Wirausahawan Adalah? Cari Tahu Disini, Beserta 21 Ciri-Ciri Wirausahawan

Wirausahawan adalah? Semua tentang wirausahawan akan dibahas di artikel ini. Dari mulai pengertian hingga ciri ciri wirausahawan. Selamat membaca.

wirausahawan adalah
unsplash.com

Wirausahawan Sebagai Peluang yang Menjanjikan

Perekonomian di Indonesia saat ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan zaman dahulu. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya masyarakat Indonesia yang menjadi wirausahawan.

Mengapa? Sebab menjadi wirausahawan adalah salah satu bisnis yang menjanjikan.
Sebab, di bisnis ini Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dibandingkan jika bekerja di perusahaan lain.

Selain itu, menjadi wirausahawan juga dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain, sehingga secara tidak langsung Anda bisa mengurangi angka pengangguran.

Apa Itu Wirausahawan?

Wirausahawan adalah pelaku wirausaha yang memiliki bakat dalam mengenal produk, menentukan produksi, menyusun pengadaan produk serta memasarkan produk. Wirausahawan juga sebuah bisnis dimana di sini terdapat banyak risiko yang tidak dapat dipastikan.

Semakin besar usaha yang dimiliki, maka akan semakin besar pula risiko yang menanti. Hal ini juga sama dengan semakin besar usaha yang dimiliki, maka akan semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

Oleh karena itu, menjadi wirausahawan adalah hal yang banyak diminati oleh orang. Bahkan banyak pekerja kantoran yang rela keluar dari perusahaannya untuk menjadi wirausahawan. Namun, untuk menjadi seorang wirausahawan, tentunya Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Selain itu, wirausahawan adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan, kesabaran, dan juga keuletan dalam menjalankannya. Apabila Anda tidak serius, maka tidak ada jaminan usaha yang dibuat akan sukses.

Bingung perbedaan wirausaha dan wiraswasta? Cek disini.

Berdasarkan KBBI

Berdasarkan kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausahawan adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya.

Pengertian Wirausahawan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian wirausahawan menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Andrew J Dubrin

Wirausahawan yaitu Seseorang yang menjalankan dan mendirikan suatu usaha yang inovatif.

2. Peter F Drucker

Wirausahawan adalah Sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

3. Robbin & Coulter

Kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

4. Raymond

Wirausaha ialah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkannya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

5. Joseph Schumpeter

Wirausaha ialah seseorang yang mendapat peluang dan menciptakan suatu organisasi untuk mengejar sebuah peluang tersebut.

6. Harvey Leibenstein

Kewirausahaan mencakup berbagai kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan & menciptakan perusahaan pada saat dimana pasar belum terbentuk/belum teridentifikasi dengan jelas, atau beberapa komponen fungsi produksinya belum teridentifikasi secara penuh.

7. Frank Knight

Seorang wirausahawan mencoba untuk menyikapi dan memprediksi perubahan pasar.
Jadi wirausahawan adalah seseorang yang dapat melihat peluang usaha dan berani mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan dari usaha yang dilaksanakan.

Kalau wiraswastawan adalah? Cek disini.

Apa Tujuan Wirausahawan?

Ditinjau dari tujuannya, wirausahawan memiliki beberapa tujuan yang penting. Mau tahu apa saja tujuan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Menyebarluaskan serta membudayakan kewirausahaan di lingkungan masyarakat
  2. Berupaya untuk membantu wirausahawan dalam lingkup yang masih kecil untuk mengantarkan pada jaringan dan bisnis yang lebih besar
  3. Ikut serta dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat
  4. Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berwirausaha
  5. Mengembangkan inovasi dalam membuat sebuah usaha agar tercipta kemakmuran.
  6. Berusaha dalam meningkatkan jumlah wirausaha yang baik dalam artian ikut mengkader manusia untuk menjadi calon wirausaha
  7. Mengurangi angka pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan.

Ciri-Ciri Wirausahawan yang Baik dan Sukses

Menjadi wirausahawan adalah hal yang banyak diinginkan oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang yang bergelut dalam bidang wirausaha merupakan contoh wirausaha yang baik. Perlu Anda tahu bahwa ciri-ciri wirausahawan yang baik seperti di bawah ini.

1. Pandai Melihat Peluang

Berusaha untuk selalu mendapatkan keuntungan dengan berbagai keunggulan yang dimiliki demi memuaskan pelanggan.

2. Memiliki Pemikiran yang Strategis dan Adaptif

Dalam menyikapi perubahan dan selalu berusaha untuk mencari keuntungan. Wirausahawan juga tidak takut dengan risiko yang besar dan selalu mencari cara agar tidak mengalami risiko.

3. Mengenal Kelebihan dan Kekurangan

Berusaha untuk mengenal serta mengendalikan kelebihan dan kekurangan untuk meningkatkan kemampuan dan melakukan pengendalian secara intern.

4. Menggunakan Seluruh Kemampuan Perusahaan

Mengenal dan mengendalikan kemampuan serta ketangguhan yang dimiliki oleh perusahaan. Dalam hal ini, ia selalu memberikan pembinaan dan motivasi kerja serta melakukan pemupukan permodalan.

5. Mengembangkan Perusahaan

Berusaha untuk meningkatkan citra perusahaan dengan melakukan investasi brand yang dilakukan dalam berbagai bidang.

6. Berani Ambil Resiko

Berani untuk mengambil risiko dengan didukung oleh kemampuan dalam memperhitungkan akibat risiko dan berusaha untuk menghindarinya.

7. Kreativitas Adalah Kunci

Memiliki jiwa yang kreatif dalam mencitapkan peluang pasar untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

8. Mempunyai Rencana Cadangan

Selalu antisipasi dalam menghadapi perubahan dan akomodasi dalam lingkungan.

9. Totalitas

Ingin selalu memberikan sebuah karya terbaik bagi para konsumen, pemasok, pemilik, tenaga kerja, masyarakat, bangsa dan negara.

10. Mampu menciptakan transaksi

Seorang wirausahawan juga harus bisa menciptakan transaksi. Dari transaksi ini Anda akan mendapatkan keuntungan sekaligus sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan produk di mata masyarakat.

11. Selalu Ramah dan Komunikatif Terhadap Pelanggan atau Calon Pembeli

Sebagai seorang wirausahawan, Anda juga harus lebih komunikatif kepada pelanggan. Menanyakan apa saja yang dibutuhkan, apa saja yang diperlukan bahkan kalau bisa tanyakan kelebihan dan kekurangan produk.

Tentunya untuk menanyakan hal tersebut tanyakan dengan bahasa yang ramah santun.

12. Memiliki Sikap yang Jujur dan Santun

Jujur menjadi hal yang paling utama ketika Anda ingin memulai sebuah usaha. Jujur juga dijadikan sebagai fondasi dimana dari kejujuran akan menentukan nilai dan karakteristik usaha yang Anda buat di mata masyarakat.

Jujur saja tidak cukup, namun dalam menjadi seorang wirausaha, anda juga harus memiliki sikap yang santun agar pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan.

13. Tidak Melakukan Perdebatan Dengan Pelanggan atau Calon Pembeli

Ingat! Pembeli adalah raja, ketika ingin menjadi wirausahawan maka Anda juga harus baik kepada calon pembeli. Mau seburuk apapun pembeli itu harus dilayani agar citra perusahaan tetap baik dan mungkin meningkat.

14. Memfokuskan Diri Pada Masa Depan

Ketika seorang wirausahawan memiliki jiwa yang kreatif, inovatif dan memiliki ciri-ciri wirausahawan, maka secara otomatis ia juga akan memiliki kemampuan yang dapat memfokuskan pada masa depan.

15. Mengenal Berbagai Produk yang Dihasilkan

Mengenal satu produk saja tidak cukup jika Anda menjadi seorang wirausahawan. Anda harus mengenal banyak produk yang ada salah satunya adalah produk unggulan.

Kalau bisa Anda tahu setiap produk yang diciptakan dan tahu secara detail bagaimana kelebihan dan kekurangan produk tersebut.

Dengan mengenal setiap produk yang dimiliki, hal ini menandakan bahwa Anda serius dalam menggeluti bidang usaha. Sebab., dari produk inilah Anda bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

16. Percaya Dengan Kualitas Produk yang Dimiliki

Seorang wirausahawan juga harus yakin dan percaya dengan produk yang dimiliki. Sikap optimisme ini sangat penting agar produk yang sudah dibuat dapat diterima di pasaran.

17. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Jiwa pemimpin wajib dimiliki oleh seorang wirausahawan. Mengapa? Sebab wirausahawan secara otomatis akan memimpin usaha yang sudah dibuat. Ia akan menjadi bos dimana tugasnya adalah mengembangkan usaha yang sudah dibuat menjadi lebih maju.

18. Berani Dalam Mengambil Sebuah Risiko

Wirausahawan adalah ia yang berani untuk mengambil risiko. Risiko yang berani diambil ini juga harus sejalan dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya dan sudah dilakukan berdasarkan ide yang dimiliki.

19. Wirausahawan Tidak Boleh Konsumtif

Konsumtif menjadi penyakit masa masyarakat masa kini. Jika ingin menjadi wirausahawan, maka wirausahawan tidak diperbolehkan memiliki sifat konsumtif, sebab wirausahawan tahu bahwa konsumtif bisa mengakibatkan kerugian, sehingga penghasilan yang didapatkan juga akan jauh lebih sedikit.

20. Wirausahawan Harus Memiliki Daya Kreasi dan Keberanian yang Tinggi

Yang dimaksud di sini adalah wirausahawan harus memiliki keberanian dan daya kreasi untuk bermimpi dan merencanakan usaha apa yang akan dibuat. Membuang rasa takut akan risiko karena ia menganggap bahwa ketakutan ini akan membuat mimpinya berakhir dengan sia-sia.

21. Mampu Menganalisis Dengan Tepat

Kemampuan analisis yang tepat bagi seorang wirausahawan adalah hal yang sangat penting. Analisis ini digunakan untuk menentukan sebesar apa kemungkinan risiko yang terjadi dan seberapa besar keuntungan yang didapatkan.

Ketika seorang wirausahawan tidak memiliki kemampuan analisis, maka ia tidak dapat memperhitungkan usahanya di masa yang akan datang.

Penutup

Itulah artikel mengenai pengertian wirausahawan sampai dengan ciri-ciri wirausahawan. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan semoga sukses dalam bisnisnya.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.