12 Sayuran Hidroponik Lengkap Dengan Masa Panennya

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai sayuran hidroponik. Jadi buat kamu yang masih bingung mau menanam apa terlebih dahulu, sayuran termasuk tanaman hidroponik yang sangat mudah untuk menanamnya. Tingkat keberhasilannya bisa sampai 80%, dan juga mudahnya perawatannya membuat kita akan sangat terbantu, terutama buat kamu yang sibuk.

sayuran hidroponik
abisnis.com

Hidroponik menjadi sebuah fenomena yang sedang hits beberapa tahun kebelakang. Banyak orang yang bisa memproduksi sayuran dirumah mereka sendiri, terutama orang-orang kota. Berbagai pelatihan hidroponik pun sudah sangat bertebar dimana-mana. Banyak juga orang yang sudah mengetahui cara menanam hidroponik yang benar.

Hidroponik dinilai menjadi solusi mudah untuk merevolusi pertanian konvensional, karena hidroponik sangat bisa diterapkan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Ada banyak teknik hidroponik dan media tanam hidroponik yang bisa kamu pakai untuk menanam sayuran hidroponik.

Sayuran hidroponik termasuk cepat dalam hal panen memanen, kamu hanya butuh waktu 1 bulan dari tanaman dikenalkan nutrisi sampai panen. Banyak orang yang menanam sayuran salah satunya untuk konsumsi pribadi, karena mudah dan cepatnya panen.

Keunggulan Sayuran Hidroponik dari Sayuran Biasa

  1. Nutrisi bisa diukur
  2. Lebih higienis
  3. Mudah perawatan
  4. Cepat panen
  5. Tidak tergangtung cuaca
  6. Hasil panen maksimal
  7. Tidak memakai zat kimia
  8. Bisa menanam dimana saja

Sayuran Hidroponik

Berikut adalah sayuran yang biasa ditanam dengan hidroponik, dan sudah termasuk yang mudah untuk menanamnya. Kamu bisa memilih salah satu dari sayuran dibawah untuk memulai hidroponik.

Disetiap akhir paragraf saya akan memberitahu ppm dari masing-masing sayuran. Panduan ppm ini berguna untuk mengukur seberapa banyak nutrisi yang diperlukan untuk menanam sampai panen satu tanaman. Ada juga masa panen dari mulai benih di semai sampai panen disebutkan dengan hss, yaitu hari setelah semai.

Selada

selada
merdeka.com

Biasa digunakan biasa kita temui di lalapan dan salad. Ditemani oleh sambal timun dan daun kemangi, biasanya selada menjadi lalapan untuk makanan-makanan seperti ayam bakar, ayam goreng dan lain-lainnya.
manfaat singkat dari selada ialah merawat kecantikan kulit, menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, sampai menjaga jantung tetap sehat.

Batas PPM air nutrisi : 560 – 840 ppm

Masa panen : 45 – 50 hss

Sawi

sawi
tokopedia.com

Sawi memiliki banyak olahan yang bisa dikreasikan di dapur. Banyak sekali sayur dengan menu utamanya sawi. Buat kamu yang sering makan mie, atau mie ayam pun, sangat enak ketika dimakan dengan sawi sebagai pelengkap.

Manfaat dari sawi itu sendiri ialah sawi mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh kita. Sawi juga dapat mencegah kanker dan menyehatkan tulang.

Batas PPM air nutrisi : 1050 – 1400 ppm

Masa panen : 40 – 60 hss

Pakcoy

pakcoy
bukalapak.com

Bentuknya hampir mirip dengan sawi, tapi biasa lebih dikenal dengan sawi sendok. Seperti sawi, pakcoy juga mempunyai banyak cara penyajiannya, bisa jadi tumis ataupun sayur bening.

Manfaat dari pakcoy adalah mengatasi obesitas, menurunkan tekanan darah tinggi, menyuburkan rambut, hingga menjaga kadar gula darah.

Batas PPM air nutrisi : 1050 – 1400 ppm

Masa panen : 40 – 60 hss

Kembang Kol

kembang kol
id.wikihow.com

Kembang kol memiliki bentuk yang hampir mirip dengan brokoli, perbedannya, kubis bunga memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Kembang kol sendiri adalah sumber dari berbagai vitamin dan mineral.

Manfaat dari kembang kol adalah mencegah sembelit, menurunkan berat badan, baik untuk kesehatan jantung, hingga menguatkan tulang.

Batas PPM air nutrisi : 1050 – 1400 ppm

Masa panen : 80 – 120 hss

Bayam

bayam
tribunnews.com

Sayur ini populer dikalangan anak-anak akibat film kartum popeye yang sering mengonsumsi bayam ketika ingin menjadi kuat. Bayam sendiri ada yang hijau dan ada yang merah, dua-duanya dapat ditanam dengan hidroponik. Bayam mengandung protein dan zat besi yang tinggi. Saya pribadi sangat suka dengan sayur bayam bening.

Manfaat dari bayam itu sendiri melancarkan saluran pencernaan, baik untuk diet, sedikit kalori, meningkatkan kinerja otak, hingga menjaga kesehatan mata.

Batas PPM air nutrisi : 1260 – 1680 ppm

Masa panen : 40 – 50 hss

Kangkung

kangkung
panenmart.com

Tumis kangkung adalah salah satu makanan yang banyak di favoritkan orang Indonesia. Kangkung sendiri mudah sekali kita temui di berbagai penjual sayur, dari tukang yang pakai grobak sampai swalayan besar. Tanaman ini termasuk tanaman yang paling mudah untuk ditanam dengan sistem hidroponik.

Manfaat kangkung ialah mengurangi kolesterol, mengobati sembelit atau gangguan pencernaan, mencegah kanker.

Batas PPM air nutrisi : 1050 – 1400 ppm

Masa panen : 27 – 35 hss

Seledri

seledri
manjadda.com

Seledri biasa dipakai untuk bumbu-bumbu masakan. Biasa kita temui juga di sayur sop dan seledri membuat sayur tersebut jadi enak sekali. Seledri memiliki bau yang harum dan biasa di cincang kasar sebelum dipakai menjadi penyedap rasa.

Manfaat seledri antara lain meredakan batuk, mengatasi mata kering, menurunkan tekanan darah, menyehatkan pertumbuhan rambut, sampai mengatasi alergi.

Batas PPM air nutrisi : 1260 – 1680 ppm

Masa panen : 100 – 120 hss

Brokoli

Brokoli
batamfresh.com

Brokoli menjadi sayuran yang banyak juga digemari masyarakat Indonesia karena memiliki khasiat yang baik dari daun hingga batangnya. Brokoli agak mirip kembang kol tapi brokoli berwarna hijau. Cara mengolah brokoli yang baik ialah dikukus.

Manfaat dari brokoli adalah membantu turunkan kolesterol, dapat meningkatkan vitamin D, membuat anda terlihat lebih muda, sampai meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Batas PPM air nutrisi : 1960-2450 ppm

Masa panen : 90 – 120 hss

Mentimun

timun
tribunnews.com

Banyak sekali jenis makanan yang bisa dibuat dari mentimun. Bahkan tidak cuma makanan, es timun pun mantap disantap ketika panas terik. Timun juga biasa kita temui sebagai lalapan. Biasanya untuk para perempuan, mentimun digunakan untuk perawatan wajah.

Mentimun memiliki manfaat yang banyak antara lain menurunkan berat badan, mengurangi sakit kepala, menjaga kesehatan kulit dan rambut, hingga mengurangi lingkaran hitam pada mata.

Batas PPM air nutrisi : 1190 – 1750 ppm

Masa panen : 60 – 70 hss

Paprika

paprika
glitzmedia.co

Paprika memiliki rasa manis dan sedikit pedas dan berasal dari suku terong-terongan. Warna buahnya pun beragam, ada hijau, merah, kuning, dan ungu. Biasa digunakan sebagai campuran salad.

Paprika sangat rendah kalori dan juga kaya akan vitamin C. Selain itu paprika juga dapat merawat kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, mencegah rambut rontok, memberikan energi, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Batas PPM air nutrisi : 1400 – 2100 ppm

Masa panen : 110 – 115 hss

Kubis

kubis
miignon.com

Kubis sering kita jumpai dimanapun, dengan harganya yang murah dan bisa menjadi masakan apapun, tak heran banyak warga negara indonesia yang sering mengkonsumsi kubis. Kubis atau yang biasa kita sebut kol memiliki daun yang berbentuk bundar dan sangat rapat.

Manfaat dari kubis adalah memelihara proses lambung, meringankan nyeri otot, lebih merawat kulit, bisa mengurangi resiko menjadi pelupa, hingga baik untuk menurunkan berat badan.

Batas PPM air nutrisi : 1750- 2100 ppm

Masa panen : 70 – 90 hss

Daun Bawang

daun bawang
tribunnews.com

Diantara kamu pasti ada yang sangat suka martabak telor kan? Nah daun bawang ini sering dipakai di makanan tersebut. Selain itu daun bawang juga sering dipakai untuk penyedap rasa di sayur-sayur sop dan masih banyak lagi. Daun bawah juga mengandung banyak vitamin, yaitu vitamin B1, vitamin A, dan juga Vitamin C.

Manfaat dari daun bawang antara lain tinggi akan kalium, memiliki kalori yang rendah, mengandung zat besi, bisa meningkatkan daya tahan tubuh, hingga baik digunakan untuk mengobati cacingan.

Batas PPM air nutrisi :1260 – 1540 ppm

Masa panen : 80 – 90 hss

Penutup

sayuran
ainunmiss.blogspot.com

Itulah sayuran-sayuran hidroponik yang biasa orang tanam. Untuk kamu yang pemula, menanam sayuran adalah langkah yang tepat karena mudah dalam mengerjakannya dan perawatannya.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menanam hidroponik. Terus sebarkan virus hidroponik ke teman-teman kamu juga ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.