Pohon Kurma di Indonesia

Pada artikel ini akan membahas segala tentang pohon kurma di Indonesia. Ada juga pembahasan sedikit mengenai pohon kurma dari negara-negara lain. Selamat membaca.

Kurma pasti identik dengan bulan ramadhan dan juga negara-negara timur tengah. Memang kebanyakan negara-negara pengekspor kurma terbesar berasal dari negara-negara timur tengah. Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang melakukan inovasi dan percobaan untuk menanam kurma di tempat selain di wilayah negara timur tengah.

Pohon Kurma di Luar Negeri

pohon kurma
visitgreaterpalmsprings.com

Pada awalnya banyak orang yang membawa bibit-bibit kurma dan mencoba dibudidayakan di negaranya masing-masing. Kita ambil contoh Amerika Serikat. Amerika kini sudah bisa menjadi pengekspor kurma juga karena mereka sudah mulai menanam kurma di berbagai daerah di negara tersebut. Jadi kini kita sudah tidak heran kalau dapat kurma yang berasal dari negara selain negara-negara timur tengah.

Selain Amerika Serikat, negara lain juga mulai membudidayakan kurma, seperti Australia, Malaysia, dan Thailand. Ini membuktikan bahwa kurma sebenarnya bisa ditanam dimana saja, tidak melulu harus di negara-negara timur tengah. Negara-negara tersebut juga menghasilkan berbagai jenis kurma yang ada dunia.

Pohon Kurma di Indonesia

pohon kurma di indonesia
kebunbudidaya.com

Tidak terkecuali di Indonesia. Setelah berbagai macam percobaan, akhirnya ada beberapa orang yang bisa membudidayakan kurma di berbagai tempat di Indonesia. Malahan ada juga yang tidak sengaja menanam kurma, jadi dia setelah makan biji kurma langsung dibuang begitu saja ke pekarangan dan malah tumbuh.

Bahkan, kalau di negara-negara timur tengah, kurma baru bisa dipanen ketika sudah berumur 8 sampai 10 tahun, namun di Indonesia bisa dipanen dengan waktu setengahnya dari pohon kurma di negara-negara timur tengah. Jadi di Indonesia kira-kira bisa panen kurma setelah 3-5 tahun. Mungkin karena tanah di Indonesia lebih subur daripada tanah di negara-negara timur tengah yang notabene banyak padang pasirnya.

Pohon kurma pun memiliki kelamin yaitu jantan dan betina. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Hanya pohon kurma betina yang bisa berbuah, namun pohon betina butuh penyerbukan dari pohon jantan untuk nantinya bisa berbuah.

Pohon kurma juga tidak akan merusak tanah seperti kalau kita menanam sawit. Banyaknya kelebihan dari pohon kurma dan manfaat dari kurma itu sendiri, menjadikan banyak orang Indonesia sangat berminat untuk menanam di tempatnya masing-masing.

Daratan-daratan rendah yang ada di Indonesia sangat cocok untuk membudidayakan kurma. Tempat yang selalu terkena cahaya matahari dan tentu disokong dengan irigasi yang baik karena akar kurma sangat membutuhkan banyak air.

Jangankan di Indonesia yang memiliki cuaca yang tidak terlalu ekstrem, negara-negara timur tengah memiliki cuaca yang sangat ekstrem namun pohon kurma kokoh berdiri dan menghasilkan banyak buah disana. Untuk prospek kedepannya pun sangat bagus, dengan iklim yang ada dan lahan yang luas, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi negara pengekspor kurma terbanyak di dunia.

Asosiasi Kurma di Indonesia

asosiasi kurma
kurmaindonesia.id/

Saking semakin banyaknya masyarakat yang sadar akan kurma dan membudidayakan pohon kurma di Indonesia, maka terbentuklah sebuah asosiasi yang mewadahi orang-orang Indonesia yang berjuang menyebarkan virus pembudidayaan kurma di Indonesia.

Indonesian Date Palm Association (IDPA) dibentuk pada oktober 2015. Berbagai program sudah dilakukan asosiasi ini demi banyaknya orang yang mau membudidayakan kurma di Indonesia. Salah satu upaya mereka adalah mereka telah mendatangkan bibit kurma yang langsung diimpor dari luar negeri, tepatnya dari Inggris. Kemudian bibit-bibit itu disebarkan ke seluruh Indonesia.

Kebanyakan orang Indonesia mengkomsumsi kurma pada bulan ramadhan dan tidak sedikit juga mereka berinovasi menjadikan makanan olahan kurma seperti sari kurma.

Daftar Pohon Kurma di Indonesia

pohon kurma di indonesia
kabarmakkah.com

Setelah penjelasan diatas, saatnya kita lihat daerah mana saja yang ada di Indonesia, yang memiliki kebun kurma. Berikut adalah daerah-daerahnya.

Pasuruan, Jawa Timur

Di Pasuruan, Jawa Timur terdapat kebun kurma yang cukup terkenal dan banyak diminati masyarakat sebagai tempat rekreasi. Besar kebun kurma disana sampai seluas 3,7 hektare. Pemilik pada awalnya bingung punya tanah tapi buat apa. Akhirnya dia memutuskan untuk membuat kebun kurma.

Ketika kita kesana, kita bisa menikati ratusan kurma dan tidak hanya itu, tempat tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi yang membuat daya tarik banyak orang untuk mengunjungi tempat tersebut.

Aceh

Kalau di Aceh juga ada perkebunan kurma yang baru 2 tahun lebih dibuat. Pemilik menanam kurang lebih 2000 pohon kurhma di perkebunan seluas 18 hektare. Pemilik belajar menanam kurma pun sampai mengunjungi negara-negara lain dan dari sana semangatnya untuk membuat perkebunan kurma menjadi semakin besar.

Di tempat perkebunan itu juga dia membuat fasilitas-fasilitas umum supaya nyaman ketika kontrol atau tinggal disana. Seperti tempat solat sampai listrik sudah ada di perkebunan tersebut. Untuk bibit kurma, pemilik membeli dnegan harga yang lumayan mahal dan langsung diimpor dari luar negeri.

Bekasi, Jawa Barat

Di Bekasi, ada pemilik perkebunan pohon kurma yang sudah menanam 4000 pohon kurma di tanah seluas 5000 meter persegi. Beberapa juga sudah berbuah. Pada awalnya banyak yang meragukan pohon kurma bisa tumbuh disana, tapi pemilik membuktikan itu dengan perkebunannya. Tentu membuat banyak orang kaget.

Selain dari tiga daerah tersebut, pohon kurma juga menyebar tumbuh di berbagai daerah Indonesia. Berikut daerah-daerah Indonesia yang memiliki perkebunan kurma :

  1. Indramayu
  2. Surabaya
  3. Bogor
  4. Riau
  5. Ciputat, Jakarta
  6. Tegal
  7. Pandeglang
  8. Banjarmasin
  9. Tapin, Kalsel
  10. Ambon
  11. Samarinda
  12. Nusa Tenggara Barat
  13. Malang
  14. Majalengka
  15. Cipinang, Jakarta

Dan mungkin masih banyak lagi daerah-daerah lain yang mulai untuk membudidayakan pohon kurma.

Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

negara penghasil kurma
cut-and-dried.blogspot.com

Kalau tadi kita bahas tentang semua pohon kurma yang ada di Indonesia, nah kali ini kita akan membahas penghasil kurma terbesar di dunia. Mungkin kamu juga belum tau negara mana sih yang menjadi pengekspor kurma terbanyak di dunia.

Berikut adalah list penghasil kurma terbesar di dunia.

Mesir
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 1.084.529 ton
Lokasi : Benua Afrika (Kawasan Timur Tengah)

Iran
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 947.809 ton
Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

Arab Saudi
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 836.983 ton
Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

Irak
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 675.440 ton
Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

Pakistan
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 556.608 ton
Lokasi : Benua Asia (Asia Selatan)

Uni Emirat Arab
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 533.701 ton
Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

Aljazair
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 485.415 ton
Lokasi : Benua Afrika (Afrika Utara)

Sudan
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 435.668 ton
Lokasi : Benua Afrika (Afrika Utara)

Sudan Selatan
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 432.100 ton
Lokasi : Benua Afrika (Afrika Utara)

Oman
Jumlah Budidaya Buah Kurma : 239.397 ton
Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

Penutup

Demikianlah artikel tentang pohon kurma di Indonesia dan sedikit mengenai pohon kurma yang ada di berbagai belahan dunia lainnya. Jadi, untuk membudidayakan pohon kurma di Indonesia bukan mustahil lagi sekarang, sudah banyak yang membuktikan dan berhasil panen.

Semoga artikel ini menambah semangat kamu yang ingin menanam pohon kurma, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.