunung

Jangan lupa bawa jaket karena ketika mendaki cuaca dan suhu akan menjadi sangat dingin. Ingat juga bawa jaket yang tebal bukan jaket tipis, nanti sama saja bohong.

Sepatu atau Sandal Gunung

Pakailah sepatu atau sandal khusus untuk mendaki gunung. Jalan yang akan dilalui pastinya tidak mudah dan tidak mulus. Banyak bebatuan, tanah, lubang, sungai dan lain-lain. Kalau kamu malah pakai sneakers kesayangan kamu untuk naik gunung, sama saja mengucapkan selamat tinggal ke benda tersebut.

Sleeping bag

Mau tidur dengan nyaman? Bawa sleeping bag yang berkualitas. Benda ini pun banyak macamnya tergantung gunung apa yang ingin kamu daki. Sleeping Bag memungkinkan kita tidur dalam balutan bahan-bahan yang empuk dan menghangatkan. Butuh Sleeping Bag? Bisa lihat disini.

Pakaian Outdoor

Pakailah pakaian yang layak dan sesuai tempatnya. Lebih baik kalau naik gunung pakailah pakaian outdoor dari mulai kaos sampai celana, karena itu akan sangat membantu kamu dan lebih aman serta nyaman. tips berpakaian saat mendaki gunung

Matras

Jangan lupa untuk membawa matras untuk tambahan alas sebelum menggunakan Sleeping Bag. Bawa matras yang mudah dibawa untuk naik gunung.

Senter atau headlamp

Penerangan sangat diperlukan bagi pendaki gunung, khususnya ketika mendaki gunung lebih dari satu hari. Senter sangat berguna untuk membantu penerangan jalan dan juga penerangan di dalam tenda ketika sedang istirahat.

Sarung tangan

Cuaca yang dingin dan track yang tidak mudah membuat kita membutuhkan sarung tangan. Selain menjaga tangan tetap hangat, ini juga membantu tangan kamu tidak lecet.

Tongkat Gunung/ trekking pole

Tracking Pole berguna untuk membantu kamu selama perjalanan. Membantu terhindar dari lobang, membantu sebagai kaki tambahan supaya tidak cepat capek dan lain-lainnya.

Kacamata

Buat kamu yang berkacamata, jangan lupa membawanya dan kalau bisa kamu memiliki kacamata untuk kegiatan outdoor supaya lebih aman. Karena seperti yang kita tahu, kacamata akan rawan rusak ketika sedang naik gunung.

Jam tangan

Kamu harus tahu waktu untuk menentukan kapan istirahat, kapan harus melanjutkan perjalanan, untuk tahu waktu sholat, dan lain-lainnya. Bahkan kalau di jam tangannya ada fitur kompas pun berguna untuk petunjuk jalan. Pakai jam tangan yang tahan banting dan kuat dari berbagai cuaca.

Jas hujan/ponco / raincoat dan cover bag

Kalau naik gunung, sering kali kita temui hujan karena memang daerah dataran tinggi. Maka dari itu jangan lupa bawa jas hujan dan juga cover bag supaya tas dan barang-barang kita tidak rusak karena basah.

Aksesoris pakaian: syal, kaos kaki panjang, kupluk, sweater dll

Peralatan mandi: sikat gigi, pasta gigi dll

Peralatan makan: mangkuk makan, sendok, gelas (plastik) dll

Peralatan navigasi: kompas, pengukur ketinggian, kamera saku dll

Peralatan make up: tisu basah, tisu kering, lotion dll (wajib)

peralatan lain: botol air, korek api, pisau, dll

Perlengkapan Naik Gunung Kelompok

Setelah semua perlengkapan pribadi siap, saatnya mempersiapkan perlengkapan kelompok. Kenapa ada perlengkapan naik gunung kelompok? Karena ada barang-barang yang hanya butuh dibawa satu saja dan itu untuk beramai-ramai.

Tenda Camping atau Tenda Dome

Tenda akan menjadi tempat istirahat kamu ketika mendaki gunung. Tenda sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam dan ukuran yang bervariatif. Ada yang untuk 2, 4, 6 orang atau bahkan lebih. Bawalah tenda sesuai jumlah kelompok mu.

Jangan lupa juga bawa tenda darurat dengan pemasangan yang mudah dan luas, bisa untuk keadaan darurat dan juga bisa untuk menaruh barang-barang. Butuh tenda? Bisa lihat disini.

Logistik/Makanan

Bawa makanan dan bahan makanan yang mudah dibawa dan mudah dimasak. Dan yang paling penting jangan lupa bawa air yang banyak. Biasanya air yang paling menyita tenaga karena banyak dan berat. Bagi tugas ke teman-teman kamu, siapa yang bawa makanan, air, dan barang-barang lainnya.

Peralatan Masak

Bawa peralatan masak khusus naik gunung. Biasanya bentuknya mungil dan mudah dibawa kemana-mana. Tentunya kuat dan bahkan ada yang kompor yang tahan dari angin agar apinya tidak padam.

Peralatan Komunikasi

Sinyal handphone sering kali tidak ada ketika mendaki. Alternatif nya kamu bisa membawa Walky Talky supaya ketika ada kasus terpisah dari rombongan bisa aman. Intinya ketika naik gunung usahakan tetap bersama dengan kelompok, jangan sampai terpisah agar komunikasi berjalan lancar.

P3K

  1. Tabung oksigen
  2. Kapas
  3. Tisu (basah dan kering)
  4. Betadine
  5. Alkohol
  6. Obat diare (Norit)
  7. Parasetamol
  8. Obat Alergi (CTM)
  9. Obat mata (visine)
  10. Kain kassa/perban
  11. Plester (Hansaplast)
  12. Oralit
  13. Minyak kayu putih
  14. Sunblock

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Naik Gunung

Buanglah Sampah Pada Tempatnya

Penyakit pendaki gunung ialah membuang sampah sembarangan. Biasanya mereka setelah istirahat di suatu pos atau istirahat ketika perjalanan, membuang sampah makanan atau minumannya sembarangan. Bahkan ketika sudah sampai di puncak, banyak juga yang buang sampah sembarangan.

Sudah banyak yang menyadari hal ini harus ditindak dan kita sebagai pendaki gunung harus sadar. Kita datang tempat bersih dan tidak sampah, maka turun pun harus bersih. Bawa Trash Bag untuk membawa sampah-sampah kita selama mendaki, dari perjalanan berangkat sampai turun gunung.

Beli Perlengkapan Naik Gunung

Sudah banyak yang men-jual perlengkapan naik gunung. Biasanya kamu bisa temui di toko outdoor yang ada di kota kamu. Tapi banyak juga yang menjual online. Jika kamu tidak memiliki uang yang cukup pun tidak salahnya membeli perlengkapan naik gunung yang bekas.

Banyak kok toko online yang menjualnya. Carilah yang berkualitas untuk kenyamanan dan keamanan kamu ketika mendaki gunung.

Penutup

Itulah semua perlengkapan naik gunung yang kamu perlukan. Semoga dapat membantu kamu dan selamat mendaki gunung!

jual alat outdoor bekas jual paket perlengkapan naik gunung harga peralatan mendaki gunung toko perlengkapan naik gunung daftar logistik pendakian gunung perbekalan makanan naik gunung resep makanan di gunung perbekalan naik gunung logistik makanan untuk mendaki gunung manajemen logistik pendakian logistik camping peralatan logistikperlengkapan pribadi naik gunung perlengkapan camping pribadi perlengkapan camping yang harus dibawa perlengkapan camping sederhana

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita

perlengkapan naik gunung untuk wanita pemula perlengkapan mendaki gunung untuk wanita style pendaki wanita berhijab style hijab pendaki gunung pendaki wanita tercantik sepatu mendaki gunung wanita jaket wanita untuk naik gunung perlengkapan pendaki wanita

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.