Pengertian, Struktur Artikel dan Jenis-Jenisnya

Artikel ini membahas Pengertian Artikel, Struktur Artikel, Hingga Jenis Jenis Artikel. Selamat membaca.

struktur artikel
pexels.com

Pengertian Artikel

Artikel merupakan sebuah karangan faktual yang secara lengkap dan ditujukan untuk dipublikasikan seperti melalui sebuah koran, majalah dan lain sebagainya. Tujuan dari adanya artikel ini ialah untuk menyampaikan sebuah gagasan serta fakta yang bisa meyakinkan, mendidik serta menghibur.

Anda pastinya sering menemukan sebuah artikel pada beberapa media cetak seperti majalah, tabloid, buletin, koran, ataupun di beberapa media online. Sekarang untuk menemukan sebuah artikel memang sangatlah mudah.

Perbedaan Artikel dan Opini

Namun, tahukah Anda jika antara artikel dengan opini itu ternyata berbeda. Meski ada beberapa orang yang tidak bisa membedakannya, ternyata antara artikel dengan opini itu memiliki perbedaan. Keduanya sama-sama merupakan sebuah karya non fiksi populer yang ditujukan untuk menyampaikan gagasan serta pendapat seseorang.

Memang, antara artikel dan opini tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama sebuah tulisan yang berasal dari pikiran seseorang. Meski demikian, ternyata perbedaan antara artikel dan opini terletak pada isinya. Dimana, opini berisi tentang sebuah pendapat yang hanya berasal dari penulisnya saja.

Hal ini tentu berbeda dengan isi dari artikel, isi dari artikel itu sendiri tidak hanya berisi tentang pendapat atau pemikiran dari sang penulis, namun juga berisi pemikiran orang lain, data serta fakta.

Tidak cukup sampai disitu saja, bahkan tema yang digunakan dari kedua tulisan tersebut pun berbeda. Dimana, opini selalu menggunakan tema yang up to date, namun tidak dengan artikel yang bisa membahas apapun meskipun hal tersebut bukanlah hal yang sedang menjadi trending saat ini.

Struktur Artikel

Bagaimana? sudah jelas bukan perbedaan antara artikel dengan opini? Nah, selanjutnya Anda juga harus mengetahui struktur artikel itu sendiri. Mengapa Anda harus mengetahui sebuah struktur artikel? Hal ini bertujuan agar Anda bisa menulis sebuah artikel dengan baik dan jelas.

Tak hanya itu, dengan menggunakan sebuah struktur, akan membantu pembaca untuk lebih tertarik dan lebih paham akan maksud dari artikel itu sendiri. Nah, kiranya apa sajakah struktur dari sebuah artikel yang harus Anda pahami? Berikut pembahasannya.

1. Pembuka Artikel (Lead)

Dalam sebuah artikel, adanya pembuka (lead) memang sangat penting. Adannya pembuka ini bertujuan untuk memberitahu pembaca tentang hal apa yang akan dibahas. Selain itu, pembuka yang dibuat dengan menggunakan bahasa yang menarik akan membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca tulisan yang ada di bawahnya.

Pembuka artikel ini berada di awal alinea. Pada bagian tersebut terdiri atas prolog, lead, intro ataupun teras. Pada bagian pembuka yang satu ini haruslah berisi sebuah actual penting agar bisa dijadikan sebuah pijakan untuk pembahasan artikel selanjutnya.

Agar bagian pembuka tampak menarik, haruslah diisi mengenai sebuah uraian peristiwa, rangkaian kejadian, kutipan kata yang bernyali, pernyataan dan lain sebagainya. Jika Anda mampu menguraikan peristiwa ataupun pernyataan dengan jeli, maka akan ada daya tarik tersendiri untuk sebuah pembuka artikel.

2. Leher Artikel

Sebelum masuk ke bagian isi atau tubuh dari artikel, leher artikel juga menjadi bagian yang sangat penting. Pada bagian ini, merupakan bagian yang menghubungkan sebuah teras dengan isi dari materi yang akan disampaikan.

Nah, karena fungsinya tersebut, leher artikel juga sering disebut dengan jembatan atau pengait.
Isi dari leher artikel ialah sebuah pernyataan atau uraian yang mana bertujuan untuk mengungkapkan sebuah masalah. Tentu, untuk bagian yang satu ini sangat penting untuk menjembatani kepala artikel dengan tubuh artikel.

3. Isi/Tubuh Artikel

Poin penting dalam sebuah artikel ialah isi artikel. Pada bagian yang satu ini, berbagai macam permasalahan pun dituangkan. Untuk bagian isi artikel ternyata berisi uraian eksplanasi. Untuk membuat sebuah isi/tubuh artikel yang baik, ungkapkanlah berbagai macam permasalahan yang ingin Anda kupas. Namun, satu hal yang harus diingat bahwa permasalahan tersebut jangan sampai keluar dari fokus permasalahan.

Jika isi dari artikel sudah keluar dari fokus permasalahan yang sedang dibahas, maka artikel yang Anda buat tentu tidak nyambung dan tidak menarik minat pembaca. Nah, usahakan juga untuk merangkai kata dan uraian sebagus mungkin untuk membuat pembaca lebih tertarik dengan artikel yang Anda buat.

4. Penutup Artikel

Sama halnya dengan beberapa struktur artikel yang lainnya, bagian penutup artikel juga menjadi bagian yang sangat penting. Mengapa pada bagian alinea penutup menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan begitu saja? Hal ini dikarenakan, pada bagian akhir sebuah artikel dinamakan dengan antiklimaks, kaki atau juga bisa disebut dengan ending dari suatu artikel.

Pada bagian yang satu ini berisi sebuah kalimat kunci yang mana merangkum pembahasan ke dalam sebuah bentuk yang lebih ringkas serta lebih jelas. Untuk membuat penutup yang baik, Anda harus menghubungkan antara prolog, isi serta materi artikel secara runtut supaya bisa tercapai suatu kesatuan yang utuh.

Tak hanya itu, dalam membuat sebuah penutup, janganlah menggunakan kalimat dengan nada normatif, umum ataupun bersifat menggurui. Meski hanya bagian akhir dari suatu artikel. Akan tetapi, bagian yang satu ini sangatlah penting.

Dalam sebuah artikel, tentunya harus ada sebuah struktur yang membuatnya bisa menjadi artikel yang baik. Berbagai macam struktur artikel yang telah disebutkan diatas juga menjadi poin penting yang tidak boleh Anda tinggalkan ataupun remehkan. Hal ini karena setiap struktur dari sebuah artikel tentu saja saling berkaitan satu sama lain.

Jenis Jenis Artikel

Nah, setelah Anda mengetahui apa saja struktur artikel yang harus diperhatikan dengan seksama untuk bisa membuat sebuah artikel yang baik, ternyata dalam sebuah artikel itu terdiri dari berbagai macam jenis. Berikut jenis-jenis artikel yang patut untuk Anda ketahui.

1. Artikel Preskriptif

Artikel preskriptif merupakan sebuah artikel yang ditujukan untuk menuntun pembaca dalam melakukan sesuatu agar tidak mengalami kesalahan. Contoh dari artikel yang satu ini ialah cara mengurus SIM, KTP, paspor dan lain sebagainya.

2. Artikel Prediktif

Artikel prediktif merupakan artikel yang berisi tentang ramalan atau perhitungan tentang apa yang akan terjadi di masa depan berdasar dari perhitungan penulisnya. Contoh dari artikel prediktif ini ialah saat Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga dari deposito, maka seorang pengamat ekonomi akan memperkirakan banyaknya deposan untuk memindahkan uang ke luar negeri.

3. Artikel Deskriptif

Artikel yang satu ini merupakan sebuah artikel yang menggambarkan atau menjelaskan permasalahan yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Artikel yang satu ini juga merupakan sebuah artikel fakta yang juga berisi dengan pendapat dari si penulisnya.

4. Artikel Eksplanatif

Artikel eksplanatif merupakan artikel yang menerangkan atau menjelaskan sesuatu agar bisa dipahami oleh pembaca. Tentu saja, untuk membuat artikel yang satu ini harus mampu mengundang reaksi atau tanggapan dari para pengamat.

5. Artikel Eksploratif

Artikel eksploratif adalah sebuah artikel yang mengungkapkan sebuah fakta berdasarkan kajian dari penulisannya. Jenis artikel yang satu ini juga cocok untuk menjelaskan beberapa penemuan baru seperti benda purbakala.

Penutup

Itulah artikel tentang semua penjelasan mengenai artikel itu sendiri. Terimakasih telah membaca.

Sampai jumpa di artikel lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.