Rangkuman 5 Teori Atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr dan Mekanika Kuantum

Artikel ini membahas rangkuman 5 teori atom terlengkap dan mudah dipahami. Selamat membaca.

teori atom

Sejarah Singkat Teori Atom

Di dalam ilmu fisika dan kimia, pengertian teori atom merupakan teori ilmiah mengenai sifat materi alam. Teori tersebut mengatakan bahwa materi tersusun dari satuan diskret yang dinamai sebagai atom.

Konsep ini mulai dibahas sejak masa Yunani kuno dan pertama kali menjadi aliran ilmiah utama pada abad ke-19. Saat diungkap pada ilmu kimia, membuktikan bahwa materi berperilaku laiknya tersusun dari atom-atom.

Istilah atom berasal dari Bahasa Yunani, yaitu atomos memiliki arti tidak bisa dipecah. Ilmuwan kimia pada abad ke-19 menggunakan istilah ini ketika ada fenomena meningkatnya jumlah unsur kimia yang tidak mampu diperkecil kembali.

Meski begitu, pada pergantian abad ke-20, fisikawan menemukan atom sebagai gabungan dari partikel sub-atomik (elektron, proton, dan neutron) yang bisa terpisah satu sama lain. Hal ini dibuktikan dalam berbagai eksperimen radioaktivitas dan elektromagnetisme.

Bahkan, ada fakta bahwa suhu dan tekanan yang ekstrim dapat mencegah pembentukan atom seperti pada bintang neutron.

Sebab atom dapat dibagi, maka ilmuwan fisika menciptakan istilah partikel elementer untuk menyebut sebuah bagian yang tidak mampu dipotong meski bisa dihancurkan dalam atom. Bidang ilmu tentang partikel subatomic adalah fisika partikel.

Penjelasan mengenai struktur atom secara lengkap dan mudah dipahami bisa lihat disini.

Teori Atom Dari Waktu Ke Waktu

Gagasan mengenai materi yang tersusun atas unit diskret sudah muncul sejak masa lampau. Ada banyak kebudayaan kuno misalnya di India dan Yunani mengenai hal ini. Ide ini muncul berdasar pada penalaran filosofis serta teologis ketimbang eksperimen dan bukti ilmiah.

Namun, menjelang abad 19, ide ini dipelajari lalu disempurnakan oleh para ilmuwan. Zaman ini disebut sebagai zaman keemasan ilmu kimia. Pasalnya, bisa menghasilkan penemuan yang bisa dijelaskan dengan menggunakan konsep teori atom.

Nah, berikut ringkasan teori atom secara lengkap dari para ahli:

1. Teori Atom Dalton

Atom adalah satuan dasar materi yang tersusun atas inti atom dengan elektron negatif di sekitarnya. Didalam inti atom terdapat campuran proton yang bermuatan positif serta neutron yang bersifat netral. Elektron terikat dengan inti oleh sebuah gaya elektromagnetik. Dalton mengungkapkan bahwa atom terlihat seperti bola pejal.

Teori atom Dalton dikenal sebagai teori atom yang paling tua. ia mulai mempublikasikan teorinya di tahun 1808. Teori ini muncul berdasarkan pada hukum susunan tetap atau prouts dan juga hukum kekekalan massa atau Lavoisier.

Isi Teori Atom Dalton

Pendapat Dalton mengenai atom adalah:

• Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang tidak bisa dibagi
• Atom digambarkan laiknya bola pejal yang sangatlah kecil, unsur memiliki atom identik dan berbeda pada unsur yang beda
• Atom bergabung dan membentuk sebuah senyawa dengan perbandingan yang sederhana serta bilangan bulat. Contohnya air yang tersusun atas atom hidrogen dan oksigen
• Atom tidak bisa dimusnahkan.

2. Teori Atom Thomson

Model atom Thomson dikemukakan pada tahun 1903. Menurut Thomson, bentuk atom seperti roti kismis, artinya atom bermuatan positif bertaburan dengan atom negatif disekitarnya. Konsep Thomson disertai dengan adanya penemuan elektron yang dikenal dengan teori atom J.J Thomson.

Isi Teori Atom Thomson

Bunyi teori atom Thomson adalah:

• Atom merupakan bola bermuatan positif dengan elektron negatif yang ada disekelilingnya.
• Muatan positif dan negatif di dalam atom memiliki besaran yang sama. Sehingga muatan atom adalah netral. Atom tidak memiliki muatan negatif ataupun positif yang berlebih.

Teori ini juga sering disebut sebagai teori atom mirip semangka. Daging semangka digambarkan sebagai area muatan positif sedangkan bijinya adalah elektron negatif.

3. Teori Atom Rutherford

Teori ini didasarkan pada eksperimen yang dilakukan oleh Rutherford yaitu penembakan inti lempengan emas menggunakan partikel alpha (percobaan Geiger-Marsden).

Saat itu, Rutherford menyusun desain rancangan percobaan yang dipancarkan unsur radioaktif. Hasilnya, sinar radioaktif tersebut dibelokkan, dipantulkan, serta diteruskan.

Isi Teori Atom Rutherford

Ciri-ciri teori atom yang dikemukakan oleh Rutherford adalah:

• Atom, sebagian besarnya adalah permukaan hampa
• Atom mempunyai inti bermuatan posotof yang merupakan pusat dari massa atom
• Elektron mengelilingi inti dan bergerak dengan kecepatan tinggi
• Partikel Alpha sebagian besarnya lewat tanpa hambatan dan tidak mengalami pembelokan. Sebagian kecilnya dibelokkan dan bagian yang lebih kecil lagi dipantulkan
• Awan elektron tak mempengaruhi penyebaran partikel alpha

4. Teori Atom Bohr

Kelemahan dari teori atom Rutherford disempurnakan oleh teori atom Bohr. Penemuan Bohr diawali pengamatan Niels Bohr terhadap spektrum dari atom. Ada spektrum garis yang menunjukkan elektron hanya beredar pada lintasan dengan energi tertentu.

Isi Teori Atom Bohr

Berdasarkan teori mekanika kuantum Planck, Bohr menyampaikan postulat untuk menjelaskan teori atom:

• Elektron mengelilingi inti atom pada lintasan yang stasioner yang dinamai orbit atau kulit. Meskipun elektron bergerak cepat namun elektron tidak memancarkan maupun menyerap energi sehingga energi elektron adalah konstan.

Berarti elektron berputar mengelilingi atom dan memiliki lintasan tetap sehingga elektron tidak jatuh ke inti atom.

• Elektron bisa berpindah dari kulit satu ke kulit yang lainnya dengan menyerap atau memancarkan energi. Energi yang diserap atau dipancarkan saat elektron berpindah kulit disebut dengan foton.

5. Teori Atom Mekanika Kuantum

Teori atom ini didasarkan pada dualisme sifat elektron yaitu sebagai partikel dan gelombang. Menurut De Broglie, cahaya bisa berperilaku sebagai gelombang (dikenal dengan istilah dualisme gelombang partikel) serta sebagai materi.

Sedangkan menurut Heisenberg, tidak mungkin dapat menentukan kecepatan serta posisi elektron secara bersamaan. Namun, yang bisa ditentukan hanya kebolehjadian dalam menemukan elektron pada jarak tertentu.

Daerah yang memiliki kemungkinan besar dapat ditemukan elektron disebut dengan orbital. Bentuk dari orbital adalah awan yang tebal tipisnya akan menentukan kemungkinan elektron pada daerah itu.

Werner Heisenberf mengemukakan bahwa metode eksperimen yang dipakai untuk menemukan posisi dari partikel bisa menyebabkan perubahan. Bisa dari posisi, momentum, dan juga keduanya.

Isi Teori Atom Mekanika Kuantum

Teori ini melahirkan konsep atom mekanika kuantum dengan prostulat sebagai berikut:

• Posisi elektron di dalam atom tidak bisa ditentukan dengan pasti
• Atom memiliki kulit elektron
• Pada setiap kulit elektron mempunyai subkulit elektron
• Setiap sub kulit elektro mempunyai sub dari sub kulit elektron.

Hal Lain Dari Teori Atom Mekanika Kuantum

Beberapa hal penting dalam teori atom mekanika kuantum adalah:

  • Bilangan kuantum yang berfungsi untuk menyatakan bentuk, kedudukan, dan orientasi suatu orbital yang dipakai dalam empat bilangan kuantum. Bilangan kuantum utama disimbolkan dengan huruf n.
  • Bentuk orbital yang bergantung pada bilangan Kuantum Azimuth (l). orbital dengan bilangan kuantum azimuth sama akan memiliki bentuk yang sama juga. Ada 4 jenis orbital yaitu s, p, d, dan f.
  • Konfigurasi elektron yang menggambarkan distribusi elektron di dalam orbital atom. Elektron yang tersusun menuruti tiga aturan Asas Aufbau, aturan Hund, serta asas larangan Pauli.
  • Konfigurasi elektron memiliki hubungan dengan letak unsur pada sistem periodik. Unsur pada blok s termasuk dalam golongan IA dan IIA, blok p masuk pada golongan IIIA hingga VIIIA, blok d masuk pada golongan IB hingga VIIIB, sedangkan blok f masuk pada golongan Lantanida dan Aktinida.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai 5 teori atom yang bisa Anda pelajari. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.